Cek Profil PNS di BKN Terbaru 2019

Cek Profil PNS di BKN Terbaru 2019 - Profesi sebagai PNS hingga kini mash menjadi buruan banyak orang. Hal ini dibuktikan dengan banjirna para pendaftar di berbagai kemeterian ketika pendaftaran CPNS dibuka oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Selamat!, Anda yang lolos akan mendapatkan NIP dan otomatis profil Anda akan terdaftar di BKN. Profil kepegawaian yang tertera di BKN tentu amatlah penting bagi seorang pegawai negeri. Nomor Induk pegawai atau yang lebih populer dengan sebutan NIP merupakan nyawa bagi Anda yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil. Nah kesesuaian data yang dipakai untuk NIP harus sesuai dengan data yang terdapat dalam akta kelahiran. Ituleh sebabnya mengapa akta kelahiran atau ijazah terakhir harus terlampir pada saat Anda mendaftar sebagai calon Pegawai Negeri Sipil atau pada saat pemberkasan. Jika data yang tertera pada nomor induk tidak sesuai dengan akta, maka secara otomatis nomor induk yang Anda miliki tidak sah.

Pengumpulan akta atau[un ijazah yang sudah dilakukan untuk menghindari ketidaksesuaian data, pada kenyataannya tetap saja kesalahan tersebut dijumpai oleh beberapa pegawai. Hal ini bisa ditimbulkan oleh beberapa faktor, entah itu karena faktir teknis ataupun sumber daya manusia. Untuk itu, alangkah baiknya Anda sebagai Pegawai Negeri Sipil mengecek kembali kevalidatan profil kepegawaian Anda yang tertera di Badan Kepegawaian Negara. Dengan demikian, Anda bisa mengkoreksi dan dapat segera bertindak untuk memperbaiki kekeliruan terkait dengan profil kepegawaian yang tertera di BKN. Untuk mengecek profil kepegawaian Anda di BKN sangat mudah kok, Anda tidak perlu datang ke kantor BKN. Melainkan Anda bisa melakukan Cek Profil PNS melalui website resmi yang dimiliki BKN.



Sebenarnya caara Cek Profil PNS tidaklah sulit, namun masih banyak para Pegawai negeri Sipil yang mash belum tahu caranya. Padahal selain mudah juga tidak memerlukan waktu lama. Anda bisa melakukan Cek Profil PNS di BKN dengan cepat melalui laptop ataupun smartphone Anda dan tentunya perangkat yang Anda miliki tersebut harus terhubung dengan jaringan internet, baik itu dengan memanfaatkan wifi, modem, ataupun paket data yang disediakan oleh berbagai provider seluler di Indonesia. Informasi yang Kami muat kali ini mungkin akan sangat bermanfaat bagi Anda yang baru saja menerima NIP dari BKN berkaitan dengan nama Anda yang baru tercatat sebagai CPNS karena berhasil mengikuti tes dengan gemilang dan mencatatkan nama sebagai salah satu Calon Pegawai Negeri Sipil yang lolos dalan seleksi CPNS yang diadakan tahun 2018. Mungkin halaman BKN masih terasa asing bagi Anda yang baru menyandang status CPNS. Tapi Anda tida perlu khawatir, Anda akan menemukan jawabannya mengenai Cara Cek Profil PNS di BKN melalui artikel yang Kami bagikan dalam kesempatan kali ini.

Cek Profil PNS di BKN Terbaru 2019

Berikut ini adalah cara cek profil PNS di halaman BKN secara online.

