Cara Cek HP Samsung Asli atau Palsu [TRIK 2019 AKURAT!!]

Cara Cek HP Samsung Asli atau Palsu Terbaru 2019 - Di jaman yang serba modern ini, hampir semua orang telah menggunakan smartphone. Tapi beberapa orang lebih memilih brand yang terkenal. Salah satunya adalah Samsung. Memang vendor asal korea selatan ini merupakan vendor ponsel/smartphone raksasa yang semua orang pasti tau dengan vendor tersebut. Hampir semua orang lebih percaya dengan smartphone dari vendor Samsung. Mengenai hal ini, ada beberapa oknum yang menjual smartphone tiruan Samsung atau yang biasa disebut dengan barang KW, replika, Supercopy, atau pun produk tiruan lainnya. Nah, sebenarnya memang beda pasar antara produk samsung asli dengan produk replika. Tetapi, ada beberapa orang yang menjualnya bebas, sehingga pembeli harus hati-hati jika ingin membeli produk smartphone dari Samsung.

Memang dari segi desain nya hampir mirip dan nyaris tidak ada bedanya. Namun, tetapi dalam segi hardware memang jelas memiliki perbedaan yang jauh dari produk Samsung asli atau Orinya. Oleh karena itu jika anda mau membeli smartphone dari Samsung pastikanlah membeli produknya secara asli atau Ori. Karena yang asli memiliki spesifikasi yang real atau asli. Oleh karena itu saya akan membuat artikel tentang, Cara Cek HP Samsung Asli atau Palsu dengan cara mudah dan simpel, agar pembeli tidak salah pilih produk yang replika. Tanpa basa-basi langsung aja. Simaklah dengan baik.
1. Cek kondisi luar dan desainnya
Hal pertama yang bisa kita lihat adalah dari desain dan tampilan smartphonenya. Untuk beberapa kasus yang beredar bahwa, smartphone Samsung yang asli memiliki desain yang bagus. Artinya desain dari Samsung ini memiliki desain yang sangat baik, beberapa orang bilang bahwa produk yang asli tombol home nya tertata rapi (tepat ditengah), sedangkan untuk smartphone replika atau supercopy memiliki tombol home yang yang tidak seimbang. Dilihat dari layarnya juga kadang beda, smartphone Samsung yang asli memiliki panel layar AMOLED sehingga menghasilkan warna yang tajam, sedangkan beberapa produk Samsung replika memiliki layar yang agak buram atau kualitasnya jauh dari smartphone-smartphone lainnya. Ya, meskipun brighness/kecerahan layarnya di mentokin ke kanan masih aja tetap kurang bening.
( Sumber gambar : infogadget.club )

Dan juga jika ingin lebih jauh lagi cek desain, bisa dilihat dari segel nya. Jika itu adalah smartphone asli Samsung maka akan ada segel bertuliskan “SEIN” dan jika smartphone replika tidak adanya logo yang bertuliskan “SEIN”. Kode “SEIN” tersebut dapat anda temukan di body dan baterai smartphone tersebut.'

2. Cek IMEI smartphone tersebut

Cara yang kedua adalah dengan mengecek IMEI tersebut. Ini adalah point penting yang harus di perhatikan. Tujuan dari mengecek IMEI ini adalah agar kita tahu bahwa smartphone tersebut ori Samsung atau replika. Untuk cara ceknya sangatlah mudah.
- Masuk ke aplikasi telepon/call. tekan *#06# kemudian tekan pangggil atau Call. Setelah itu akan ada tampilan pop-up yang berisi informasi IMEI. Selanjutnya catatlah IMEI tersebut.

( Sumber gambar: jalantikus.com )
- Silahkan menuju ke website IMEI.info , setelah masuk kedalam situs websitenya. Silahkan input IMEI dari smartphone yang anda catat IMEI nya tersebut pada kolom yang telah disediakan. Dan jangan lupa centang “I’m not a robot”. Dan setelah itu langsung klik ‘Check” dan tunggu sebentar sampai muncul informasi device.


- Setelah anda menunggu dan muncul informasi device yang anda cek IMEI nya. Maka, tugas anda adalah melihat device anda asli atau bukan. Dengan melihatnya dari nama model dan brand nya. Jika memang itu smartphonennya ori Samsung maka akan muncul brand Samsung dan model sesuai dengan smartphone Samsung tersebut.


