Wifi Tidak Terdeteksi di Laptop? Ini Penyebab dan Cara Mengatasi

Wifi Tidak Terdeteksi di Laptop? Ini Penyebab dan Cara Mengatasi - Sebelum marak dipakai untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang serba aplikasi di smaprtphone seperti chatting, internet lebih dulu buming digunakan di perangkat komputer dan laptop. Kamu yang pernah atau masih berkecimpung di dunia akademik pastinya pernaah ngerasa tergantung banget dengan yang namanya laptop. Biasanya Kamu gunakan untuk mengetik berbagai tugas kuliah. Di Kampus yang biasanya bebas wifi hanya dengan memasukan Nomor Induk mahasiswa dan password, tentu saja juga membuat Kamu sering menikmati internet gratis Kampus untuk kepenting searching bahan tugas ataupun download berbagai file. Akan sangat memusingkan jika wifi tidak bisa tersambung ke laptop yang Kamu miliki.

Kamu tentu saja bukan satu-satunya orang yang mengalami hal demikian. Karena tidak tersambungnya laptop dengan wifi merupakan sebuah masalah teknis. Kamu mungkin saja melakukan hal yang awal untuk mengatasi kendala tersebut, misalnya dengan berusaha menghidupkan dan mematikan jaringan wifi secara berulang-ulang atau merestart laptop kamu terlebih dahulu. Mungkin kebanyakan dari Kamu juga banyak yang tidak mengetahui apa sebenarnya yang menjadi alasan wifi tidak konek ke laptop. Kamu yang pernah atau sering mengalami hal demikian, bisa menemukan jawabannya dalam artikel ini. Berikut ini adalah penyebab dan cara mengatasi Wifi Tidak Terdeteksi di Laptop.

Penyebab dan Cara Mengatasi Wifi Tidak Terdeteksi di Laptop

Pada dasarnya ketika wifi tidak bisa tersambung dengan laptop Kamu permasalannya tidak pasti dimiliki oleh laptop Kamu saja, bisa saja karena jaringan wifi yang lagi trouble. Banyak faktor deh yang bikin wifi gagal tersambung ke laptop. Faktor yang berbeda-beda itu juga mendatangkan solusi yang berbeda-beda dalam mengatasinya. Oleh sebab itu alangkah baiknya Kamu tahu atau bisa mendiagnosa penyebab laptop Kamu tidak bisa tersambung dengan wifi, dengan demikian Kamu bisa mengambil langkah yang tepat untuk mengatasinya.

