Cara Upgrade OS Android ke Versi Terbaru 2019 [Gampang BANGET]

Cara Upgrade OS Android ke Versi Terbaru 2019 - Siapa sih yang tidak kenal dengan benda super sakti bernama android di zaman now ini. Kehadiran ponsel berbasis android beberapa tahun silam telah membuah nokia yang saat itu merajai kualitas harus gulung tikar karena enggan untuk bertransformasi ke versi android yang saat itu mulai dilirik oleh para pengguna ponsel. Android juga berhasil menggeser nama besar blackberry yang beberapa tahun sempat mencuri perhatian para pengguna ponsel dengan BBM yang menjadi daya tariknya. OS android pada permulaannya memang tidak secanggih sekarang, hanya saja dia sudah memiliki kualitas lebih tinggi dibanding jenis ponsel sebelumnya. Operation system android terus ditingkatkan dari waktu ke waktu yang tentunya semakin tinggi tingkat dari OS tersebut semakin hebat juga kemampuan yang dimilikinya.

Kini nyaris gak ada seorang pun yang bisa menolak kehadiran android, karena dengan memilikinya bukan sebagai sebuah kemewahan namun sebuah kebutuhan. Anda kaum akademika, pengusaha atau pekerjaan apapun itu bahkan yang mungkin tidak bekerja sama sekali tidak bisa lepas dari android. Harus diakui bahwa kehadiran ponsel yang dibekali sistem android dalam banyak hal memudahkan manusia dalam menunaikan berbagai kepentingannya. Android dengan berbagai aplikasi yang hanya tinggal download di play store nyaris menggantikan semua kegiatan yang dulu hanya bisa dilakukan menggunakan benda sekelas komputer. Apabila Anda mengikuti perkembangan android, sudah banyak sekali peningkatan sistem operasi yang dilakukannya. Peningkatan sistem operasi ini sudah barang tentu dibarengi dengan peningkatan kemampuan yang dimiliki oleh android yang dijalankan dengan sistem tersebut. Memang smartphone android biasanya sudah dibekali dengan sistem operasi tertentu, hanya saja jika Anda ingin meningkatkan ke sistem operasi yang lebih tinggi juga bisa. Lantas gimana Cara Upgrade OS Android ?

Android Orea adalah sistem operasi terbaru yang dimiliki oleh android setelah sebelumnya juga muncul nama Android Nougat, Marshmallow, Lollipop, Kitkat, dan Jelly Bean. Memang setiap ponsel android dibekali dengan sistem operasi yang berbeda-beda, walaupun bisa diupgrade ke sistem operasi yang lebih tinggi, namun tidak semuanya. Masalahnya sangat menggiurkan sih mengupgrade android ke versi terbaru, karena dengan demikian Anda akan memiliki kemampuan untuk mengakses fitur terbaru juga. Untuk Anda yang lagi mencari informasi mengenai Cara Upgrade OS Android ke Versi Terbaru, berikut ini adalah ulasannya.


Cara Upgrade OS Android ke Versi Terbaru 2019

Ada tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk upgrade OS android ke versi terbaru.

1. Upgrade OS Android melalui Over the Air (OTA)

Bagi Anda yang ingin upgrade OS android ke versi terbaru bisa menggunakan cara yang sati ini. berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda tenpuh untuk men-upgrade OS android ke versi terbaru memakai OTA.
  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menghubungkan android yang Anda miliki dengan perangkat wifi dengan tujuan agar paket data Anda gak boros. Dengan bantuan wifi inilah, melalui ponsel yang Anda miliki akan mendownload sistem operasi yang lebih besar.
  • Berikutnya silahkan Anda klik menu pengaturan di smartphone. Tentu saja bukan hal yang sulit menemukan menu tersebut, Anda hanya perlu mengklik ikon roda gigi.
  • Silahkan Anda scroll ke bawah dan pilih “about device/ tentang perangkat”. Keberadaan menu tersebut tentu saja setiap smartphone berbeda-beda, silahkan Anda sesuaikan saja dengan smartphone yang Anda miliki.
  • Sekarang saatnya Anda klik “update”. Setelah itu Anda akan menemukan tulisan “software update/ pembaharuan perangkat lunak” atau “system firmware update”.
  • Lalu klik “check for update/ periksa pembaharuan. Dengan demikian perngkat yang Anda miliki akan bekerja mencari pembaharuan sistem operasi yang support di ponsel Anda.
  • Langkah selanjutnya silahkan Anda pilih “update”, jika memang pembaharuan sistem tersedia di ponsel yang Anda miliki.
  • Lalu silahkan Kamu klik “install”. Dengan demikian smartphone Anda akan mulai melaksanakan perintah untuk mengunduh dan memasang OS android terbaru yang tersedia.
  • Anda hanya perlu menunggu beberapa saat hingga proses intalasi selesai. setelah selesai, perangkat Anda akan restart secara otomatis. Ponsel Anda hidup kembali sudah dibekali dengan OS android terbaru dan fitur terbaru yang segera bisa Anda nikmati.
Cara yang satu ini banyak orang menganggap sebagai cara upgrade OS abdoid ke versi terbaru yang paling mudah dan memiliki langkah-langkah yangsederhana.

