Cabut Gigi Bungsu, Berapa Lama Sampai Tumbuh dan Sakit Hilang

Berapa lama gigi bungsu tumbuh - Gigi bungsu merupakan sebuah gigi geraham yang biasanya tumbuh pada bagian paling belakang sendiri di mulut. Biasanya gigi bungsu tumbuh pada usia kisaran 17 hingga 15 tahun, namun tidak semua orang mempunyai gigi bungsu tersebut.

Ada orang yang mempunyai gigi bungsu namun tidak mempunyai ruangan yang cukup dimulut, sehingga menyebabkan infeksi dan pastinya dibutuhkan operasi untuk bisa mengeluarkan gigi bungsu tersebut.

Infeksi bisa terjadi akibat tidak adanya ruangan yang cukup untuk tumbuhnya gigi besar. Namun jika gigi bungsu tersebut muncul hanya sebagian, makan menyebabkan makanan sering tertinggal diantara gigi dan gusi. Itulah yang menjadi penyebab dari munculnya infeksi dan juga pembusukan gigi.

Sebaliknya jika gigi bungsu tumbuh secara keseluruhan, maka nantinya gigi akan miring dan menjadi bergesekan dengan bagian mulut maupun gusi, sehingga menyebabkan rasa sakit. Untuk menghilangkan gigi bungsu sendiri lamanya tergantung bentuk serta kesulitan pada saat pencabutan. Selepas operasi juga tidak langsung sembuh, karena pasti membutuhkan waktu yang cukup lama sampai gigi benar-benar pulih kembali.

Lama Waktu Untuk Sembuh

Untuk proses penyebuhan atau pemulihan gigi bungsu pasca pencabutan, ada beberapa tahapan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Pertama, 24 jam pertama gumpalan darah akan terbentuk.
  2. Kedua, 2 hingga 3 hari pembengkakan yang terjadi pada mulut dan juga pipi akan membaik.
  3. Ketiga, 7 hari dokter akan melepaskan jahitan sisa, karena sebagian orang membutuhkan jahitan untuk mempercepat penutupan luka.
  4. Keempat, 7 hingga 10 hari rasa nyeri dan kaku pada bagian rahang sedikit berkurang.
  5. Kelima, 2 minggu memar ringan pada wajah sudah menghilang.

Pembekuan Darah Pasca Operasi

Setelah gigi selesai dicabut, pastinya bekuan darah akan terbentuk. Hal ini adalah bagian yang paling penting dalam proses penyembuhan. Karena dengan proses bekuan darah tersebut akan membantu mencegah keluarnya banyak darah, serta dapat melindungi luka dari infeksi dan juga dapat melindungi tulang yang telah terbuka.

Maka dari itu sebaiknya jangan sampai mengeluarkan bekuan darah tersebut selama 24 jam pertama. Dan sebaiknya anda juga menghindari berbagai hal berikut ini :

  • Membilas mulut
  • Meminum minuman panas
  • Makan dengan mengunyah
  • Menghisap sedotan
  • Menyikat gigi

Cara Mempercepat Penyembuhan

Setelah melakukan pencabutan gigi bungsu, agar bisa mempercepat penyembuhan sebaiknya anda mengikuti anjuran dokter serta menggunakan obat yang sesuai dengan resep dokter.

Biasanya anda akan diminta untuk mengompres pipi dengan menggunakan es batu selama beberpa jam pasca operasi, serta akan diminta untuk menggigit kasa pada bagian yang baru saja dicabut kurang lebih selama 30 menit. Dan jika memungkinkan sebaiknya anda istirahat dirumah selama 1 hingga 2 hari setelah operasi.

Nah, itulah informasi tentang berapa lama gigi bungsu tumbuh, berapa lama waktu sembuh pasca operasi dan cara mempercepat penyembuhan. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan anda semua. Terima kasih.