Cara Cek Nomor KK (Kartu Keluarga) Online Berdasarkan Nama

Begini caranya cari nomor Kartu Keluarga dan cek nomor KK Online untuk melakukan registrasi kartu SIM. Untuk pengecekan no KK bisa melalui di Dukcapil. Silakan disimak caranya.

Kartu Keluarga memiliki peran yang sangat penting dan banyak dibutuhkan untuk berbagai hal. Maka dari itu setiap anggota keluarga di Indonesia harus memilikinya. Hal-hal yang membutuhkan nomor Kartu Keluarga contohnya ketika akan mendaftarkan nomor telepon baru, mengurus KTP, menggunakan BPJS, dan lain-lain. Namun bagaimana jika kita tidak tahu nomornya? Mungkin saja karena Kartu Keluarga sedang dipinjam atau alasan lainnya. Kalau begitu, satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengikuti cara cek nomor KK (Kartu Keluarga) online yang akan dibahas pada artikel ini.

Kartu Keluarga sama dengan kartu identitas seluruh anggota keluarga. Di dalamnya terdapat informasi mengenai nama-nama anggota keluarga yang terdiri atas ibu, bapak dan anak-anak. Kemudian ada informasi juga mengenai pendidikan terakhir, tanggal lahir dari masing-masing anggota keluarga, dan lain-lain. Kartu Keluarga harus disimpan baik-baik karena baik kartunya maupun nomornya penting sekali. Jika Anda tidak tahu nomor Kartu Keluarga maka bisa ikuti cara cek nomor KK (Kartu Keluarga) online berdasarkan nama di bawah ini.



Selain dipegang sendiri Kartu Keluarga juga disimpan sebagai dokumentasi oleh ketua RT dan Kantor Kelurahan. Tujuannya untuk melegalkan status anggota keluarga yang terdapat dalam kartu tersebut. Kartu Keluarga harus dibuat ulang apabila terjadi perubahan Informasi mengenai anggota keluarga misalnya anaknya sudah menikah dan memiliki keluarga sendiri, pindah alamat, status pendidikan anak-anaknya telah berubah, dll.

Baca juga : Cara Melihat Nomor Sertifikat Tanah

Setiap Kartu Keluarga punya nomor seri masing-masing. Apabila tidak ada perubahan maka nomornya akan berlaku selamanya. Nomor tersebut terdiri atas 16 digit arti, dari nomor-nomor tersebut adalah kombinasi antara nomor seri keluarga, tanggal pencatatan, dan kode wilayah.

Apabila Anda akan membuat Kartu Keluarga baru maka harus mengajukan proses ke RT atau RW kemudian membuat berbagai surat keterangan seperti Kartu Keluarga yang lama, surat nikah, akta kelahiran, dan keterangan pindah jika Anda pindah rumah.

Cara cek nomor KK Kartu Keluarga online berdasarkan nama bisa dilakukan di website resmi Dukcapil. Namun setiap provinsi memiliki alamat website Dukcapil yang berbeda-beda Misalnya saja untuk daerah Kalimantan Barat alamatnya ada di http://dukcapil.kalbarprov.go.id/cek-kk. Untuk provinsi lainnya Anda bisa cari informasi Dukcapil yang sesuai dengan daerah Anda.

Berikut beberapa daerah yang sudah menyediakan situs untuk mengecek KK secara online :

Cek Nomor KK (Kartu Keluarga) Online

Nama Daerah
Alamat Situs
Provinsi Jawa Barat
- Kota Bandung
Provinsi Jawa Tengah
- Kabupaten Tegal
- Kabupaten Rembang
- Kabupaten Pati
Provinsi Jawa Timur
- Kabupaten Gresik
DKI Jakarta
- Jakarta Pusat




- Jakarta Barat
- Jakarta Timur
- Jakarta Utara
- Jakarta Selatan
Provinsi Banten
- Kota Tangerang
DI Yogyakarta
- Kota Yogyakarta



- Kabupaten Sleman
- Kabupaten Ponorogo
- Kabupaten Wates
- Kabupaten Gunung Kidul
Provinsi Kalimantan Barat
- Kota Pontianak









- Kota Singkawang
- Kabupaten Sambas
- Kabupaten Mempawah
- Kabupaten Ketapang
- Kabupaten Sanggau
- Kabupaten Sintang
- Kabupaten Bengkayang
- Kabupaten Kapuas Hulu
- Kabupaten Sekadau
- Kabupaten Landak
- Kabupaten Melawi
- Kabupaten Kubu Raya
- Kabupaten Kayong Utara

Dukcapil adalah lembaga pemerintahan yang memiliki kewenangan dalam melakukan kebijakan berbagai hal mengenai pencatatan sipil, pendaftaran penduduk, pemanfaatan database kependudukan, pengelolaan informasi mengenai administrasi kependudukan, KTP elektronik, NIK, dan hal-hal lain mengenai administrasi kependudukan.

Cari Nomor Kartu Keluarga Online

Berikut adalah daftar situs untuk yang menyediakan nomor kartu keluarga
  • ktp.us.to
  • ktp.oneindonesia.co.id
  • ktp.bnpt.go.id
  • ktp.bonanza.co.id
  • ktp.geologi.idktp.kopi.co.id

Anda dapat melakukan pengecekan Kartu Keluarga disini dengan sangat mudah. Selain itu bisa juga untuk mengecek status Nomor Induk Kependudukan Anda. Cara untuk mengecek nomor KK Anda di website Dukcapil sangat mudah tapi sebelumnya Anda harus tahu bahwa nomor KK adalah nomor yang penting dan jangan sampai disalahgunakan. Itulah kenapa Anda hanya bisa mencari nomor Kartu Keluarga secara online di website resmi Dukcapil. Jangan di sembarangan situs yang katanya bisa memberikan informasinya.

Baca juga : Cek Kenaikan Pangkat PNS Online Terbaru 2019 di Laman BKN

Cara untuk mengetahui nomor KK adalah dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan atau KTP Anda. Kemudian isi juga nama depan Anda sendiri dan nama ibu kandung. Sesudah itu klik konfirmasi bertuliskan “Saya bukan robot”, selanjutnya klik cek KK yang ada di bagian bawah. Sesudah itu tunggu sampai loading sistem selesai dan sekarang Anda sudah tahu berapa nomor KK.
 
Mudah sekali kan? Di website Dukcapil juga Anda bisa melakukan cek status NIK di alamat dukcapil.kemendagri.go.id/ceknik.

Demikianlah informasi mengenai cara cek nomor KK (Kartu Keluarga) online berdasarkan nama. Semoga informasinya bermanfaat!