Baca juga : Cara Merubah Jaringan 3G ke 4G LTE di Semua Tipe HP Android

2. Upgrade OS Android menggunakan Komputer

Selain cara di atas, ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk upgrade OS android ke versi terbaru yaitu dengan menggunakan komputer. Berikut ini adalah cara upgrade OS android ke versi terbaru dengan memakai bantuan komputer.
  • Langkah pertama silahkan Anda kunjungi website resmi dari produsen ponsel android yang Anda miliki. Biasanya website resmi dicantumkan dalam buku garansi atau buku panduan ponsel pada saat pembelian. Ketika Anda sudah berhasil memasuki website resminya, silahkan Kamu klik “support/ halaman dukungan” dan juga “halaman download”. Di sini Kamu akan diminta untuk mengisi informasi mengenai perangkat smartphone yang Kamu miliki sebagai upaya untuk mengakses pembaharuan OS android.
  • Berikutnya silahkan Anda unduh dan jangan lupa untuk langsung install software “device management”. Memang sih nama dan fungsi perangkat tersebut tidak sama persis di semua perangkat android, hal ini tergantung pada si pembuat ponsel tersebut.
  • Lalu silahkan Kamu kembali ke halaman utama website resmi produsen, lalu kembali ke halaman support dan download.
  • Nah silahkan Anda cari terlebih dahulu jenis pembahasuan OS android yang tersedia. Nah file pembaharuan tersebut bisa Anda download dan Anda install menggunakan software “device management” yang sudah dijelaskan di langkah sebelumnya, dimana software tersebut harus Anda download.
  • Langkah selanjutnya silahkan Anda hubungkan perangkat android yang Anda miliki ke komputer denan menggunakan kabel data.
  • Lalu silahkan anda buka software device management pada komputer.
  • Sekarang saatnya cari perintah update yang biasanya terletak pada bagian menu drop down bagian atas.
  • Silahkan Anda klik perintah update, dengan demikian proses upgrade OS android ke versi terbaru akan segera dimulai. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk yang tertera pada layar komputer hingga proses upgrade android ke versi terbaru berhasil Anda lakukan.
3. Upgrade OS Android dengan Rooting ROM

Apabila Anda ingin melakukan upgrade OS android ke versi terbaru dengan cara rooting ROM disarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu perangkat android Anda. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan semua file ataupun data yang pernah ada di perangkat android Anda. Setiap perangkat android memiliki cara rooting yang berbeda-beda. Rooting yang dilakukan secara illegal atau tanpa izin dari produsen smartphone terkait akan berdampak pada batalnya pemberian garansi yang diberikan oleh produsen ponsel kepada konsumen yang sudah mengkonsumsi produknya, termasuk Anda. Bagi Anda yang tertatik menggunakan cara rooting ROM untuk upgrade OS android ke versi terbaru, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda tempuh.
  • Rooting adalah sebuah proses yang membutuhkan bantuan software. Nah tugas Anda adalah mencari dan menemukan software yang cocok untuk meroot ponsel android yang Anda miliki. Kamu bisa searching di google untuk menemukan jawaban mengenai jenis software rooting yang tepat untuk jenis smartphone android yang Anda kantongi.
  • Jika sudah menemukan software tersebut, silahkan Anda unduh dan ikuti petunjuk yang tertera di layar, lalu pasanglah software tersebut di
  • Berikutnya silahkan Anda sambungkan perangkat android dengan perangkat komputer menggunakan kabel data atau USB.
  • Kemudian silahkan buka software rooting di komputer atau laptop yang tadi Anda gunakan untuk mndownload dan menyimpan sofware rooting.
  • Silahkan mulai proses rooting, Anda hanya perlu mengikuti petunjuk yang tertera di layar hingga tuntas.
  • Jika software rooting yang Anda download tidak mengeluarkan instruksi, Anda tida perlu panik. Anda masih bisa melanjutkan rooting dengan searching terlebih dahulu tutorial root smartphone android Anda.
  • Terakhir silahkan Anda restart perangkat android Anda, maka secara otomatis ponsel Anda akan dijalankan dengan OS android yang baru ketika kembali hidup.
Baca juga : Telkomsel Finder - Melacak Lokasi Seseorang Melalui Nomor HP Telkomsel
Demikianlah CaraUpgrade OS Android ke Versi Terbaru. Anda yang berkeinginan untuk upgrade android Anda ke OS terbaru bisa langsung mencoba salah satu dari 3 cara upgrade OS Android ke versi terbaru yang tersaji di atas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!