Baca Juga : Cara Menggunakan Wifikill Tanpa Root, Aplikasi Pemutus Wifi di Android
  • Modem Wifi Mati dan Bermasalah
Jika mengalami kendala wifi tida k bisa tersambung dengan laptop dan kebetulan itu wifi punya sendiri, Kamu bisa cek langsung tombol modem wifinya. Barang Kali Kmau lupa menghidupkan tombol wifi tersebut, dan jika tombol wifi masih dalam keadaan off solusinya tidak Kamu tekan saja tombol wifi tersebut menuju on. Jika Kamu cek tombol wifi dalam keadaan hidup, bisa jadi masalahnya masih terdapat pada perangkat wifi, yakni di bagian router wifi. Untuk itu coba Kamu kembali setting pada router dan restart routernya. Lain halnya jika Kamu sebagai mahasiswa yang hanya memanfaatkan fasilitas wifi dari Kampus, mungkin Kamu tidak punya wewenang untuk mengecek modem wifi sejauh itu. Solusinya bisa Kamu tanyakan ke orang sebelah atau ke teman Kamu yang sama-sama lagi pedang laptop, jika memang laptop mereka juga gagal tersambung dengan hotspot wifi dapat dipastikan jika masalah berada dalam wifinya. Mungkin saja wifi Kampus sedang mengalami gangguan dan dalam perbaikan sehingga tidak dapat digunakan secara maksimal. Lain halnya jika pengguna lain lancar-lancar saja memakai wifi di laptop, kemungkinan besar masalahnya ada pada perangkat laptop Kamu.
  • Terlalu Banyak Perangkat
Penyebab lain laptop Kmau tida bisa tersambung dengan wifi bisa jadi karena terlalu banyaknya perangkat yang mengakses wifi tersebut. Wifi gratis kan memang banyak yang membiri guys dan hal ini bisa bikin Kamu mendapatkan jaringan yang lemot di laptop atau bahkan gagal tersambung sama sekali. Sebenarnya ada cara untuk memutuskan perangkat orang lain dengan jaringan wifi, sehingga Kmau bisa akses wifi lebih bebas dan lancar, tapi tentu saja hal itu kurang fire kn guys jika dilaukan tanpa alasan yang jelas. Solusi mudahnya Kamu bisa nunggu beberapa saat hingga pengguna wifi surut atau nyari fasilitas wifi di tempat lain yang terlihat pengaksesnya tidak terlalu banyak. Jika masih tetap sama, mungkin masalahnya bukan di situ.
  • Masalah pada Laptop
Jika laptop Kamu tida berhasil terkoneksi dengan hotspot wifi tidak menutup kemungkinan masalahnya ada pada laptop Kamu guys. Masalah di laptop yang menyebabkan wifi tida bisa tersambung ini cukup beragam, salah satunya karena laptop dalam mode airplane. Sama halnya dengan di smartphone, dengan diatifkannya mode penerbangkan sampai kapanpun tidak akan pernah bisa menerima sinyal wifi. Solusinya Kmau bisa cek langsung mode laptop Kamu, dan jika benar berada dalam mode airplane langsung saja Kamu ubah menjadi mode normal. Alasan lainnya bisa jadi karena laptop Kamu tidak support hotspot wifi yang tersedia, sehingga menyebabkan gagal tersambung dengan jaringan. Berarti Kmau harus cari wifi yang cocok dengan jaringan yang tersedia di laptop Kamu, karena sudah ada ketentuan sendiri untuk standar nirkabel jaringan guys.
  • Masalah lain
Penyebab laptop tidak bisa tersambung dengan jaringan wifi ternyata tidak hanya terdapat di laptop atau wifinya saja guys, faktor ketiga bisa jadi penyebabnya. Misalnya saja administrator selaku pengelola jaringan wifi yang Kamu akses telah memblokir IP Kamu. Misalnya ketika dulu kamu mahasiswa di sebuah universitas yang bebas mengakses wifi dengan NIM yang Kamu miliki, beberapa tahun kemudian setelah lulus dari universitas tersebut Kamu masih menggunakan NIM untuk mengakses wifi di Kampus tersebut dan kemudian gagal, hal itu karena butuh password untuk bisa menikmati jaringan wifi tersebut dan Kamu bukan termasuk orang yang hak menikmatinya. Hal kecil lainnya ketika Kamu menyewa akses wifi di temoat tertentu dalam durasi waktu tertentu. Kamu akan dikasih alamat IP dan pada durasi yang ditentukan, hotspot wifi akan terputus dengan laptop Kamu karena dimatikan oleh administrator.

Wifi Tidak Terdeteksi di Laptop? Ini Penyebab dan Cara Mengatasi
Cara kongkret untuk mengecek perangkat laptop Kamu yang tidak bisa tersambung dengan wifi adalah sebagai berikut.
  • Silahkan Kamu klik “start program” di laptop Kamu, lalu pilih “control panel”.
  • Berikutnya silahkan Kmau klik “network and internet”.
  • Lalu klik “network and sharing center”.
  • Kemudian Kamu klik “manage wireless networks”, Kamu akan dibawa pada beberapa cache wifi yang pernah kamu akses. Nah silahkan kamu hapus semua cache wifi tersebut. Menumpuknya cache di laptop bisa menjadi penyebab wifi tida bisa terkoneksi dengan laptop Kamu.
Baca Juga: Tips Cara Setting Indosat Super Wifi Terbaru

Itulah sekelumit informasi mengenai penyebab dan solusi Wifi Tidak Terdeteksi di Laptop. Semoga bermanfaat!