- Setelah anda mengeceknya model dan brand nya di website tersebut. Alangkah baiknya anda melihat spesifikasi detailnya. Sebenarnya ini dilihat dari model dan brand nya sudah bisa ditebak kalau smartphone tersebut ori Samsung ataupun replika.

  1. Cek hardware smartphone tersebut
Cara ini adalah cara yang ampuh menurut saya. Karena cara terbaik adalah dengan mengecek harware tersebut, apakah sama dengan spesifikasi smartphone Samsung ori atau tidak. Didalam mengecek atau test hardware ini cukuplah mudah. Ada 2 cara untuk test atau ngecek hardware.

- Cara yang pertama. Dengan mengeceknya langsung tanpa mendownload aplikasi di Playstore.

a. Ok, langsung aja. Masuk ke aplikasi telepon dan selanjutnya tekan *#0*# dan tekan panggil atau call.
b. Setelah itu akan anda akan masuk ke menu selanjutnya, yaitu menu dimana anda bisa mengecek hardware secara penuh pada perangkat tersebut. Anda bisa cek langsung apakah hardwarenya sama dengan hardware Samsung ori atau tidak. Jika memang smartphone Samsung tersebut ori, spesifikasi hardware tersebut akan sama seperti Smartphone ori tersebut.

( Sumber gambar: mashable.com )
c. Memang, dari beberapa orang kurang mengerti tentang beberapa tombol menu tersebut. Untuk detailnya ada bisa cek di Google.

- Cara yang kedua. Ini menurut saya sangat simpel. Anda cuman download aplikasi di Google Play Store. Nama aplikasinya adalah CPU-Z.

Setelah anda mendownload aplikasi tersebut, silahkan masuk ke aplikasi CPU-Z tersebut. Dan disitu sudah dijelaskan detailnya spesifikasi dari smartphone tersebut. Jika memang smartphone tersebut ori Samsung, maka spesifikasinya akan sama persis seperti pada smartphone Samsung yang hendak anda beli. Agar bisa mengeceknya lebih dalam lagi, anda juga bisa mendowload aplikasi AnTuTu Benchmark. Yaitu sebuah aplikasi yang berfungsi untuk mengecek performa dari smartphone.

( Sumber gambar: jagatreview.com )
Cara mengecek performanya pun sangatlah mudah, anda harus masuk ke aplikasi AnTuTu Bechmark. Setelah masuk ke aplikasinya silahkahkan pilih tombol yang paling atas (lupa nama tombolnya, yang jelas yang paling besar). Setelah itu silahkan tunggu beberapa menit sampai uji test nya selesai. Setelah itu akan muncul performa dari CPU, Chipset, Prosessor, GPU, dan RAM smartphone tersebut. Jika memang performanya sesuai dengan spesifikasi smartphone ori Samsung tersebut, maka performa yang dihasilkan akan sebanding lurus dengan spesifikasi smartphone ori Samsung tersebut. Jika performanya tidak sebanding dengan spesifikasi smartphone tersebut. Dapat dipastikan bahwa smartphone tersebut adalah smartphone Samsung replika/supercopy.

( Sumber gambar: soyacincau.com )
Sebanarnya ada banyak sih, cara cek smartphone tersebut ori Samsung ataupun bukan. Namun, sengaja saya sebutkan 3 cara diatas, karena menurut saya ketiga cara diatas sangatlah simpel untuk diterapkan. Karena mengingat, pembelian smartphone tidak bisa dicek secara lama-lama. Oleh karena itu saya membagikan ketiga cara diatas dengan cara simpel dan mudah, sehingga anda yang hendak beli smartphone Samsung bisa mengeceknya dengan mudah, cepat, dan praktis.

Etz, sampai lupa. Ada sedikit tambahan. Ini dari segi harga, memang smartphone ori Samsung memiliki harga yang relatif lebih mahal, karena juga build qualitynya sangat bagus. Jika anda ditawari smartphone Samsung yang harganya murah, anda harus mengeceknya terlebih dahulu, supaya anda tidak salah beli smartphone Samsung replika. Ok, mungkin itu saja yang bisa saya share, kurang lebihnya saya mohon maaf.