Cara Setting APN Internet Tri (3) 4G Tercepat 2019

Cara Setting APN Internet Tri (3) 4G Tercepat 2019 - Semua provider di Indonesia sudah mendukung jaringan 4G dan memiliki berbagai kartu perdana khusus untuk para pemilik smartphone 4G. Tri termasuk provider yang paling banyak dipilih karena harga paket internetnya yang relatif murah. Namun sayangnya, jaringan 4G kartu Tri sering bermasalah pada beberapa daerah. Salah satu cara untuk mempercepat koneksinya adalah dengan cara setting APN internet Tri
4G tercepat 2019 yang akan dibahas di artikel ini.

Setiap provider memiliki pengaturan APN yang berbeda-beda dan sudah default. Tujuan pengaturan APN adalah supaya jaringan internet bisa digunakan pada smartphone. Namun ada kalanya APN default tersebut membuat koneksi internet tidak terlalu baik makanya harus diganti dengan APN yang baru. Apabila Anda ingin tahu cara setting APN internet 3 4G tercepat 2019 lihat pembahasannya di bawah ini.



Sebelum sampai ke pembahasan setting APN-nya akan dibahas dulu informasi tentang harga kuota paket internet Tri 4G.

Salah satu paket 4G terbaik dari provider 3 bernama Nonstop 4G LTE. Dengan paket ini Anda bebas kmengakses berbagai situs atau aplikasi Karena harganya yang murah tapi kuotanya besar. Ada dua paket yang bisa Anda pilih.
  • Paket pertama memiliki kuota sebesar 35 GB yang terbagi menjadi 30 GB untuk kuota 4G dan 5 GB untuk kuota reguler. Selain itu Anda juga akan mendapatkan bonus nelpon selama 30 menit ke semua operator. Harga untuk paket ini hanya 80 ribu rupiah.
  • Paket kedua sebesar 38 GB yang terdiri atas kuota 4G sebesar 30 GB dan kuota reguler sebesar 8 GB. Selain itu juga ada bonus nelpon selama 30 menit, harganya adalah Rp125.000.
Kedua paket ini memiliki masa aktif 30 hari.

Murah sekali bukan kedua paket tersebut? Tapi walaupun jumlah kuota 4G-nya ada sangat banyak dan harganya murah, akan sia-sia saja jika kecepatan internetnya tidak stabil atau lemot. Oleh karena browsing atau kegiatan lainnya jadi terganggu, apalagi jika harus menunggu sampai koneksinya menjadi baik kembali. Kadang jaringannya tetap buruk selama beberapa hari. Jika seperti itu maka dari itu segera lakukan pengaturan APN.

Untuk settingan default yang sudah ada sejak pertama Anda menggunakan kartu Three adalah pada bagian Name isinya 3 http, APN isinya 3gprs, Username dan Password juga isinya 3gprs, MCC 510, MNC 89, Authentification Type Chap atau Pap, APN Type default, APN Roaming Protocol dan APN Protocol Ipv4, Bearer dengan unspecificied, dan Mvno Type isiannya None. Sedangkan untuk Server, MMSC, MMS Proxy, MMS Port dikosongkan.

Sekarang langsung saja lihat info cara setting APN internet Tri 4G tercepat 2019 sebagai berikut.

Baca juga: Cara Setting APN Telkomsel 3G dan 4G Biar Cepat dan Kenceng

1. Setting APN ke-1

Pada opsi setting APN pertama ini cukup banyak bagian yang dikosongkan, antara lain untuk opsi Proxy, Username, Password, Server, MMSC, MMS Proxy, dan MMS Port. Sedangkan bagian lainnya harus diisi.

Untuk nama APN isi dengan tri.co.id, MCC isi dengan 510, MNC isi dengan 89. Untuk pilih tipe autentifikasi atau Authentication Type isi dengan Pap atau Chap, APN Type isi default, isi APN Protocol dan APN Roaming Protocol dengan Ipv4, biarkan unspecified untuk Bearer, kemudian biarkan none untuk Mvno Type.

2. Setting APN ke-2

Hampir sama isiannya dengan setting APN pertama, yaitu dengan mengosongkan bagian Proxy, Port, Username, Password, Server, MMSC, MMS proxy, dan MMS port. Isi MCC dengan 510, MNC dengan 80, Authentication Type dengan Chap atau PAP, untuk APN  Type isi dengan default, untuk APN protocol dan APN Roaming Protocol dengan Ipv4, Mvno Type dengan none, dan unspecified untuk Bearer.

Lalu isi Name dan APN dengan internet.

Hanya dua setting itu saja yang dibahas di sini. Cara masuk ke menu pengaturan APN untuk menggantinya adalah dengan klik menu Pengaturan lalu pilih Jaringan, selanjutnya klik opsi Access Point Names atau akses poin lalu isi settingan yang diberikan di atas.

Coba pilih salah satu pengaturannya kemudian cek mana APN baru yang paling bagus atau cepat.

Baca juga: Kode APN Telkomsel Internet Gratis Terbaru 2019

Demikianlah pembahasan mengenai cara setting APN internet Tri (3) 4G tercepat 2019. Semoga pengaturannya work ya!