7 Tips Menghemat Air Mudah dan Efektif

Air merupakan salah satu anugerah yang diberikan Allah SWT yang harus kita pelihara baik-baik. Bumi ini 2/3 nya adalah air. Begitupun dengan tubuh manusia yang juga ternyata sebesar 2/3 kita juga adalah air. Untuk itulah, tips mudah menghemat air wajib kita ketahui untuk menjaga alam ini supaya selalu sehat dan lestari.

Jika anda bertanya tentang komponen terpenting yang ada di bumi, jawabannya adalah air. Air adalah awal kehidupan. Bahkan para ahli astronomi yang meneliti planet di luar angkasa pun mencari kehidupan makhluk disana dengan mencari keberadaan air. Artinya jika ada air maka peluang adanya kehidupan juga semakin besar.



Meskipun air masuk ke kategori sumbar daya alam yang terbarukan tetapi bukan berarti membuang-buang air itu tidak masalah. Justru seperti yang kita tahu selama ini, ketersediaan air bersih makin tahun makin sedikit saja persentasenya. Apakah anda menyadarinya? Tentu sekarang dan dimulai dari diri sendiri untuk memulai menghemat air dimana saja dan kapan saja.

Bahkan saat ini sudah banyak organisasi atau gerakan-gerakan yang bertujuang untuk supaya kita berhemat air demi kelestarian alam dan menjaga ketesediaan air bersih disekitar kita. Beberapa penghematan yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut :

1. Matikan Kran Air

Tidak sedikit yang merasa tidak terlalu peduli jika ada kran air yang mengalir terutama yang alirannya tidak begitu kencang, hanya beberapa tetes. Bagi anda yang sebelumnya punya kebiasaan acuh ketika melihat kran air yang menyala, mulai saat ini bersikaplah bijak terhadap air. Segeralah peduli dengan kran air yang sedang menyala kapan pun, dimana pun dan dalam kondisi apa pun.

2. Periksa Kebocoran Air

Kebocoran air yang terus-menerus dibiarkan tentu saja akan membuang sia-sia air bersih yang mengalir. Jika anda merasa ada kebocoran pada pipa air, segeralah betulkan untuk menjaga ketersediaan air supaya lebih lestari.

3. Hindari Buang Benda Sembarangan di Toilet

Penyebab penggunaan air yang berlebih salah satunya adalah untuk membuang benda tertentu karena jika seharusnya beberapa kali siraman saja kotoran sudah hilang anda perlu menyiram hingga berkali kali. Benda benda tersebut seperti diantaranya adalah puntung rokok, pembalut, tisu, dan sebagainya.

4. Peduli dengan Kegiatan Menanam Pohon

Pohon dan air tidak bisa dipisahkan dalam perannya menjaga ketersediaan air bersih. Karena sifat pohon adalah menyerap dan menyimpan air di dalam akar-akarnya, untuk itulah kegiatan menanam pohon sangatlah bijak untuk dikerjakan. Apalagi mengingat kondisi hutan kita sekarang yang makin kesini makin saja berkurang.

5. Waktu Mandi

Mandi adalah aktifitas yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Setelah lama beraktifitas tentu akan meninggalkan debu dan juga keringat yang dapat menimbulkan bau badan. Mandi adalah upaya membersihkan tubuh dari kotoran.

Namun tak sedikit dari kita melakukan aktifitas ini dengan menghambur-amburkan air. Mandi dalam waktu yang cukup lama dan menghabiskan banyak air yang tentu tak semestinya. Ada istilah yang bilang mandi air banyak maka tubuh lebih bersih. Tetapi ini tidak terbukti kebenarannya, dan memang tidak ada hubungan dengan mandi air sangat banyak dengan tubuh sangat bersih. Karena yang bagus adalah mandi secukupnya.

6. Gunakan Mesin Tekanan Tinggi Saat Mencuci Kendaraan

Salah satu aktifitas lain yang membuang percuma air adalah ketika membersihkan kendaraan dengan selang langsung tanpa mesin tekanan tinggi. Ketika membersihkan kendaraan gunakan secukupnya. Jangan lupa anda memaka mesin tekanan tinggi supaya air yang menyiram kendaraan juga ikut mengangkat noda. Sehingga anda tidak perlu banyak menyiram untuk membuang-buang air begitu saja.

7. Gunakan Air Bekas Pakai

Air yang sudah anda gunakan jika dirasa bisa dimanfaatkan jangan dulu dibuang. Misalnya air yang dipakai untuk mencuci buah bisa anda pakai untuk menyiram tanaman, daripada anda buang air begitu saja lebih baik manfaatkan.

Nah itulah tadi 7 Tips Menghemat Air Mudah dan Efektif. Semoga bisa bermanfaat untuk anda.