4 Aplikasi HRD Profesional yang Sediakan Layanan Gratis

Beberapa software atau aplikasi HRD profesional memiliki layanan gratis. Beberapa memang menyasar pasar UMKM sedangkan lainnya memiliki fitur penuh yang hanya bisa bisa diakses ketika Anda membeli software tersebut.

Terlepas dari gratis atau tidak, saat ini menggunakan software atau aplikasi dalam proses bisnis merupakan sebuah tuntutan untuk menghadapi disrupsi digital. Termasuk menggunakan software database karyawan perusahaan atau sistem otomatisasi di bidang sumber daya manusia atau HR.

Namun seperti yang diketahui, membeli atau menggunakan software HR bukanlah keputusan mudah bagi perusahaan. Banyak pertimbangan di dalamnya seperti; kebutuhan kerja, anggaran, skala bisnis, hingga budaya kerja. 

Sehingga penting bagi perusahaan yang ingin menggunakan software HR, untuk mendapatkan akses gratis untuk mengukur kesesuaian antara kebutuhan dan fitur yang disediakan.

Oleh karena itu, untuk membantu Anda memilih software HR terbaik berikut daftar layanan software HR yang memiliki layanan gratis.

Talenta

Talenta merupakan software as a service HR di Indonesia yang memiliki banyak fitur untuk menunjang kebutuhan HR di masa depan.

Talenta sendiri memberikan layanan employee self-service di mana karyawan bisa melakukan absensi, pengajuan cuti, mengatur jadwal, mengubah data, mengajukan reimbursement, mendapatkan pengumuman, dan juga slip gaji melalui aplikasi yang terhubung dengan sistem Talenta.

Sistem absensi online Talenta juga dilengkapi dengan GPS sehingga perusahaan bisa memantau lokasi check in dan check out karyawan secara real-time.

Selain itu, Talenta juga memiliki fitur perhitungan gaji yang komprehensif. Di mana perhitungan pajak penghasilan, BPJS, THR, dan elemen penggajian lainnya dapat dilakukan secara otomatis.

Aplikasi HRD Talenta juga memiliki fitur Mekari Flex yaitu dimana perusahaan bisa mengatur atau mengelola benefit karyawan dengan mudah tanpa harus mengganggu arus kas perusahaan.

Talenta memiliki layanan gratis berupa free demo selama satu bulan untuk mencoba aplikasi data pegawai berbasis web. Setelah itu, Anda bisa memilih dua paket pilihan sesuai apa yang dibutuhkan perusahaan Anda.

OrangeHRM

Aplikasi HR satu ini berpusat di Amerika Serikat. Memiliki fitur lengkap yang dapat menunjang kebutuhan tata kelola HR Anda. Mulai dari absensi online, pengajuan cuti, hingga perhitungan gaji karyawan.

OrangeHRM juga mampu melakukan perhitungan gaji otomatis dimana data diolah secara real-time dan terintegrasi. OrangeHRM sejatinya adalah software berbayar, namun Anda bisa mengakses layanan gratis yang patut Anda coba.

Zoho People

Zoho People merupakan produk software HR di bawah Zoho corporation. Layanan ini berpusat di India dan memiliki fitur yang mampu memberikan adaptasi kepada penggunanya terhadap perkembangan teknologi.

Sama seperti layanan aplikasi HRD lainnya, Zoho memiliki fitur absensi online dan employee self-service, perhitungan gaji, dan juga layanan benefit karyawan. Anda bisa mengakses Zoho People secara gratis selama satu bulan.

WebHR

WebHR merupakan aplikasi HRD yang memiliki layanan gratis lainnya. Seperti aplikasi HR lainnya, WebHR memiliki fitur HRIS dan HRMS yang terintegrasi. yaitu rekrutmen, absensi, analisis HR, dan juga perhitungan gaji. 

Aplikasi satu ini juga memiliki integrasi dengan banyak platform lain seperti neuvoo dan indeed untuk kebutuhan rekrutmen. Anda bisa mengajukan demo secara gratis dengan WebHR selama satu bulan.

Tips Memilih Aplikasi HRD

Tips memilih aplikasi HRD yang pertama tentu dari segi keamanan. Pilihlah aplikasi HRD yang telah memiliki autentikasi dari institusi setempat di mana jika di Indonesia telah mendapatkan izin dari kementerian Komunikasi dan Informatika.

Selain memiliki autentikasi, aplikasi HRD yang Anda pilih tersertifikasi ISO 27001 tentang sistem keamanan data. Pastikan juga Anda melihat rekam jejak klien aplikasi tersebut apakah memiliki rekam jejak yang baik atau tidak.

Tips lainnya yaitu aplikasi HRD tersebut mampu memenuhi kebutuhan aturan domestik seperti aturan perpajakan atau aturan ketenagakerjaan. Sehingga penting bagi perusahaan untuk memilih aplikasi HRD yang memiliki wilayah operasional di negara tempat Anda juga mengoperasikan bisnis Anda. 

Misalnya lokasi bisnis Anda di Indonesia, maka pilihlah aplikasi HRD yang beroperasi di Indonesia. Hal tersebut nantinya juga berpengaruh terhadap aksesibilitas layanan pelanggan.

Tips terakhir pastikan aplikasi HRD memiliki layanan penuh agar pekerjaan HR Anda dapat dilakukan secara maksimal.