Ukuran Kertas HVS A4, F4, Legal, Folio dll Lengkap

Ukuran Kertas HVS A4, F4, Legal, Folio dll Lengkap - Kertas yang mungkin saja kita kenal sebagai benda gak berguna-berguna amat ternyata jika dipelaji lebih jauh, di dalamnya terdapat banyak pengetahuan guys. Kertas merupakan lembaran tipis yang dibikin dari kayu yang kuat dan bisa dilipat sesukamu. Kertas memiliki banyak jenis dan ukuran yang sangat berpengaruh terhadap hasil pencetakan gambar atau print. Oleh karena itu, Kamu harus paham kertas seperti apa yang kamu gunaan sebelum mulai mencetak supaya hasilnya bisa maksimal.

Bukankah kita sering banget mendengar istilah kertas HVS, kertas folio, quartp dan lain sebagainya? Penggunaan kertas yang paling disadari adalah ketika Kamu akan ngprint atau fotocopy sesuatu di tempat fotocopy, pastinya Kamu menggunakan kertas dalam ukuran tertentu. Bahkan untuk tugas kuliah tertentu tak jarang sudah ada ketentuan tersendiri mengenai jenis kertas yang digunakannya. HVS adalah jenis kertas yang sangat akrab dengan di telinga banyak orang, namun saya yakin hanya segelintir orang saja yang tahu jika HVS adalah sebuah singkatan dalam bahasa Belanda yang merupakan kepanjangan dari Hout Vrij Schrijfpapier. Dalam bahasa Indonesia, HVS bisa diartikan sebagai kertas tulis tak berserat. Jadi, dalam hal ini HVS bukanlah sebuah ukuran kertas, melainkan jenis kertas.

Ukuran Kertas HVS A4, F4, Legal, Folio Lengkap


HVS adalah jenis kertas yang memiliki warna putih bersih serta memiliki kualitas yang tinggi. Adapun ukuran kertas HVS yang sering dipakai di indonesia untuk melakukan cetak dokumen adalah HVS seri F4. Tentu saja Kamu tidak akan menemukan ukuran F4 di dalam microsoft word. Nah kamu harus mengatur sendiri agar kertas dan yang akan dicetak bisa cocok. Untuk itu Kamu harus tahu berapa ukuran standar yang dimiliki oleh kertas HVS bertipe F4. Selain F4, A4 adalah tipe kertas HVS yang juga banyak digunakan untuk kepentingan percetakan tugas laporan. Ukuran Kertas HVS A4, F4, Legal dan Folio jelas berbeda dan ada peruntukannya sendiri.

Sebenarnya setiap negara memiliki standarisasi kertas tersendiri guys, seperti halnya kertas F4 yang banyak digunakan di Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Namun tahukah Kamu jika kertas bertipe F4 ini jarang bahkan tidak digunakan dari Negara Eropa dan Amerika. Walaupun demikian, tetap saja ada ukuran standar yang dibuat yang menjadi patokan ileh banyak negara di dunia untuk menunjak kegiatan pencetakan baik itu dalam bentuk gambar maupun dokumen. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah Ukuran Kertas HVS A4, F4, Legal, Folio dll.