Baca juga: Cara Cek Data PNS Berdasarlan Nama Terbaru
  • Langkah pertama silahkan Anda pastikan jika perangkat yang ingin Anda gunakan untuk membuka website BKN, entah itu komputer ataupun ponsel terkoneksi dengan jaringan internet.
  • Jika Anda lebih memilih menggunakan smartphone, silahkan Anda buka aplikasi browser. Lalu silahkan Anda ketikkan http://apps.bkn.go.id/ProfilPns/backMainMenu.dpt yang merupakan alamat dari website resmi yang disediakan oleh BKN untuk memfasilitasi para Pegawai Negeri Sipil melihat berbagai data terkait dengan kepegawaiannya.
  • Setelah itu akan muncul di layar ponsel Anda halaman untuk login agar bisa mengakses profil kepegawaian yang Anda maksud.
  • Silahkan Anda masukan Nomor Induk Pegawai yang sudah Anda kantongi pada kolom yang tersedia agar bisa mengakses profil PNS di laman BKN. Perlu diingat bahwa penulisan NIP untuk login ke laman BKN tidak boleh menggunakan spasi.
  • Setelah Anda yakin Nomor Induk Kepegawaian yang Anda masukan benar, silahkan Anda klik tombol NEXT yang terdapat pada kolom berwarna merah tepat di bawah kolom NIP.
  • Setelah itu, silahkan Anda masukan kode captcha yang akan muncul setelah Anda menekan tombol next. Masukan kode tersebut pada kolom yang berada di bawah kode captcha. Selanjutnya silahkan Anda klik tombol OK.
  • Setrlah itu, profil kepegawaian Anda akan muncul di halaman tersebut dan silahkan Anda perhatikan secara seksama. Profil dan data kepegawaian Anda lengkap tertulis di sana. Mulai dari NIP lama, NIP Baru, tempat lahir, tanggal lahir, golongan, pangkat, TMT Golongan, pendidkan terakhir, jenis cabatan, TMT CPNS, TMT PNS, TMT Jabatan, unit kerja, instansi kerja, kedudukan hukum. Nah jika ada data yang tidak sesuai, Anda jangan diam saja. silahkan Anda langsung datang ke kantor Badan Kepegawaian Daerah atau biro kepegawaian di tempat Anda kerja dengan berbekal dokumen yang otentik.
Oh ya guys, di halaman BKN tersebut Anda bukan hanya bisa melihat data utama atau profil kepegawaian Anda selaku Pegawai Negeri Sipil. Melankan di website BKN juga Anda bisa melihat proses KP dan proses pensiun. Dengan demikian, Anda para PNS tahu bentul berbagai informasi terkat kepegawaian Anda.

Cek Profil PNS dengan aplikasi di Playstore

Selain dengan mengunjungi website resmi BKN, Anda juga bisa Cek Profil PNS di BKN dengan memanfaatkan aplikasi “Cek Profil PNS” di google play store smartphone Anda. Aplikasi ini memang bukan aplikasi yang khusus disediakan oleh BKN untuk Anda para Pegawai Negeri Sipil. Tapi, aplikasi ini akurat kok jika Anda pakai untuk mengecek profil kepegawaian Anda.
  • Karena cara cara Cek Profil PNS di BKN yang satu ini memakai bantuan aplikasi, silahkan Anda download aplikasi terkat terlebih dahulu dari google play store.
  • Selanjutnya silahkan Anda buka aplikasi “Cek Profil PNS” yang sudah berhasil Anda download di ponsel Anda.
  • Berikutnya silahkan Anda masukan Nomor Induk Kepegawaian yang Anda miliki pada kolom yang tersedia, lalu klik “cari NIP”.
  • Setelah itu akan tampil profil kepegawaian yang Anda cari di layar ponsel Anda.
  • Sebagai catatan, mengingat aplikasi ini bukan aplikasi official milik BKN, jadi aktif tidaknya aplikasi ini tergantung pada website resmi BKN. Jika website resmi BKN error atau tida bisa dibuka, tidak menutup kemungkinan aplikasi cek profil PNS juga tidak bisa Anda gunakan, dan begitu juga sebaliknya.
Baca juga: Cek Kenaikan Pangkat PNS Online Terbaru 2019 di Laman BKN
Demikianlah Cek Profil PNS di BKN yang bisa Kami bagikan dalam kesempatan kali ini. Caranya sangat mudah, selama perangkat Anda tersambung dengan internet, Anda bisa login ke halaman BKN dmanapun dan kapanpun dengan kunci NIP yang Anda miliki. pastinya kebanyakan dari Anda hapal Nomor Induk Kepegawaian di luar kepala, mengingat betapa deras keringat yang harus Anda peraskan untuk mendapatkan deretan Angka yang berupa NIP tersebut. NIP sebagai identitas bahwa Anda adalah seorang Pegawai Negeri Sipil , profesi yang hingga kini masih menjadi primadona karena berbagai fasilitas yang bisa dinikmati. Maka dari itu, jangan lupa untuk terus memantau profil ke pegawaian Anda di BKN agar ketika ada yang tidak sesuai segera bisa Anda tanggulangi.