1 Kg berapa Liter (Kilogram Ke Liter) ?

1 Kg berapa Liter - Matematika sebagai ilmu exact menjadi tema yang sangat menarik untuk dikupas. Banyak orang yang sangat menyukai pelajaran matematika karena sangat menyenangkan dan jawabannya tidak akan memunculkan perdebatan karena memang sudah jelas kepastiannya. Namun, di sisi lain tidak sedikit juga yang benci atau sangat sulit untuk memahami pelajaran matematika karena berkaitan dengan karakter kepstiannya itu. Matematika sangat identik dengan angka dan rumus. Jika Anda tidak tahu rumus, maka dapat dipastikan Anda tidak akan bisa menuntaskan soal dari matematika yang disajikan. Sebaliknya jika Anda tahu rumus, pastinya Anda akan sangat senang mengerjakan soal matematika. Yang bikin siswa mangkel tak jarang soal yang dicontohkan berbeda dengan soal yang diberikan. Selain hapal rumus, Anda dituntut untuk memahami rumus juga. Apakah Anda golongan penyuka atau penghindar matematika? Satuan berat adalah salah satu tema yang dipelajari dalam matematika, dan satuan tersebut sebenarnya sudah Anda temukan sejak belajar matematika di sekolah dasar. Anda juga menemukannya di sekolah menengah pertama dan juga sekolah menengah atas, hanya saja tambah variasi dari soal dan juga pengembangan. Bahkan di tingkat pendidkan yang lebih lanjut Anda tidak hanya menemukan besaran tersebut dalam soal matematika, melainkan sudah lebih khusus ke mata pelajaran fisika.

Satuan Berat Kilogram


Satuan berat merupakan satuan yang dipakai untuk mengukur massa suatu benda. Disadari ataupun tidak, setiap harinya Anda selalu memanfaatkan satuan berat untuk kebutuhan pokok Anda. Anda membeli bers, gula, buah, bawang, cabe dan lain sebagainya yang biasa Anda sebutkan dalam ukuran kilogram atau ons yang merupakan salah satu dari satuan berat. Berbagai timbangan bisa Anda pakai untuk mengukur berat suatu benda, bak itu neraca dua lengan, neraca duduk, neraca elektronik, neraca pegas, dan lain sebagainya. Selain satu berat ada juga satuan volume. Satuan volume dapat didefinisikan sebagai satuan pengukur yang dipakai untuk mengukur volume atau kapasitas dari suatu benda atau ruang tuga dimensi. Salah satu besaran yang dinyatakan untuk menjelaskan volume adalah liter. Lantas bagaimana jika kilogram dikonversikan ke liter?



Satuan kilogram merupakan satuan massa atau satuan berat dalam sistem internasional. Kilogram bukan hanya sanyad id Indonesia, melankan sudah menjadi kesepakatan dunia bahwa untuk menyatakan berat di negara dan benua apapun dinyatakan dengan kologram. Adapun satuan dasar untuk massa adalah gram, dimana 1000 gram sama dengan 1 kilogram. Beberapa satuan massa lainnya yang memiliki basis geam antara lain hektogram, gekagram, desigram, centigram. Dan miligram. Lain halnya dengan kilogram, liter merupakan satuan volume. Lain halnya juga dengan kg, liter bukanlah satuan volume yang dipakai di dunia internasional, hanya saja satuan liter ini dapat dikonversi dan dipakai dalam satuan internasional. Sebenarnya simbol yang dipatenkan untuk satuan liter adalah l kecil, hanya saja masih tetap banyak yang menggunakan L kpital. Beberapa satuan volume lainnya yang memiliki basis liter antara lain, mililiter, deciliter, centiliter, dan sebagainya Lantas 1 Kg berapa Liter)? 

Satuan dasara volume yang dipakai oleh standar internasional adalah meter kubik. Adapun beberapa satuan volume lainnya berbasis meter kubik antara lain, centimeter kubik, milimeter kubik, dicemeter kubik, dan lain sebagainya. Jika Anda diberi pertanyaan 1 Kg berapa Liter)? Apakah Anda bisa menjawabnya? Mungkin akan mudah menjawabnya ketika Anda disuruh menkonversikan sebuah angka ke dalam satuan atau basis yang sama. Jelas kg dan liter memiliki dasar satuan yang berbeda dan juga basis yang berbeda. Satuan kilogram merupakan satuan yang dipakai untuk menyatakan satuan berat, sementara liter merupakan satuan yang dipakai untuk menyatakan satuan volume. Satuan massa atau satuan besar tidak bisa langsung dikonversikan menjadi satuan volume. Maka dari itu, dapat disimpilkan jika satuan kilogram tidak dapat dikonversi ke dalam satuan liter secara langsung

