Ukuran Kertas F4 (Folio) dalam cm, mm, inci

Ukuran Kertas F4 (Folio) dalam cm, mm, inci - Kertas dengan berbagai tipe dan ukurannya ini tentu saja sangat akrab dengan Kamu yang lagi bergelut di dian akademik atau Kamu yang berkerja di instansi. Kertas dengan ukuran tertentu biasanya menjadi salah satu ketentuan dalam mengerjakan tugas kuliah untuk dikumpulkan. Begitu juga dengan berbagai surat atau berkas kepentingan administrasi di instansi yang biasanya harus menggunakan kertas dengan tipe dan ukuran tertentu. Ukuran kertas bisa diartikan sebagai panjang dan lebar yang dimiliki oleh suatu kertas dalam bentuk satuan mm (milimeter). Selain dalam bentuk mm, ukuran kertan juga bisa dikonversikan ke dalam bentuk cm (centimeter) ataupun inchi. Ukuran kertas ini sudah menjadi standar internasional dan berlaku di seluruh dunia.

Kertas mungkin saja banyak orang menganggapnya sebagi benda yang sepele dan harganya pun sangat murah. Namun, kehadiran kertas tidak sesepele itu, kertas banyak dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Berbgai produksi kertas pun terus dilakukan demi memenuhi kebutuhan untuk berbagai kepentingan. Kertas itu tida melulu berkaitan dengan buku, majalah, dan surat menyurat. Kartu nama, kartu undangan, browsur bahkan setruk belanja dan tiket parkir pun menggunakan kertas. Namun tentu saja semuanya itu tidak dicetak di kertas yang sama. Setiap kertas memiliki peruntukan dan ukurannya tersendiri. Dalam kesempatan kali ini.kami akan menyejakikan sekilas informasi mengenai Ukuran Kertas F4 (Folio) dalam cm, mm, inci.


Salah satu seri dari kertas adalah kertas F4 yang biasa dikenal juga dengan kertas folio. Kamu mungkin saja tahu dan sering menggunakan kertas F4, tapi tidak tahu persis ukurannya berapa bukan? Nah untuk Kamu yang ingin tahu lebih jauh mengenai Ukuran Kertas F4 (Folio) dalam cm, mm, inci bisa meneruskan untuk membaca artikel ini ya guys.Ukeran kertas F4 adalah for,at kertas yang dimiliki oleh seri F menurut standar internasional yang tercermin dalam ukuran milimeter yang kemudian untuk memudahkan bisa dikonversikan ke dalam centimeter dan inchi. Kertas folio ini mudah untuk dijumpai, karena biasa dipakai di fotocopyan ataupun di perkantoran. Untuk lebih jelasnya langsung saja simak ulasan mengenai Ukuran Kertas F4 (Folio) berikut ini!

Baca Juga : Ukuran Kertas A3 Plus (A3+) dalam cm Perbedaan dengan A3 Biasa

Kertas F4 mendominasi kebutuhan di dunia percetakan. Kertas F4 sering dipakai buat bikin laporan, lembar kerja berupa soal-soal juga tak jarang menggunakan kertas berukuran F4, Berbagai formulis seperti form pendaftaran juga bisa Kamu jumpai dicetak dengan menggunakan kertas berukuran F4. Selain itu, masih banyak lagi Kamu bisa menjumpai kertas F4 dalam berbagi kepentingan setiap harinya tan[a Kamu sadari. Yang pasti kertas F4 ini merupakan salah satu ukuran kertas yangs ering digunakan dan dijumpai dalam kehidupan.
  • Ukuran Kertas F4 (Folio) dalam cm
Adapun kertas F4 dalam satuan centimeter memiliki ukuran 21 x 33 cm. Ukuran cintimeter biasanya lebih mudah ditebak dibandik dengan ukuran milimeter dan lebih familiar.
  • Ukuran Kertas F4 (Folio) dalam mm
Ukuran kertas F4 dalam ukuran mm adalah 210 x 330. Tentu saja jumlah angka dalam ukuran mm lebih banyak dibanding ukuran lainnya, karena ia berada dalam tangga paling bawah dari ukuran panjang. Mm berada tepat dibawah cm, sehingga jika ingin merubah ukuran dari cm ke mm tinggal dikalikan 10 saja, dan sebaliknya jika ingin merubah ukuran dari mm ke cm hanya tinggal dibagi 10.
  • Ukuran Kertas F4 (Folio) dalam inci
Selain dalam bentuk cm dan mm, ukuran kertas juga sering dinyatakan dalam bentuk inci. Ukuran kertas F4 dalam inci adalah 8.27 x 11.99 inci. Karena ukuran kertas ini sudah berstandar nasional,ketika Kamu ke negara lain dan mencari kertas F4 ukuran yang Kamu temukan tetap akan sama atau setidaknya tidak akan jauh berbeda.

