Mood Artinya Apa ya ?

Mood Artinya Apa ya ? - Mungkin kamu sering mendengar banyak istilah asing di sosial media yang dicampurkan dengan bahasa Indonesia. Istilah-istilah tersebut biasanya digunakan ketika mereka membuat status atau menuliskan sesuatu di sosial media. Atau tulisan-tulisan tersebut biasanya ada di baju-baju anak zaman sekarang yang biasa menggunakan bahasa gaul. Ya, kita biasa menggunakan bahasa-bahasa asing itu dengan sebutan bahasa gaul. Karena bahasa-bahasa tersebut sebagian ada yang diambil dari serapan bahasa-bahasa lain. Yang biasa digunakan orang lain di luar negeri. Dan ketika kita tahu bahasa tersebut, kita bisa dibilang anak gaul. Istilah-istilah yang muncul ini juga seringkali digunakan di berbagai keadaan. Seperti misalnya sedang mengungkapkan sesuatu kepada teman atau ketika sedang curhat dengan teman.

Bahasa gaul anak muda dari zaman ke zaman berubah. Mereka seperti memiliki generasinya tersendiri, sehingga ketika menemukan sebuah kata baru dalam kamus bahasa gaul, mereka biasanya menggunakannya sesering mungkin dan di dalam hal apapun. Termasuk di Indonesia bahasa gaul sering masuk ke lagu-lagu dangdut dan menjadi lagu hits. Bahasa gaul memang dimiliki anak-anak muda dan menjadi keseruan sendiri ketika menggunakannya di sebuah percakapan. Dan bahasa gaul ini memang mudah sekali menyebar di kalangan anak muda. Dan setiap tingkatan usia biasanya juga memiliki kekhasan bahasa gaulnya tersendiri. Seperti misalnya bahasa gaul anak SMP akan berbeda dengan bahasa gaul anak SMA. Dan bahasa gaul anak SMA akan berbeda dengan bahasa gaul anak kuliahan. Begitupun yang lainnya.


Baca Juga : Download Aplikasi Raport K13 SD Versi Terbaru 2018/2019

Dan pada kesempatan kali ini kami akan membahas satu bahasa gaul yang sering diucapkan anak-anak muda. Yaitu mood. Mood artinya apa ya? Mungkin kamu sering mengatakannya tapi tidak tahu secara betul apa artinya. Dan lucunya, kebanyakan orang mengatakan istilah ini tanpa mengetahui arti dari kata tersebut. Mereka biasanya ikut-ikutan saja karena mungkin teman atau orang sekitar mereka mengatakan hal serupa. Sehingga, kadangkala penempatan penggunaan kata tersebut pun salah. Maka dari itu, kamu jangan sampai menjadi orang seperti itu. Kamu harus tahu arti dari mood itu apa. Sehingga nantinya ketika kamu mengatakan hal itu pada orang lain kamu tidak akan malu sendiri dan bisa menempatkannya dengan benar.

Sebut saja fenomena bahasa anak Jakarta Selatan yang sebelumnya sempat fenomenal karena mereka sering mencampurkan bahasa Inggri dan bahasa Indonesia dalam bahasa keseharian mereka. Istilah-istilah bahasa Inggris mereka ambil secukupnya kemudian diterapkan dalam ucapan mereka sehari-hari. Hal itu menjadi fenomena yang cukup menarik. Karena ada juga dari ucapan mereka yang menggunakan bahasa Indonesia campur inggris, dimana penempatan bahasa Inggris tersebut tidak terlalu tepat. Jadi, jika kamu adalah satu satu anak Jakarta Selatan yang sudah biasa mencampur bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, pastikan untuk menempatkan setiap kata bahasa Inggris tersebut dengan benar. Sehingga tidak terkesan kamu terlihat hanya ikut-ikutan saja. Dan kembali ke topik awal kita akan membahas tentang Mood itu apa ya? Berikut adalah penjelasan kami.

Mood Artinya Apa ya ?

Kata mood ini seringkali digunakan oleh orang Indonesia. Biasanya istilah ini digunakan ketika kamu mengatakan sesuatu hal yang bikin kamu males. Ungkapannya biasanya seperti ini " aku sedang badmood", "aku sedang tidak mood", "Aku sedang gak mood makan", "dia itu seorang moodbooster", dan lain sebagainya. Kata-kata ini sering sekali kita temukan dan diucapkan. Hal ini tentu saja tidak terlalu memusingkan cara penggunaannya bagi orang yang sudah faham apa itu arti mood. Tetapi mungkin dari sebagian orang tidak faham apa itu artinya mood. Bahasa apa itu? Dan lain sebagainya. Dengan begitu kita harus tahu makna mood yang sebenarnya.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia, mood adalah sebuah kata benda. Yang artinya suatu keadaan jiwa, atau susasana hati. Seperti contohnya He's in a bad mood (dia sedang murung hatinya). Dan mood ini merupakan kata serapan dari bahasa Inggris. Biasanya mood ini sering memiliki kata awalan atau akhiran. Seperti misalnya bad mood. Bad mood sendiri artinya adalah keadaan jiwa sedang jelek. Atau bahasa singkatnya sedang bete. Dan bete ini juga merupakan singkatan yang artinya Boring Time, Boring Today, Boring Total, Bosan Total, atau Bad Tempered. Kata Bete ini populer sejak tahun 2000an. Dan kembali populer pada tahun 2008 saat seorang solois bernama Dewiq membuat judul lagu berjudu Bete...Bete..Bete..Ah.