Ukuran kertas yang disepakati oleh dunia internasional adalah standar kertas ukuran ISO dan ANSI. ISO merypakan kepanjangan dari International Organization for Standarization yang merupakan ukuran kertas yang dibuat oleh lembaga standarisasi internasional dan dijadikan pegangan oleh banyak negara. Kertas Seri A dibikin dengan standar negara Jerman dan banyak digunakan di perkantoran, penerbitan buku dan kepentingan penting lainnya. Adapun seri B biasanya digunakan untuk kepentingan pemcetakan poster dan lukisan. Sementara kertas berseri C biasa dimanfatkan untuk pembuatan amplop, peta dan hal lainnya yang sejenis. Berbeda dengan kertas seri R yang banyak sudah familiar dikalangan banyak orang untuk kepentingan mencetak foto. Berikut ini adalah ukuran kertas yang sudah ditetapkan oleh ISO.
  • A0 memiliki ukuran kertas 84.1 cm x 118.9 cm, atau jika dikonversikan ke dalam inchi menjadi 33.11 inci x 46.81 inci.
  • A1 memiliki ukuran kertas 59.4 cm x 84.1 cm, atau jika dikonversikan ke dalam inchi menjadi 23.39 inci x 33.11 inci.
  • A2 memiliki ukuran kertas 59.4 cm x 42.0 cm, atau jika dikonversikan ke dalam inchi menjadi 23.39 inci x 16.54 inci.
  • A3 memiliki ukuran kertas 29.7 cm x 42.0 cm, atau jika dikonversikan ke dalam inchi menjadi 16.54 inci x 11.69 inci.
  • A4 atau Ansi A memiliki ukuran kertas 29.7 cm x 21.0 cm, atau jika dikonversikan ke dalam inchi menjadi 11.69 inci x 8.27 inci.
  • Kertas bertipe A memiliki seri hingga A10 dimana ukuran kertas sesudahnya merupakan setengan dari ukuran kertas seri A tipe sebelumnya. Kertas A5 memiliki ukuran setengah dari ukuran kertas A4, kertas A6 memiliki ukuran setengah dari kertas A5 dan begitu seterusnya.
  • Adapun kertas bertipe F4 memiliki ukuran 33.0 cm x 21.5 cm yang jika dikonversikan ke dalam ukutan inchi menjadi 13 inchi x 8.5 inchi.
Baca Juga : Ukuran Kertas dalam cm A1, A2, A3, A4, A5, dst
Amerika bagian utara memiliki standar tersendiri terkait dengan ukuran kertas ini. standar ukuran tersebut dikenal dengan sebutan ANSI yang merupakan kepanjangan dari America National Standart Institute. Ini dia ukuran kertas yang umum digunakan di kawasan Amerika.
  • Kertas bertipe legal memiliki ukuran 35.6 cm x 21.6 cm yang jika dikonversikan ke dalam inchi menjadi 14 inci x 8.5 inci.
  • Kertas bertipe letter memiliki ukuran 27.9 cm x 21.6 cm yang jika dikonversikan ke dalam inchi menjadi 11 inci x 8.5 inci.
  • Kertas bertipe tabloid memiliki ukuran 43.2 cm x 27.9 cm yang jika dikonversikan ke dalam inchi menjadi 17 inci x 11 inci.
  • Kertas bertipe legal junior memiliki ukuran 20.3 cm x 12.7 cm yang jika dikonversikan ke dalam inchi menjadi 8 inci x 5 inci.
Jadi dapat disimpulkan jika Indonesia sudah mengikuti standar kertas yang ditetapkan oleh ISO. Sebagaimana disebutkan di atas, bahwa HVS nerupakan nama dari jenis kertas, sementara folio adalah ukuran dari jenis kertas HVS yang juga merupakan nama lain dari kertas HVS bertipe F4. Folio dalam standar internasional bukanlah folio kertas bergaris yang selama ini banyak dikenal orang ya guys. Adapun penamaan kuarto sebenarnya nama lain dari kertas letter yang menjadi standar ANSI. Di Indonesia Kamu bisa menjumpai kertas HVS yang diproduksi oleh beberapa perusahaan penghasil kertas seperti Mirage, Paper One, Sinar Dunia dan lain sebagainya. Namun kertas bertipe kuarto di Indonesia memang cukup sulit ditemukan, Indonesia banyak menggunakan kertas bertipe A4 yang memiliki ukuran sedikit lebih panjang dibanding kertas bertipe letter. Makanya gak heran jika Kamu yang ingin mencetak dokumen di kertas A4, Kamu setting MS word dalam ukuran letter. Biasanya hasil cetak akan sempurna tida menemukan kendala apapun, karena ukuran kertas nyaris sama.

Baca juga: Jenis-Jenis Kertas dan Fungsinya

Itulah sekelumit mengenai Ukuran Kertas HVS A4, F4, Legal, Folio dll Lengkap. Semoga bermanfaat!