Ukuran Kertas A3 Plus (A3+) dalam cm Perbedaan dengan A3 Biasa

Ukuran Kertas A3 Plus (A3+) dalam cm Perbedaan dengan A3 Biasa - Kertas adalah benda kecil yang mungki n kehadirannya dianggap sepele, namun begitu penting dalam kehidupan manusia. Kertas yang biasa kita gunakan dalam berbagai kegiatan atau kebutuhan itu ternyata terdapa pengetahuan di dalamnya. Kertas tidak hanya melulu tentang buku, tetapi kertas dengan jenis yang berbeda juga bisa Kamu temukan dalam struk belanja, tiket parkir, undangan pernikahan, brosur, wadah kosmetik hingga wadah jajanan. Setiap jenis kertas dibikin dengan peruntukannya sendiri. Jelas tidak akan mendukung jika kertas yang biasa digunakan untuk struk belanja digunakan untuk bikin kartu nama atau kartu undangan.

Kalangan akademik mungkin sangat akrab dengan kertas A4 dan F4, karena keduanya sering digunakan untuk mencetak tugas akademik, misalnya untuk bikin tugas makalah dan penelitian akhir. Oh ya guys, ada juga kertas A3 dan A3+ yang secara nama dan peruntukannya nyaris sama lho. Tentunya Kamu yang kuliah jurusan teknik sipil atau berkaitan dengan desain tidak asing dengan dua kertas bertipe A3 standar dan A3 plus. Lantas seperti apa persisnya Ukuran Kertas A3 Plus (A3+) dalam cm ? Langsung saja disimak yuk guys ulasan berikut ini!

Ukuran Kertas A3 Plus (A3+) dalam cm Perbedaan dengan A3 Biasa



Kertas dengan ukuran A3 adalah jenis kertas yang banyak dipakai oleh para arsitek, kontraktor, desainer grafis dan sejenisnya untuk mencetak hasil gambar dari yang mereka kerjakan. Biasanya kertas ini digunakan untuk mencetak gambar teknik dalam dunia arsitek. Gambar yang dituangkan dalam kertas A3 tersebut ideal untuk dibaca, sehingga orang yang bersangkutan dan berkepentingan bisa membaca dan memahaminya dengan mudah.
  • Kertas A3 memiliki ukuran 29.7 cm x 42 cm.
  • Jika dikonversikan ke dalam inchie adalah 11.69 x 16.54 inchie.
  • Adapun jika dikonversikan ke dalam pixel, ukuran kertas A3 adalah 3510 x 4960 pixels. Biasanya ukuran ini digunakan jika Kamu ingin mendesain menggunakan photoshop ataupun aplikasi desain sejenisnya. Karena ukurannya yang dua kali lebih besar dari kertas A4, kertas A3 juga bisa digunakan untuk cetak brosur. Ketika Kamu butuh brosur sebanyak 5 rb lembar, Kamu hanya perlu mencetak di kertas berukuran A3 sebanyak 2500 lembar.
Baca Juga: Ukuran Kertas HVS A4, F4, Legal, Folio dll Lengkap

