Cara Pakai Soda Api untuk Mengatasi WC Mampet

Setiap rumah tentunya memiliki kamar mandi dan juga WC. Yang sering menjadi masalah ialah saat WC mampet atau tersumbat. Hal ini jika terjadi, pastinya akan merasa jengkel apalagi jika tersumbatnya sampai ke ujung saluran WC tersebut.

Cara yang paling cepat ialah kamu harus memanggil tukang ledeng. Namun kamu melakukan beberapa hal yang bisa membantu kamu agar bisa membuka saluran tersebut supaya tidak tersumbat lagi.



Biasanya hal yang membuat saluran tersumbat ialah terdapat rambut, makanan sisa atau bisa juga dari makanan yang tidak sengaja kebuang ke saluran. Kmau bisa menggunakan soda api loh untuk membuka saluran yang tersumbat itu. Nah berikut ini beberapa cara pakai soda api untuk mengatasi wc mampet yang bisa kamu lakukan:

1.     Pertama yang harsu kamu lakukan ialah, silahkan ambil ember yang ebrukuran besar, kemudian larutkan 3 gelas soda api atau setara dengan 750 ml dengan air dingin sebanyak 3 litar air.

2.     Kemudian, aduk kedua bahan tersebut menggunakan sendok kayu. Jangan sampai menggunakan tangan ketika mengaduk. Pakailah alat bantuan pengaduk yang kamu miliki.

3.     Sebaiknya gunakan wadah yang tidak digunakan untuk memasak, karena soda api ini juga ada efek yang berbahaya jika termakan.

4.     Nah ketika kamu mencampur soda api dengan air, akan terjadi bunyi desisan dan panas dari soda api itu sendiri.

5.     Jika sudah tercampur rata, tuang larutan tersebut ke dalam saluran pembuangan yang tersumbat. Diamkan sekitar 30 menit.

6.     Jika sudah 30 menit, siram lagi menggunakan air panas sebanyak 4 litar.

Cara – cara di atas bisa kamu lakukan untuk mengatasi saluran WC yang tersumbat. Namun jika masih tersumbat, kamu bisa mengulanginya lagi sampai saluran tersebut tidak tersumbat lagi. Pastikan untuk selalu berhati-hati ketika menuangkan larutan etrsebut agar kamu tidak kecipratan larutan tersebut.

Jika sudah cara – caranya, kini saatnya ketahui juga beberapa efek soda api jika digunakan untuk membuka saluran WC yang tersumbat.

1.     Soda api memiliki sifat korosif yang mana mudah membuat benda lain hancur. Karena sifat korosif inilah soda api bisa digunakan untuk membantu melancarkan saluran air yang tersumbat. Soda api bisa menyebabkan reaksi kimia pada saat bersentuhan dengan bahan organik seperti kotoran, rambut, makanan dan lain sebagainya.

2.     Soda api memiliki efek yang berbahaya. Adapun resikonya ialah untuk keselamatan dan juga kesehatan. Kontak langsung dengan soda api bisa menyebabkan gangguan pada penglihatan.

Selain itu juga bisa menyebabkan sensasi sensasi terbakar jika terkena kulit. Apalagi jika soda api tersebut tertelan, tentunya sangat berbahaya karena bisa membuat luka pada usus besar dna bahkan bisa menyebabkan kematian. Olehs ebab itu, penggunaan soda api haruslah hati-hati.