Berbicara mengenai Mood adalah berbicara tentang suasana hati. Biasanya mood itu ada mood baik (good mood) dan mood jelek (bad mood). Sehingga ketika seseorang suasana hatinya sedang tidak bagus, ia biasa mengatakan "lagi gak mood nih". Dan memang setiap orang memiliki mood yang berubah-ubah. Dan ada fakta menarik yang harus kamu tahu tentang mood ini. Berikut adalah faktanya :

  • Mood itu Menular

Mungkin kamu pernah menemukan satu teman yang sedang bad mood, dan kamu tiba-tiba juga jadi bad mood. Jangan heran, karena sebenarnya mood itu menular. Hal ini diteliti oleh sebuah universitas Warwick, yang menyimpulkan penelitian bahwa suasana hati seseorang itu sangat menular. Sehingga ketika kamu dikelilingi orang yang ceria, suasana hati kamu juga akan ikut ceria. Tetapi jika sebaliknya, suasana hati kamu juga akan seperti itu. Ada studi lain yang menemukan bahwa mimik waja seseorang, seperti misalnya senyum atau cemberut bisa juga memicu reaksi otak seseorang untuk secara langsung menafsirkan wajah kamu sebagai perasaan kamu saat itu.

  • Cuaca Mempengaruhi Mood

Kamu mungkin pernah merasakan hal ketika cuaca terlalu panas, mood kamu tiba-tiba berubah dari asalnya ceria menjadi tidak begitu bersemangat. Itulah kenapa cuaca merubah mood kita dengan mudah. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian dari para psikolog. Mereka mengatakan bahwa cuaca cerah berkaitan dengan mood yang riang, dan membuat daya ingat kamu menjadi lebih baik. Selain itu, ketika hari cerah, fikiran kita juga menjadi lebih terbuka. Dengan cuaca yang cerah, orang bisa memiliki banyak waktu produktif di luar. Seperti misalnya melakukan sebuah pekerjaan, atau untuk sekedar jalan-jalan bersama teman.

  • Coklat Membuat  Mood Lebih Baik

Mungkin kamu sering mendengar hal ini bahwa coklat bisa buat mood kita menjadi lebih baik. Sebenarnya hal ini memang benar untuk sebagian orang. Karena di dalam sebatang coklat ada kandungan antioksidan dan senyawa pembangkit mood. Untuk jenisnya, coklat hitam memiliki kandungan lebih besar dibandingkan coklat lainnya. Karena kandungan gula dalam coklat hitam lebih rendah, sehingga ketika makan coklat hitam kamu gak usah takut gemuk.


  • Musik Membuat Lebih Tenang

Musik memang obat mood paling menyenangkan. Karena biasanya dengan mendengarkan musik yang kita sukai saja, melupakan hal-hal yang bikin kita suntuh akan membuat mood kita menjadi kembali bagus. Mendengarkan musik akan memberikan dopamin yang baik kedalam otak kita sehingga otak kita bisa melupakan hal-hal yang membuat kita kesal. Sehingga mendengarkan musik apalagi dengan menggunakan headsheet sambil jalan-jalan atau naik kendaraan umum itu adalah hal yang akan membuat kita menjadi lebih tenang. Atau bahkan kita juga bisa ikut menyanyi untuk menghilangkan penat, di karaoke atau di kamar.


  • Mengembalikan Mood Dengan Olahraga

Duduk terlalu lama di kamar juga akan membuat kita punya bad mood. Terlalu lama duduk akan membuat suasana hati kita menjadi buruk. Sehingga untuk mengatasi hal tersebut kamu harus bergerak atau bahkan berolahraga. Jika tidak terbiasa dengan olahraga, mulalah dengan melakukan aktifitas ringan seperti jalan kaki, jogging, sepedahan 20-30 menit perhari. Sehingga tubuh kamu akan lebih segar dan mood kamu akan menjadi bagus.

Baca Juga : Ukuran KTP dan E-KTP Indonesia dalam cm, mm, inch

Itulah beberapa informasi dan penjelasan tentang mood artinya apa ya? Dengan begitu kamu bisa tahu penempatan kata ini dengan tepat. Dan kami juga sedikit menjelaskan tentang cara mengatasi mood yang baik dan benar. Sehingga ketika suasana hati kamu tidak bagus, kamu bisa atasi hal tersebut dengan mudah. Pilih saja yang menurut kamu paling mudah dilakukan. Karena cara-cara tersebut sangat membantu orang untuk mengembalikan mood mereka. Dan pastikan untuk mengetahui arti setiap istilah gaul yang kamu gunakan. Karena jika tidak, kamu bisa ditertawakan nantinya kalau ternyata ketahuan salah. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga kosakata kamu bisa bertambah dan bisa menggunakan kata-kata mood dengan kalmat yang tepat.