Ukuran KTP dan E-KTP Indonesia dalam cm, mm, inch

Ukuran KTP dan E-KTP Indonesia dalam cm, mm, inch - KTP yang merupakan kepanjangan dari KARTU Identitas Penduduk adalah sebuah kartu identitas yang harus dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia sejak usia 17 tahun. KTP digunakan untuk berbagai kepentingan terkait dengan kewajiban sebagai warga negara, seprti Pemilihan Umum yang mensyaratkan sang pemilih harus mencoblos di tempat domisilinya yang dibuktikan dengan KTP. KTP juga biasa disertakan sebagai syarat melamar pekerjaan, pembuatan kartu jaminan kesehatan, dan lain sebagainya. Sekal beberapa tahun yang lalu, pemerintah Indonesia mencanangkan pembuatan E-KTP secara massal bagi seluruh penduduk Indonesia.

KTP yangs elalu terselip dalam dompet dan Anda bewa kemanapun Anda pergi ternyata memiliki ukuran yang sudah ditentukan lho. Tahukah Anda berapa Ukuran KTP dan E-KTP ? Untuk melakukan pengukuran terhadap KTP dan E-KTP tentu saja butuh waktu yangluang dan alat ukur yang tepat. Mungkin bagi Anda mengetahui Ukuran KTP dan E-KTP Indonesia tidak terlalu penting. Namun, bagian sebagian lainnya sangatlah penting karena berkaitan dengan finansial atau penghasilan mereka. ukuran KTP dan E-KTP sendiri banyak dibutuhkan oleh para produsen dompet. Dengan mengetatui Ukuran KTP secara tepat, akan memudahkan pengrajin dompet untuk membuat selipas dompet dengan ukuran yang pas untuk menyimpan KTP Anda. Selain itu, biasanya Ukuran KTP dan E-KTP juga diperlukan ketika Anda ingin mencetak foto pribadi atau foto keluarga dalam ukuran tertentu yang di[eruntukan sebagan oajangan di dompet Anda. Hal ini tidaklah heran, karena biasanya foto tersebut biasa diselipkan pada selipan KTP. Sehingga biar ukurannya tepat dan indah dipandang saat dipasang dalam dompet, tidak ada salahnya mencetak foto dengan ukuran yang sama dengan Ukuran KTP dan E-KTP.


Ukuran KTP dan E-KTP


Bagi Anda yang penasaran ingin mengetahui Ukuran KTP dan E-KTP Indonesia , berikut ini adalah Ukuran KTP Indonesia dalam cm, mm, inch
  • Ukuran KTP dalam cm adalah 5.4 x 8.6 cm
  • Ukuran KTP dalam mm adalah 54 x 86 mm
  • Ukuran KTP dalam inchi adalah 2.12 x 3.38 inchi
Baca juga: Ukuran Kertas Folio dalam cm, mm, inchi
Ukuran E- KTP Indonesia dalam cm, mm, inch adalah sebagai berikut.
  • Ukuran E-KTP dalam cm adalah 5.39 x 8.5 cm
  • Ukuran E-KTP dalam mm adalah 53.98 x 85.60 mm
  • Ukuran E-KTP dalam inchi adalah 2.12 x 3.38 inchi
Selain KTP, masih ada beberapa kartu identitas lainnya yang biasanya terselip dalam dompet Anda, seperti kartu SIM, BPJS, ATM, credit card, dan beberapa kartu identitas penting lainnya. Secara umum, ukuran KTP sama dengan ukuran beberapa kartu identitas tersebut. Kesamaan tersebut bukanlah tanpa alasan, karena ukuran ID card sudah memiliki standar khusus. Sehingga tidak heran setiap prosusen kartu yang berkaitan membuat kartu dengan ukuran yang seragam yang diperuntukan bagi para anggotanya. Walaupun tidak Anda ukur satu per satu setiap kartu identitas di dompet Anda, bisa Anda lihat sendiri semua kartu tersebut nyaris pas saat dipasang di selipan dompet Anda.

