Tips Cerdas Untuk Mencegah Ban Mobil Kempes

Mengalami ban kempes pada saat berkendara memang sangat tidak menguntungkan, apalagi jika itu terjadi di malam hari dan jauh dari bengkel. Tentunya untuk membayangkannya saja sudah sangat menyeramkan.

Lalu sebenarnya apa sih penyebab ban mobil bisa kempes? Dan apa yang dapat dilakukan untuk mencegahnya terjadi di masa depan? Tidak ada cara pasti untuk mencegah ban kempes, tetapi perawatan ban secara umum dan kesadaran akan penyebab yang mendasarinya dapat membantu mengurangi kejadian tersebut.

Cara Cerdas Mencegah Ban Mobil Kempes

Memang ban kempes tidak bisa di prediksi, namun bisa dicegah dengan berbagai cara. Nah di bawah ini adalah cara cerdas mencegah ban mobil Anda kempes:

  1. Periksa pressure ban secara rutin

Memiliki pressure ban yang rendah bisa sangat berbahaya, ini akan sangat mempengaruhi kemampuan mengerem pada jarak tertentu dan menyebabkan kemudi dan penanganan yang kurang responsif. Ini juga dapat menyebabkan ban kempes, yang tidak hanya mengurangi penghematan bahan bakar, tetapi juga merusak ban seiring waktu.

Nah untuk mengetahui berapa pressure ban yang tepat untuk mobil Anda, periksa manual untuk menemukan semua informasi yang Anda butuhkan tentang inflasi ban. Anda perlu melakukan pemeriksaan pressure setidaknya sebulan sekali dan sebelum melakukan perjalanan jauh.

  1. Hindari Kelebihan Muatan

Perhatikan bobot maksimum yang dapat ditahan mobil Anda.Perlu Anda ketahui bahwa membawa barang yang melebihi bobot maksimum akan membebani kendaraan Anda dan pada akhirnya secara tidak langsung dapat merusak ban Anda.

Jika Anda memang harus mengangkut sesuatu yang berat, sebaiknya tingkatkan pressure ban Anda untuk membantu kendaraan Anda mengatur bobotnya. Namun, Anda juga harus memeriksa ban Anda untuk memastikan ban mobil Anda tidak mengembang melebihi batas pressure maksimum.

  1. Periksa Rem Anda

Satu hal yang tidak diperhatikan banyak orang saat mencoba merawat ban mereka adalah remnya. Rem yang tidak disetel dengan benar atau aus tidak hanya membengkokkan rotor dan menyebabkan keausan yang tidak merata pada roda, tetapi juga dapat merusak ban. Mempertahankan rem Anda akan membantu melindungi ban Anda dan juga membuat Anda tetap aman.

Jadi, pastikan kondisi rem mobil Anda tetap bagus dan tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Selain berpengaruh pada ban mobil, rem juga sangat berpengaruh pada keselamatan jiwa Anda. Karena rem yang bermasalah dapat menyebabkan kecelakaan.

  1. Berhati-hati Saat Berkendara

Penyebab umum ban kempes adalah adalah terkena paku, sekrup, atau benda lain yang tergeletak di jalan atau sekitar. Cara terbaik untuk mencegah terkena benda runcing adalah dengan menghindari bahaya di jalan, serta menghindari area dengan banyak pecahan kaca dan puing-puing. Selain itu, trotoar bisa menjadi musuh terburuk Anda, jadi jaga jarak saat mengemudi dan parkir.

Sering kali, sulit untuk melihat benda berbahaya seperti lubang, paku, batu tajam, atau kaca. Namun, ketika Anda mengetahui ada zona konstruksi aktif, pastikan untuk menghindari area tersebut untuk mencegah tusukan yang tidak diinginkan pada ban Anda.

Selain itu, waspadai lingkungan Anda dan ikuti aturan yang awalnya diajarkan untuk Anda kendarai. Selalu berhati-hati dan waspada akan berdampak positif pada mengemudi dan mobil Anda, apalagi tindakan ini juga bisa menyelamatkan hidup Anda.

Dan pastikan mobil Anda memiliki ban serep karena tidak semua bengkel menyediakannya. Pastikan Anda mengetahui letak ban cadangan dan memeriksanya dari waktu ke waktu untuk memastikan kondisinya baik. Jika menurut Anda ban serep perlu diganti, lakukan sesegera mungkin.

  1. Service Mobil Secara Rutin

Hal wajib yang perlu dilakukan oleh pemilik kendaraan adalah melakukan perawatan secara rutin seperti service mobil . Saat Anda melakukan service mobil, pastikan Anda meminta mekanik untuk memeriksa kondisi ban mobil Anda.

Jika sudah waktunya diganti maka Anda bisa menggantinya tanpa harus menunggu lebih lama karena itu bisa sangat berbahaya. Dengan melakukan servis secara rutin dapat mencegah ban mobil Anda kempes.

  1. Gunakan Ban berkualitas

Saat membeli ban baru, carilah ban yang tebal dan tahan bocor . Saat ini di Indonesia sendiri terdapat banyak jenis ban mobil yang memiliki kualitas bagus. Anda bisa memilih ban tubeless yang mana ban tubles dianggap lebih tahan terhadap kebocoran ban.

Selain itu, carilah ban yang memiliki jaminan keausan yang kokoh. Jika Anda menggunakan ban mobil yang berkualitas, maka masa pakainya pun akan lebih lama sehingga pada akhirnya dapat menghemat biaya. Ini artinya Anda tidak harus mengganti ban terlalu sering.

Selain menerapkan tips di atas, sangat penting untuk melindungi mobil Anda dari resiko-resiko seperti kerusakan yang di akibat bencana alam, kecelakaan dan pencurian dengan asuransi mobil. Asuransi mobil Garda Oto dapat memberikan perlindungan terbaik untuk mobil Anda sehingga anda akan merasa tenang dan nyaman saat berkendara.

Jadi, selain melakukan perawatan mobil, Anda juga perlu memiliki asuransi mobil untuk memberikan perlindungan mobil Anda. Ada banyak keuntungan jika Anda mengasuransikan kendaraan kesayangan Anda.