Ukuran Kertas F4 (Folio) dalam cm, mm, inci

Ukuran kertas F4 sering kali menjadi masalah dalam dunia pengetikan dan printing. Kmau bisa jadi orang yang pernah mengalami hal itu, mengalamai kendala saat print tugas kuliah atau tugas kantor menggunakan kertas F4. Hal ini bisa terjadi karena tidak tersedianya ukuran persis F4 dalam microsoft word, baik itu versi yang dulu hingga sekarang sudah mengeluarkan beebrapa versi. Ketika Kamu hendak ngeprint, sebaiknya Kamu setting dulu ukuran kertas dalam microsoft word menjadi costum size 21.5 cm x 33 cm. Hal ini karena ukuran legal yang sudah tersetting dalam microsoft sendiri adalah 21.59 cm x 35. 56 cm. Jika dibiarkan tentu saja Kamu akan menemukan kendala dalam mengeprint, karena tulisan pada bagian paling bawah tidak akan tercetak dalam kertas berukuran F4. Cara mengatur kertas di microsoft worn ini sangat mudah guys, langsung saja Kmau buka microsoft word, lalu klik menu “page layout”. Berikutnya silahkan Kmau klik tanda panah kecil yang terdapat di bawah submenu size, lalu klik “more paper size”. Apabila kolom dialog sudah muncul, silahkan kamu ketikan ukuran kertas F4 atau ukuran yang Kamu inginkan pada bagian kolom width dan length. Terakhir tinggal kamu klik OK deh.

Fakta Unik Ukuran Kertas F4 (Folio)

Kertas yang biasa dikenal dengan kertas folia ini ternyata hanya populer di negara-negara bagian Asia Tenggara aja lho guys. Pastinya tahu dong negara mana saja yang termasuk kawasan Aisa Tenggara? Yups, negara Asia Tenggara yang biasa dikenal dengan negara ASEAN juga. Indonesia adalah negara yang memiliki intensitas yang sering dalam memanfaatkan kertas folio untuk memenuhi berbagai kepentingannya. Dalam dunia percetakan F4 biasa dikenal juga dengan kertas ukuran metric foolscap. Kertas berseri F memang bukan hanya F4, melainkan ada F0, F1. F2 dan seterusnya. Ukuran ketrtas F0 lebih besar dibanding ukuran kertas berseri F lainnya. Sementara seri F di atasnya berukuran setengah dari kertas seri F sebelumnya dan begitulah seterusnya.

Baca Juga : Jenis- Jenis Kertas dan Fungsinya

Itulah Ukuran Kertas F4 (Folio) dalam cm, mm, inci. Semoga sajian dalam artikel ini mampu bermanfaat dan mampu menambah wawasan Kamu sekalian ya guys. Setelah tahu lebih jauh mengenai kertas F4 jangan sampai salah print lagi ya guys, jangan lupa untuk melaKukan setting ulang di microsoft wort agar hasil printnya sesuai dengan yang diinginkan.