Apa Itu Bokeh Dalam Fotografi dan Videografi ?

Apa Itu Bokeh Dalam Fotografi dan Videografi ? – Akhir-akhir ini kata bokeh tengah banyak diperbincangkan. Bagi dunia fotografi dan juga videografi tentunya mengenal ebtul apa itu bokeh. Salah satu efek yang penting karena bisa menghasilkan foto atau gambar yang wow.

Lalu apa sih bokeh itu? Perlu Anda ketahui bahwa bokeh merupakan kata yang berasal dari bahasa Jepang yang artinya blur atau buram. Nah bokeh ini merupakan kualitas estetika fotografi yang mana bisa menghasilkan beberapa bagian yang tidak fokus menjadi blur atau buram.

Dengan efek bokeh yang Anda gunakan bisa membuat foto atau gambar Anda semakin kece abis. Seperti yang kita ketahui bahwa bokeh ini sering banget digunakan oleh banyak fotografer yang mana membantu emreka untuk memisahkan subjek dnegan background atau latar belakangnya.

Jadi intinya menggunakan efek bokeh ini, foto atau gambar yang difokuskan akan terlihat lebih jelas dan foto atau gambar latar belakangnya bisa ngeblur atau buram. Jadi efek bokeh ini lebih menekankan pada satu subjek yang difokuskan saja.

Cara Membuat Bokeh yang Ciamik

Perlu Anda ketahui bahwa hasil bokeh pada sebuah foto atau gambar ternyata ditentukan oleh lensa loh, bukan dari kamera nya. Nah dengan begitu, jika Anda bisa menggunakan kamera terbaik dan tidak memilih lensa yang tepat untuk kamera Anda itu percuma.

Karena dengan begitu efek bokeh tidak bisa diciptakan dengan maksimal. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar efek bokehnya ciamik.

1.      Ubah Setting Kamera ke Manual

Cara pertama yaitu Anda bisa mengubah setting kamera ke manual agar bisa mendapatkan efek blur yang bagus. Adapun caranya yaitu ubah setting kamera ke Manual atau Aperture Priority.

Setelah itu, Anda bisa menggunakandan mengubah aperture sesuai keinginan Anda agar bokeh yang diahsilkan bisa maksimal.

2.      Gunakan Bukaan Lebar

Cara yang kedua yaitu And aabisa menggunakan bukaan lebar. Adapun caranya yaitu cobalah ambil foto , ekmudian objek mana yang akan Anda bidik. Setelah itu, ANda bsia mengubah bukaan lensa menjadi bukaan lebar, seperti contoh f/2.8.

Setelah itu, putarlah gelang fokus agar bisa lebih fokus kepada objek yang akan Anda ambil. Kemudian lihatlah perubahanya, untuk kualitas foto di viewfinder Anda , untuk background nya akan menjadi blur.

3.      Perlebar Jarak Objek dan Background

Cara yang ketiga yaitu perlebar jarak objek dan juga background. Dengan cara ini efek bokeh yang dihasilkan bisa maksimal dan mengahsilkan foto bokeh yang bagus sesuai keinginan Anda.

Oleh sebab itu, Anda bisa mengambil foto dan memberi sedikit kedalaman dengan cara memperlebar antara jarak dengan background. Nah jika objek yang Anda ambil tidak bisa dipindahkan, Anda bisa perlebar jaraknya akan terlihat etrpisah dna menghasilkan efek bokeh yang ciamik.

Namun jika anda hanya bermodalkan smartphone dan ingin membuat foto bokeh anda bisa membaca artikelnya di situs aptoide.co.id. Semoga bermanfaat.