1 Liter berapa Kg (Liter ke Kilogram) ?

1 Liter berapa KG (Liter ke Kilogram) ? - Matematika dalam pendidikan formal adalah salah satu pelajaran yang wajib dipelajari hingga tingkat SMA. Sebagian juga bahkan mengambilnya di perguruan tinggi. Dan Matematika ini menjadi salah satu mata pelajaran yang mendapatkan wajib ujian negara, bahkan di perguruan tinggi untuk ujian biasanya ada matematika, dan juga ketika tes CPNS, matematika sangatlah dibutuhkan. Mengapa matematika menjadi penting? Karena sebenarnya matematika tidak hanya berkaitan dengan angka dan rumus. Mempelajari matematika juga mengajarkan kita untuk berfikir lebih logis, kritis, analisis, sistematis dan kreatif. Itulah kenapa matematika selalu dipelajari disetiap jenjang pendidikan. Jika kita belajar matematika, secara otomatis otak kita akan mudah memecahkan masalah dalam kehidupan ini secara sistematis. Belajar matematika juga melatih kesabaran karena butuh proses panjang untuk bisa mengerti matematika.

Dalam kehidupan sehari-hari kita seringkali berhadapan dengan yang namanya matematika. Meskipun matematika di lapangan tidak sesulit matematika ketika di kelas. Biasanya kita hanya harus menghitung dengan penjumlahan, pengurangan, ataupun pembagian. Pada umumnya rumus-rumus matematika yang sulit tidak banyak digunakan. Sehingga, belajar dasar matematika adalah hal terpenting agar kita bisa menyesuaikan diri ketika di lapangan. Karena jika kamu nanti menjadi pedagang, kalau tidak bisa menghitung bisa jadi kamu akan kena tipu dan usahamu akan bangkrut karena tidak bisa menghitung. Meskipun hari ini kita sudah banyak di bantu dengan teknologi seperti misalnya kalkulator, tetapi alat bantu hitung tersebut terkadang kita lupa membawanya, sehingga pengetahuan sederhana tentang hitungan sangatlah penting.




Baca Juga : Daftar Kode Redeem Free Fire 2019

Matematika membantu kita dalam banyak hal terutama keuangan. Dulu mungkin kita pernah belajar akuntansi yag merupakan proses pengumpulan data keuangan untuk membuat keputusan. Dengan matematika kita bisa mengaplikasikan hal-hal berkaitan dengan keuangan tersebut seperti misalnya pembatasan dalam membelanjakan uang. Kita bisa lebih tahu yang namanya keuntungan. Jika kita beli barang A dengan harga lebih murah tapi kualitas bagus, kita tidak akan pernah memilih barang B dengan harga mahal dan kualitas sama.

Salah satu hal yang matematika sering ajarkan ke kita adalah tentang hitungan berat. Hitungan berat dan ukuran dalam matematika sangatlah penting. Kita akan selalu menemukan hitungan tersebut dalam kehidupan kita. Misalnya kita disuruh ibu membeli beras ke pasar, setelah di pasar kita akan ditanya berapa kilo kita akan beli beras tersebut. Kemudian penjual akan memberitahu kita harga beras perkilonya berapa. Dengan begitu, jika kita beli beras dua kilo maka kita akan tahu betapa beras yang akan kita bayar. Nah, jika kamu belajar matematika maka rumus-rumus dasar seperti itu pasti sudah diluar kepala. Dan untuk penjual beras, biasanya ada dari mereka yang menjual berasnya perkilo atau perliter. Mungkin kamu akan kebingungan, karena ibumu di rumah menyuruhmu beli beras satu kilogram, sementara penjual beras tersebut menjual berasnya dengan ukuran liter. Apakah satu kilogram beras sama dengan satu liter beras? Dan sebenarnya 1 liter berapa Kg (liter ke kilogram) ?

