Ukuran Kertas Poster Standar dalam cm

Ukuran Kertas Poster Standar dalam cm - Walaupun zaman teknologi sudah canggih dan memerlukan informasi lewat digital, tetap saja semua orang butuh hard file yang nyata untuk bisa mengaksesnya. Sebagai contoh untuk menyebarkan informasi, iklan, lowongan, sebagian orang membutuhkan poster agar pesan bisa tersampaikan.

Secara etimologi, poster ini memiliki arti plakat yang biasa dipasang di tempat umum. Dengan tujuan, segala macam informasi yang ada bisa terakses oleh siapapun baik yang memiliki alat komunikasi atau pun tidak.
Oleh karena itu, keberadaan poster sendiri semakin berkembang sehingga bisa disaksikan bersama banyakanya ukuran poster yang beraneka ragam di tengah masyarakat. Biasanya ukuran poster ditetapkan disesuaikan dengan kebutuhan penggunannya. Seperti poster bioskop akan memerlukan ukuran yang besar. Sedangkan poster di tempat pendidikan rata-rata menggunakan yang sedang.\

Nah, jika Anda ingin tahu tentang macam-macam ukuran kertas poster standar. Berikut akan kami paparkan di bawah ini! 

Mengapa Ukuran Kertas Poster Penting Untuk Diketahui?

Sebelum membahas mengenai macam-macam ukuran kertas poster. Ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu tentang pertanyaan yang sering dilontarkan dari para pelanggan yang membuat poster tersebut.
Setiap kali ada yang membuat poster, pihak pembuat akan menanyakan pada pelanggan tentang ukuran yang akan digunakannya. Ukuran sangat penting diperhatikan karena memang sangat berpengaruh pada biaya pembuatan poster, penempatan, dan target yang akan diberi poster tersebut.
Sebagai contoh, apabila Anda ingin mengadakan acara gebyar di kampung atau desa Anda, pasti akan menempelkan poster tersebut di dinding balai desa, lorong-lorong, tiang listrik, dan lain sebagainya. Oleh karena itu ukuran poster yang pas adalah dengan menggunakan A2 dan juga A3.

Baca juga : Ukuran Kertas dalam cm A1, A2, A3, A4, A5, dst
Dengan menggunakan ukuran tersebut, para pejalan kaki pun akan mudah membaca isi posternya. Lain halnya bila acara yang dibuat cukup meriah dan menjangkau seluruh kota, maka bisa menggunakan poster dengan ukuran yang lebih besar seperti A0 atau A1. 

Macam-Macam Ukuran Kertas Poster Standar dalam cm

Setelah mengetahui pentingnya ukuran poster, maka yang harus Anda ketahui selanjutnya adalah tentang macam-macam ukuran kertas poster standar dunia. Yaitu sebagai berikut:
  • Ukuran Poster Besar : 61 cm x 91 cm
  • Ukuran Poster Medium: 46 cm x 61 cm
  • Ukuran Poster Kecil: 28 cm x 43 cm
  • Ukuran Poster A4: 21 cm x 29.7 cm
Sedangkan di Indonesia sendiri memiliki ukuran poster yang sering dibuat seperti di bawah ini:
  • Ukuran Besar A2: 42 cm x 59.4 cm
  • Ukuran Sedang A3+: 32 cm x 48 cm
  • Ukuran Sedang A3: 29.7 cm x 42 cm
  • Ukuran Kecil A4: 21 cm x 29.7 cm
Ukuran poster di atas tidak bisa diubah karena sudah menjadi ukuran standar dari para pembuat poster. Dan yang pasti, ukuran tersebut dibuat agar mudah dilihat dan informasi pun tersampaikan dengan baik.

Baca juga : Ukuran Kertas HVS A4, F4, Legal, Folio dll Lengkap

Itulah dia informasi mengenai Ukuran Kertas Poster Standar dalam cm. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.