Cara Mengatasi Sinyal Telkomsel Hilang (Jaringan 3G, 4G Tidak Muncul)

Cara Mengatasi Sinyal Telkomsel Hilang (Jaringan 3G, 4G Tidak Muncul) – Saat ini internet sudah menjadi kebutuhan masyarakat modern, sebab hampir semua kegiatan sudah bisa dilakukan melalui online dan sepertinya semua aktifitas akan terus dilakukan online-nisasi di semua bidang, apalagi di era sosial media seperti sekarang tentu membutuhkan akses internet, sehingga jika tidak bisa mengakses internet akan menjadi galau untuk itu koneksi internet yang stabil harus tetap berjalan. Tapi dalam pelaksanaannya, semua operator pernah mengalami gangguan internet tidak terkecuali operator BUMN dalam hal ini adalah telkomsel yang sudah dikenal di masyarakat sinyalnya sudah menjangkau ke berbagai pelosok daerah terpencil dan selalu memberikan layanan terbaik dan nyaris lancar tanpa adanya gangguan. Padahal ternyata tidak demikian, sebab bagi pengguna telkomsel diantara keluhan yang dialami adalah hilangnya sinyal 3G dan 4G sehingga dampaknya adalah akan menghambat semua aktifitas internet atau akan ketinggalan semua informasi yang biasanya di dapat melalui handphone.

Cara mengtasi sinyal telkomsel hilang

Gangguan hilangnya sinyal 3G maupun 4G pada ponsel sebenarnya bukan hanya terjadi pada operator telkomsel saja, provider lain pun tentu pernah mengalami kendala teknis ini. Namun dalam kesempatan ini kami hanya akan fokus operator telkomsel saja sebab pengguna operator yang satu ini lebih banyak dibandingkan dengan operator yang lain sehingga diharapkan dengan artikel yang berjudul Cara Mengatasi Sinyal Telkomsel Hilang (Jaringan 3G, 4G Tidak Muncul) ini bisa membantu permasalahan yang saat ini sedang menimpa para pelanggan telkomsel baik itu simpati maupun kartu as.

Sebelum membahas tentang Cara Mengatasi Sinyal Telkomsel Hilang atau Jaringan 3G, 4G Tidak Muncul, hal yang paling pertama harus dilakukan adalah mendiagnosa permasalahan yang terjadi, sebab jika kita sudah mengetahui akar permasalahannya tentu akan memudahkan kita untuk mencari solusinya. Adapun permasalahan yang sering muncul ketika sinyal 3G ataupun 4G hilang biasanya disebabkan oleh beberapa hal, antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Handphone belum support dengan jaringan 3G/4G
  2. Kartu SIM yang digunakan belum support jaringan 3G/4G
  3. Lokasi yang saat ini anda tempati belum support jaringan 3G/4G
  4. Nomor SIM belum melakukan registrasi melalui 4444
  5. Pengaturan Jaringan di Ponsel Tidak Valid.
Setelah mengetahui penyebab dari hilangnya sinyal 3G/4G telkomsel di ponsel anda, selanjutnya tinggal mencari solusi atas permasalahan tersebut, jika ternyata kalian masih bingung dan sama sekali tidak mengetahui penyebab dari hilangnya sinyal 3G/4G Telkomsel,kalian bisa mencoba satu per satu solusi cara mengatasi hilangnya sinyal telkomsel sebagaimana berikut:

Cara Pertama Mengatasi Sinyal 3G/4G Telkomsel Hilang atau Tidak Muncul

Untuk bisa mendapatkan kembali sinyal 3G atau 4G telkomsel yang hilang, kita akan mencoba memberikan solusi berdasarkan penyebab sebagaimana yang sudah disebutkan diatas, yaitu sebagai berikut:
  1. Sebelum mencari solusi atas permasalahan atau penyebab hilangnya sinyal telkomsel, silahkan cek terlebih dahulu spesifikasi ponsel yang saat ini anda gunakan, terutama adalah bagian jaringan, jika ternyata di dalam spesifikasi ponsel tersebut masih EDGE/2G dan belum support dengan jaringan 3G atau 4G maka upaya apapun yang ditempuh kemungkinan akan percuma, jadi solusinya adalah mesti ganti ponsel baru yang sudah support dengan sinyal 3G/4G. Jika ternyata dalam spesifikasi ponsel yang anda gunakan terpampang jelas bahwa sudah support dengan jaringan 3G/4G maka kamu bisa mencoba solusi berikutnya.
  2. Ketika sinyal 3G atau 4G telkomsel tidak muncul di ponsel kesayangan anda, itu bisa jadi disebabkan karena kartu sim telkomsel yang saat ini kamu gunakan belum support dengan jaringan 3G/4G sehingga tidak punya kemampuan untuk menangkap sinyalnya. Jika memang demikian, silahkan bawa kartu sim telkomsel tersebut dan datangi kantor Grapari Telkomsel yang ada di kota anda kemudian meminta kepada customer service agar mengganti atau menukarkan kartu sim telkomsel yang lama dengan sim card baru yang sudah support dengan jaringn 4G.
  3. Jika jaringan 3G atau 4G telkomsel tidak muncul juga, bisa jadi hal itu disebabkan oleh lokasi yang saat ini anda tempati belum dijangkau dengan jaringan 4G, sehingga sinyal telkomsel tidak bisa muncul dalam layar ponsel anda. Adapun solusinya adalah silahkan bergeser dan merapat ke daerah yang sudah terhitung kota, sebab biasanya telkomsel sudah memasang jaringan 4G di daerah perkotaan. Untuk mengetahui lokasi kamu sudah support sinyal 4G atau belum, silahkan cek melalui browser dengan mengunjungi: http://internet.telkomsel.com/area4g/
  4. Untuk permasalahan nomor 4, kamu bisa cek nomor telkomsel kamu dengan mengirim SMS ke 4444 dalam beberapa saat kamu aka nada balasan sms pemberitahuan yang menyatakan bahwa kamu sudah terdaftar atau belum terdaftar, jika ternyata nomor kamu belum terdaftar silahkan lakukan registrasi ke nomor 4444 dengan mengirimkan nomor KTP dan KK milik kamu.
  5. Jika ternyata sinyal telkomsel belum muncul juga, silahkan kalian cek pengaturan jaringan telepon, bisa jadi jaringan yang diatur dalam pengaturan tersebut dibatasi pada jaringan 2G saja (2G Only), silahkan pindahkan ke jaringan 4G Prefered.
Baca juga : 7 Cara Mengatasi Internet Lemot di HP Android Work 2018
Cara Kedua Mengatasi Sinyal 3G/4G Telkomsel Hilang atau Tidak Muncul

Jika cara pertama sudah kalian coba namun ternyata sinyal telkomsel tak kunjung juga datang, kalian
bisa mencoba cara kedua, yaitu sebagaimana berikut:
  1. Ubah jaringan ke 3G terlebih dahulu dengan masuk ke menu pengaturan jaringan
  2. Silahkan Ganti APN (Acces Point Name) di pengaturan jaringan ponsel
  3. Aktifkn mode pesawat kemudian non aktifkan lagi.
  4. Gunakan aplikasi penguat sinyal yang bisa di download melalui playstore
  5. Jika belum berhasil juga, silahkan Restart Handphone anda
Baca Juga: 10 Aplikasi Penguat Sinyal 4G Android Paling Ampuh

Demikian ulasan kami tentang Cara Mengatasi Sinyal Telkomsel Hilang (Jaringan 3G, 4G Tidak Muncul), selamat mencoba dan semoga bermanfaat.