Cara Mengecek Kiriman Pos Sudah Sampai atau belum

Cara Mengecek Kiriman Pos Sudah Sampai atau belum - Dua puluh tahun ke belakang keberadaan kantor pos sangatlah penting. Kantor pos yang kurirnya dikenal dengan pak pos pada saat itu adalah media komunikasi jarak jauh terpercaya yang ada di Indonesia. Anda bisa berkirim surat dengan dan berkomunikasi dengan saudara atau orang tua yang jauh di pulau sana dengan menggunakan jasa pak pos. Butuh waktu berminggu-minggu untuk mendapatkan surat balasan dari orang terkait. Anda juga tidak tahu dimana keberadaan surat yang Anda kirim. Karena pada saat itu pihak pos Indonesia belum memberikan media kepada para pelanggannya untuk mengecek resi.

 Sebenarnya cikal bakal pos Indonesia sudah ada sejak tahun 1974. Saat itu pos Indonesia mempunyai 24 ribu titik layanan yang menjangkau seluruh kota dan kabupaten, hampir 100 persen menjangkau kecamatan, sekitar 42 persen menjangkau pedesaan, dan 940 tempat terpencil di seluruh nusantara. Pos Indonesia merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang layanan pos. Zaman terus berkembang yang berbanding lurus dengan perkembangan teknologi yang tidak terbendung lagi. Pos Indonesia kini bisa jadi sama pentingnya dengan saat itu. Hanya saja kini fungsi pos untuk mengantar surat telah bergeser menjadi tempat pengirim jasa barang yang didominasi dengan belanja online.



Mengapa demikian? Karena kini nyaris setiap orang mengantongi ponsel yang memiliki fungsi utama untuk komunikasi jarang jauh. Bahkan dengan hadirnya ponsel berbasis android, kini komunikasi jarak jauh dengan sanak saudara bisa dengan mudah dilakukan, baik itu melalui chatting, panggilan via sosial media, maupun bideo call. Adapun jika ada suarat bersifat resmi yang harus dikirimkan ke lembaga terkait yang jauh dari tempat tinggal Anda, kini juga tidak perlu dikirim melalui pos lagi. kini banyak lembaga yang lebih memilih menerima surat dalam bentuk surat elektronik atau yang Anda kenal dengan email. Pos harus melakukan berbagai pembaharuan jika ingin bertahan. Apalagi kini berbagai jenis ekspedisi bermunculan seiring dengan menjamurnya belanja online. Nah bagi Anda pembeli ataupun penjual online yang memanfaatkan jasa pos indonesia sebagai media penghubung barang antara penjual dan pembeli, Anda bisa Mengecek Kiriman Pos Sudah Sampai atau belum secara online.

Pos Indonesia menyediakan berbagai jenis paket pengiriman berdasarkan harga dan lamanya paket tersebut sampai ke tangan penerima. Tentu saja semakin mahal harga paket, semakin cepat pula barang diterima oleh si penerima. Anda bisa memilih paket sesuai dengan kebbutuhan dan kepentingan Anda. Anda juga bisa memilih opsi ekspedisi pos Indonesia dibanding yang lainnya karena harganya yang biasanya relatif lebih murah.

Baca juga: Nomor Telepon Call Center Customer Service Tiki 24 Jam Terbaru 2019

Pos Indonesia terus melakukan penyesuaian dalam perkembangan zaman dalam berbagai hal. Kini pos Indonesia juga memiliki situs resmi yang bisa diakses melalui smartphone yang Anda miliki. Banyak sekali kegunaan dari situs resmi tersebut, salah satunya adalah Anda bisa Mengecek Kiriman Pos Sudah Sampai atau belum dengan memasukan kode resi dalam kolom yang tersedia. Anda pasti pernah dong dalam beberapa kesempatan merasa cepas karena barang atau dokumen Anda yang diposkan oleh pihak tertentu tidak kunjung Anda terima. Atau sebaliknya Anda merasa khawatir barang yang Anda kirimkan tidak sampai ke tangan penerima. Sekarang Anda tidak perlu galau, kareta PT Pos Indonesia telah memfasilitasi Anda dengan halaman khusus yang bisa Anda pakai untuk memantau pengiriman barang Anda. Berikut ini adalah Cara Mengecek Kiriman Pos Sudah Sampai atau belum.