Baca juga: Cek Profil PNS di BKN Terbaru 2019

Anda yang ingin menkonversi satuan kilogram ke dalam satuan liter memerlukan bantuan dari satuan besaran lainnya yang dikenal dengan massa jenis atau berat jenis atau densitas. 1 Kg berapa Liter)? Pertanyaan tersebut sepintas terlihat sangat mudah untuk dijawab. Namun nyatanya pernyataan yang sesimpel itu memerlukan rumus untuk menjawabnya guys. Bunyi rumusnya massa jenis suatu benda adalah massa benda tersebut persatuan volume. Massa jenis suatu benda ini dalam fisika lebih dikenal dengan dinsitas. Jadi, masa jenis = massa/volume. Dengan demikian, berdasarkan rumus dasar tersebut dapat dilakukan konversi dari satuan massa ke satuan volume. Caranya adalah volume sama dengan massa per massa jenis.

1 Kg berapa Liter (Kilogram Ke Liter) ?


Untuk lebih jelas mengenai konversi dari kologram ke liter bisa Anda perhatikan contoh soal berikut ini.
  • Berapa liter 1 kg beras yang diketahui memiliki massa jenis 0,753 kg/liter?
  • Jawabannya: diketahui massa jenis beras adalah 0,753 kg/liter, massa berat adalah 1 kg, maka volume beras adalah massa dibagi massa jenis yang artinya dalam soal di atas adalah 1/0,753= 1,328 liter
  • Maka dapat disimpulkan volume dari 1 kg beras adalah 1,328 liter
Setiap nemda memiliki massa jenis yang berbeda yang berarti ketika kg dikonversikan ke dalam liter pun memiliki ukuran yang berbeda. Silahkan Anda perhatikan contoh berikutnya.
  • Berapa liter 1 kg minyak yang diketahui memiliki massa jenis 0,933 kg/liter?
  • Jawabannya: diketahui massa jenis minyak adalah 0.933 kg/liter, sementara massa minyak adalah 1 kg. Maka volumenya adalah massa minyak per massa jenis minyak, 1/0.933= 1.072 liter.
  • Dengan demikian dapat disimpulkan volume dari 1 kg minyak adalah 1.072 liter
Silahkan Anda perhatikan juga soal berikutnya agar bisa lebih paham ketika ada pertanyaan dari kg ke liter.
  • Jika diketahui suatu jenis arang memiliki massa jenis 0,208 kg/liter, berapa literkah volume yang dimiliki oleh 2.5 kg arang?
  • Jawaban: diketahui massa jenis arang adalah 0,208 kg/liter, sementara massa arang adalah 2,5 kg, maka volume arang adalah massa per massa jenis 2,5/0,208= 4,808 liter.
  • Jadi, 2.5 kg arang sama dengan 4.808 liter
Contoh soal berikutnya.
  • Jika diketahui suatu jenis gula pasir memiliki massa jenis 0,849 kg/ liter, berapa liter volume yang dimiliki oleh 1 kg gula pasir?
  • Jawaban: diketahui massa jenis dari gula pasir tersebut adalh 0,849 kg/liter, semestara massa dari gula pasir adalah 1 kg, maka volume dari gula pasir adalah massa per massa jenis 1/0,849=1.178 liter.
  • Jadi 1 kg gula pasir adalah 1.178 liter
Baca juga: Ukuran KTP dan E-KTP Indonesia
Sekarang Anda sudah menemukan jawaban dari pertanyaan 1 Kg berapa Liter)? Jadi tidak bisa ditentukan dengan pasti 1 kg berapi liter, karena kilogram dan liter merupakan besaran yang berlainan. Untuk mengetahuinya diperlukan bantuan satuan besaran lain yaitu massa jenis. Sementara setiap benda atau setiap zst memiliki massa jenis yang berlainan. Massa jenis yang berlainan ini akan menghasilan jumlah volume yang berlainan juga. Jadi jika ada yang bertanya kepada Anda mengenai konversi dati sekian kologram ke liter, Anda harus tahu terlebih dahulu mengetahui massa jenis yang dimiliki oleh benda tersebut. Sekian yang bisa Kami sampaikan dalam kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat untuk Anda sekalian ya guys!