Walaupun Anda memiliki ponsel canggih yang mampu menyimpan banyak foto, tapi rasanya kurang lengkap jika di dalam dompet tida diselipkan foto pribadi dan juga orang tersayang Anda, entah itu orangtua, keluarga, ataupun pasangan. Foto-foto tersebut biasanya mengandung kesan yang dalam, sehingga ketika Anda membuka membuka dompet langsung terbawa pada moment yang terjadi pada saat pengambilan foto tersebut. Jika Anda berniat untuk mencetak foto yang dipasang di selipan dompet, Anda bisa melakukan pengeditan melalui photoshop menyerupai ukurang yang dimiliki oleh kartu identitas. Mungkin tidaklah sulit jika Anda langsung ke percetakan foto dan meminta untuk dicetakan foto dengan ukuran KTP. Bagi Anda yang masih awam dengan photoshop, namun memiliki ketertarikan dan keinginan untuk melakukan pengeditan secara mandiri bisa Anda ikuti tutorial berikut ini.
  • Langkah pertama, silahkan Anda buka aplikasi photoshop yang tersemat di dalam komputer atau laptop Anda.
  • Jika halaman photoshop sudah berhasil terbuka, silahkan Anda buka halaman kerja baru dengan mengklik file, lalu klik new. Bila ingin menggunakan jalan pintas, slahkan Anda tekan kombinasi keyboard CTRL + N.
  • Selanjutnya silahkan Anda setting pilihan width dan heigth pada jendela yang baru terbuka agar bisa sesuai dengan ukuran panjang dan lebar KTP yang Anda miliki. silahkan masukan ukuran pada kolom yang tersedia sesua dengan ukuran kartu identitas yang sudah Kami cantumkan di atas.
  • Berikutnya silahkan Anda tekan OK. Dengan demikian, lembar kerja photoshop dengan ukuran persisi kartu identitas sudah siap untuk Anda gunakan. Anda hanya perlu men-drag foto yang ingin Anda cetak ke dalam lembar kerja tersebut.

Ukuran KTP dan E-KTP Indonesia dalam cm, mm, inch

Walaupun tampak sepele, ternyata ukuran berbagai kartu identitas ini sudah diatur oleh International Standard Organization. Berikut ini adalah beberapa karakteristik kartu identitas dengan standar yang telah ditentukan.
  • ID-2: 125 X 74 MM. Ukuran ini biasa digunakan untuk kartu identitas di negara Prancis dan juga Jerman.
  • ID-3: 125 X 88 MM. Ukuran ini adalah standar untuk ukuran paspor.
  • ID-4 atau ID-000: 25 X 15MM. Ukuran yang satu ini merupakan standar untuk ukuran kartu sim pada ponsel yang dipotong pada sudut kirinya.
  • Adapun untuk ukuran ketebalan kartu identitas umumnya adalah 0.762 mm.
Baca juga: Ukuran Kertas Poster Stabdar dalam cm
Biasanya kartu yang dibuat sesuai dengan standar ISO memiliki bentuk yang berbeda dengan ukuran kartu instan lainnya, entah itu dari ketajaman, solit, maupun warna. Selain itu, potongan siku pada sidutnya pun terlihat lebih rapi dan tidak lancip. Kartu yang dibuat sesua dengan standar ISO juga akan melalui proses laminasi dan press oven terlebih dahulu, sehingga bahan dan laminasi tidak terbuka dengan mudah. Berbeda dengan laminasi biasa yang terkesan mudah rusak karena fungsinya hanya menempelkan saja.

Demikianlah ulasan mengenai Ukuran KTP dan E-KTP Indonesia dalam cm, mm, inch. Sekarang Anda tida bingung lagi saat ditanya mengenai ukuran kartu identitas Anda. Walaupun pertanyaan tersebut tampak sepele dan tida penting, pada kenyataan banyak orang yang tidak tahu, padahal dalam kepentingan tertentu sangat bermanfaat ketika Anda mengetahuinya. Selain itu, Anda juga jadi tahu ternyata ukuran benda sekecil itu bukan dibuat tanpa alasan, bahkan ketentuannya sudah menjadi keputusan yang dikeluarkan oleh organisasi standar internasional. Bisa Anda bayangkan jika kartu identitas memiliki ukuran yang lebih besar dari itu, tentu saja menjadi tidak praktis lagi untuk diselipkan didompet Anda. Padahal kartu identitas kegunaannya tidak bisa dinafikan lagi. Jika ukuran kartu identitas sebesar buku tulis, betapa repotnya Anda harus membawa ransel kamanapun Anda pergi hanya untuk mengantongi kartu identitas yang Anda miliki.Semoga informasi yang Kami muat bisa menjadi pengetahuan baru buat Anda sekalian