Cara Mengecek Kiriman Pos Sudah Sampai atau belum

Berikut ini adalah cara mengirim barang melalui pos Indonesia.
  • Tahap 1: cara mengirim barang lewat pos Indoensia yang pertama, silahkan Anda siapkan barang yang ingin Anda kirim, bungkus dengan memakai kerdus, lalu lapisi dengan styrofoam demi keamanan barang yang Anda kirim agar terbebas dari kerusakan hingga sampai ke tangan penerima.
  • Tahap kedua: silahkan Anda tuliskan nama dan alamat pengirim serta penerima sesuai dengan prosedurnya. Anda tuliskan identitas pengirim dan penerima di atas sisi yang berbeda pada kemasan barang yang ingin Anda kirim. Jangan lupa untuk menyertakan alamat selengkap mungkin dan juga nomor ponsel. Dengan membubuhkan nomor ponsel, sang kurir bisa langsung menghubungi si penerima atapun si pengirim ketika rumah sang penerima tidak kunjung ditemukan.
  • Tahap ketiga: Jika Anda sudah mengemas dan mencantumkan siapa pengirim dan penerimanaya, bisa langsung membawa barang yang ingin Anda kirim tersebut ke kantor pos Indonesia yang terdekat dengan tempa tinggal Anda. Banyak faktor yang menentukan harga pengiriman, antara lain jenis pos yang digunakan, jarak, pengiriman, dan berat barang yang dikirim. Kebijakan yang diberlakukan oleh pos Indonesia, jika barang kurang dari 1 kg akan dikenani biaya seharga pengiriman 1 kg. Biasanya pengiriman di atas 10 kg ketentuannya sudah tidak dihitung per kg lagi dan pembayarannya lebih murah.
Oh ya jika Anda belum sempat mengemas barang yang ingin Anda kirim, bisa juga meminta bantuan dari pos Indonesia untuk mengemas dengan membayar sejumlah uang. Begitu juga jika Anda ingin mengirim dokumen dan tidak membawa amplop, Anda juga bisa membeli langsung amplop dari pos Indonesia dan dibayar berbarengan dengan jasa kirim.

Cara Mengecek Kiriman Pos Sudah Sampai atau belum

Langkah-langkah yang Anda harus lakukan untuk mengecek kirimin pos sudah sampai atau belum sangatlah mudah. Anda hanyalah perlu mengakses website resmi pos Indonesia, baik itu melalui gadget maupun laptop yang Anda miliki. Beginilah cara mengecek keriman pos sudah sampai atau belum.
  • Langkah pertama silahkan Anda kunjungi website resmi pos Indonesia http://www.posindonesia.co.id/ atau untuk lebih mudahnya Anda tinggal mengetikan pos Indonesia di google. Website resmi pos Indonesia pasti akan muncul di daftar paling atas.
  • Selanjutnya slahkan Anda inputkan nomor resi pada kotak pencarian status yang terpampang di website resmi pos Indonesia. Nomor resi tersebut Anda dapatkan ketika mengantar barang ke kantor pos. Atau jika Anda yang menerima barang, Anda bisa tanyakan nomor resinya kepada pihak yang mengirim untuk mengecek sampai dimana barang yang dikirim melalui jasa pos tersebut.
  • Berikutnya silahkan Anda klik rombol cek resi yang terdapat di sebelah kanan.
  • Setelah itu, akan tampil di layar Anda berupa informasi mengenai posis barang atau status kiriman. Akan tertera kiriman tersebut sudah sampai kantos pos sebelah mana dan sudah diterima atau belum.
  • Setiap pengiriman memiliki nomor resi yang berbeda. Jika kalian ingin mengecek barang lainnya, slahkan Anda masukan kembali nomor resi yang berbeda.
Baca juga: Apa Itu JNE REG15 dan YES15 dan Berapa Hari Sampainya?
Demikianlah Cara Mengecek Kiriman Pos Sudah Sampai atau belum. Dengan memahami mudahnya cara cek pengiriman melalui nomor resi, mengirim barang apapun dan kemanapun menjadi terasa lebih aman. Pengecekan resi untuk melacak pengiriman barang tersebut bisa dlaukan dengan mudah oleh siapapun dan dari kalangan manapun. Barang untuk sang penerima akan sampai dengan selamat dengan media pos Indonesia.