Perkembangan teknologi yang berjalan dengan cepat berpengaruh pula terhadap perkembangan digital printing. Kamu juga bisa menjumpai kertas bertipe A3+ yang memiliki ukuran lebih besar dibanding A3 biasa. Kertas dengan tipe ini banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan dunia percetakan atau industri grafika. Kertas ini sangat menolong para desainer mempresentasikan buatannya.
  • Ukuran kertas A3+ dalam ukuran cm adalah 32 cm x 48 cm.
  • Sementara ukuran kertas A3+ dalam ukuran inchi adalah 12.6 x 18.9 inci.
  • Sedangkan ukuran kertas A3+ dalam pixel adalah 3784 x 5669 pixels.
Sudah sangat jelas kertas A3 biasa dan A3+ terdapat perbedaan dalam segi ukurannya dimana kertas A3+ lebih besar dibanding kertas A3 biasa. Dengan demikian, peruntukan kedua jenis kertas inipun juga sedikit berbeda. Ada kalanya juga kehadiran kertas A3+ untuk mendukung A3 seperti dalam ilustrasi berikut ini.
Ketika Kamu bikin brosur dengan menggunakan photoshop dalam ukuran A3 yang semua lembarannya dikasih warna atau desain. Tentu saja ketika dicetak pakai printer, semua kertas pasti penuh dengan tinta. Jika Kamu memakai kertas berukuran A3 standar untuk mencetak desain tersebut, tentu saja printer akan sulit bagian pinggir kertas. Walaupun print tetap bisa dilakukan dengan gambar yang utuh, namun tetap saja kualitas yang dimilikinya tidak bagus. Nah dalam kondisi ini Kamu harus beralih mencetak dengan menggunakan A3+ yang memungkinkan masih ada bagian yang kosong di pinggir kertas. Dengan demikian, kualitas cetak tidak akan terganggu. Nah untuk merapikannya Kamu bisa memotong bagian pinggir yang kosong dari kertas tersebut dengan menggunakan gunting atau alat pemotong lainnya. Jika Kamu berjalan-jalan ke tempat diproduksinya flyer dan brosur tidak menutup kemungkinan Kamu menemukan banyak potongan kertas persegi panjang. Itu adalah sisa pinggiran dari kertas A3+.

Jika Kamu ingin membuktikan bahwa kertas tersebut berukuran A3 standar atau A3+ Kamu bisa mengukurnya gak harus pake penggaris kok guys. Kamu bisa beli dua kertas berukuran A4 dan kemudian dijejerkan. Kemudian silahkan taruh kertas berukuran A3 standar di atasnya. Jika ukuran 1 kertas A3 standar memiliki ukuran yang sama persis dengan ukuran dua kertas A4, maka dapat dipastikan kertas tersebut berukuran A3 standar. Jika Kertas A3 yang Kamu tempelkan lebih besar dari dua kertas A4, maka dapat dipastikan kertas tersebut vertipe A3 plus.

Ukuran Kertas A3 Plus (A3+) dalam cm

Oh ya guys, selain berbeda dalam hal ukuran dengan kertas A3 standar. Kertas A3+ juga ternyata memiliki jenis yang lebih beragam seperti HVS, art paper, ivory dan lain sebagainya. Selain itu ia juga memiliki berat dan ketebalan yang beragam, sehingga peruntukannya juga bisa sangat beragam.
  • Artpaper A3+ dengan berat 120 gr hingga 159 gr biasa dimanfaatkan untuk cetak brosur, isi majalah atau compeny profule, flyer, cover hard cover dan lain sebagainya.
  • Artpaper A3+ dengan berat 210 gr hingga 230 gram biasa dipakai untuk bikin kartu nama, brosur, sampul majalah, tent card dan masih banyak lagi.
  • Artpaper A3+ dengan berat 260 gr hingga 310 gr biasa dipakai untuk packaging, cover majalah, tas belanja, tent card, kartu nama dan lain sebagainya.
  • Bontak A3+ biasa dipakai untuk cetak stikel , label makanan, produk,kemasan dan lain sebaginya.
  • Stiket transoaran/ vinly A3+ biasa dipakai untuk stiker label makanan, kemasan dan produk yang anti sobek serta anti air.
  • Fancy A3+ digunakan untuk brosur, piagam penghargaan, kartu nama dan lain sebagainya.
Baca Juga: Jenis-jenis Kertas dan Fungsinya

Sekarang Kamu sudah paham kan guys mengenai Ukuran Kertas A3 Plus (A3+) dalam cm Perbedaan dengan A3 Biasa? Karena namanya juga berbeda, keduanya juga memiliki ukuran dan peruntukan yang sedikit berbeda.