1 Liter berapa KG (Liter ke Kilogram) ?

Untuk menjawab permasalahan tersebut, kami akan sedikit menjelaskan tentang dasar satuan ukuran dalam matematika. Agar kamu tahu 1 liter berapa Kg?. Perlu kamu tahu kalau liter itu bukanlah satuan volume dalam sistem internasional (SI), meskipun begitu, satuan volume ini biasa digunakan di Indonesia. Simbol untuk satuan untuk liter adalah l (Dengan huruf kecil), Dalam sistem internasional liter ini diturunkan dari satuan panjang. Satuan untuk volume dalam SI adalah meter kubik (m3), ada juga decbimeter kubik (dm3), centimeter kubik (cm3), dan milimeter kubik (mm3b). Satuan konversi liter SI berbasis meter kubik adalah sebagai berikut :

  • 1 liter = 0,001 m3
  • 1 liter = 1 dm3
  • 1 liter = 1.000 cm3 = 1.000 cc
  • 1 liter = 106 mm3
  • 1 m3 = 1.000 liter
  • 1 dm3 = 1 liter
  • 1 cm3 = 0,001 liter
  • 1 mm3 = 10-6 liter

Sedangkan konversi dari liter ke liter lain adalah sebagai berikut :

  • 1 liter = 1.000 ml ( milliliter )
  • 1 liter = 100 cl ( centiliter )
  • 1 liter = 10 dl ( deciliter )

Selanjutnya kita juga harus tahu apa itu satuan kilogram. Satuan kilogram merupakan satuan berat. Dengan simbol Kg. Berdasarkan turunannya, satuan berat dari Kilogram itu adalah gram. Satuan masa dari turunan Kg adalah miligram, centigram, decigram, dan seterusnya. Untuk satuan berat kilogram dalam satuan internasional adalah saebagai berikut :

  • 1 kg = 106 mg ( milligram )
  • 1 kg = 105 cg ( centigram )
  • 1 kg = 104 dg ( decigram )
  • 1 kg = 1.000 g ( gram )
  • 1 kg = 100 dag ( decagram )
  • 1 kg = 10 hg ( hectogram )
  • 1 kg = 10 – 6 ton
Selanjutnya kita juga harus tahu yang namanya massa jenis, karena satuan dari kilogram dan liter itu berbeda. Liter merupakan satuan volume sedangkan kilogram adalah satuan berat. Maka dari itu keduanya tidak bisa secara langsung di konversikan. Sehingga untuk mengubah volume ke massa dibutuhkan besaran lain yaitu massa jenis atau densitas.

Untuk mengkonversi besaran volume ke massa rumusnya adalah sebagai berikut : massa = massa jenis x volume. Jadi satu liter itu sama beratnya dengan 1 kg.

Baca Juga : Cek Profil PNS di BKN Terbaru 2019

Itulah jawaban 1 liter berapa Kg (liter ke kilogram) ? dengan begitu kamu tahu jika beli beras satu liter itu kamu dapat berapa kilogram. Hitungan liter biasa digunakan pada benda-benda cair, seperti minyak, air, dan lain sebagainya. Tetapi di Indonesia, sebagian daerah biasanya juga mengukur beras dengan menggunakan liter. Dan mungkin bagi sbagian orang itu sedikit membingungka. Maka dari itu  kita harus tahu bagaimana menghitung liter dan kilogram, sementara jenis ukuran mereka adalah berbeda. Jika liter adalah satuan volume, maka kilogram adalah satuan berat. Keduanya tidak bisa dihitung secara bersamaan. SEhingga rumus di atas adalah cara yang paling tepat untuk mengetahui besaran hasilnya.

Jika kamu tahu rumus seperti ini, kamu tidak akan pernah tertipu oleh orang yang menjual beras kiloan dan beras literan. Karena harganya seharunya berbeda ketika kedua beratnya juga berbeda jumlah. Sebenarnya satu liter itu kurang dari satu kilogram. Maka kamu harus hati-hati jika ada orang yang menjual beras dengan harga yang sama dalam satu liter dan satu kilogram. Karena jelas-jelas ukurannya juga berbeda. Itulah pentingnya belajar matematika sederhana. Kamu harus selalu menghadapi apa yang namanya hitungan-hitungan yang sifatnya berbeda seperti ini. Sehingga tidak akan ada yang membodohi kamu jika kamu pintar dalam hitungan. Meskipun belajar matematika sulit, tetapi dengan pengaplikasian sesering mungkin akan membuatmu semakin faham. Karena sebuah ilmu itu akan lebih mudah difahami ketika ia dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin ketika di kelas kamu akan kebingungan karena yang diajari guru hanya soal yang berupa angka-angka. Tetapi dengan praktek di lapangan kamu akan lebih faham bagaimana rumus yang diajarkan di sekolah itu bekerja. Itulah penjelasan yang bisa kami berikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu.