5 Penyebab yang Membuat Burung Kacer Tidak Mau Berkicau

 Kicau burung kacer yang tidak terdengar merdu umumnya akan sangat mem=menggelisahkan pemiliknya. Karena memang keindahan dari burung ini adalah suaranya yang lantang dan indah. 

Terlebih lagi jika burung kacer tersebut memang ditujukan untuk menjadi peserta berbagai macam lomba kicau burung mania. Untuk itu Anda harus mempelajari apa saja yang menjadi penyebab burung kacer berhenti berkicau.

Untuk mempelajari sifat dan karakternya, maka Anda bisa membaca ulasan di bawah ini. Setelahnya bisa dilakukan langkah perbaikan agar burung kacer bernyanyi lagi dengan merdu lagi. 

Penyebab Burung Kacer Tidak Berkicau



Sama seperti makhluk hidup lainnya ada kala burung kacer pun mengalami fase tidak mau berkicau.  tentu saja ini akan membuat para pemiliknya menjadi bingung terlebih lagi jika sebentar lagi hendak mengikuti kontes kicau burung.

 Apa sajakah penyebabnya? Simak uraian di bawah ini seperti yang disadur dari kacer.co.id.

 Burung Kacer Mengalami Stress

Pasti Anda tidak menyangka bahwa burung kacer juga bisa mengalami stres. Ya, memang, sifat dan karakternya tentu saja tidak berbeda dengan makhluk hidup lainnya yang bisa up and down.

Ada banyak penyebab Mengapa burung kacer mengalami stres. Bisa jadi karena terlalu sering diikutkan ke lomba lomba kicau burung sehingga tidak bisa beristirahat. Tetapi juga karena situasi kandang yang tidak menyenangkan.

Pakan yang Selalu Berganti

Jenis pakan yang selalu berganti bisa jadi membuat burung kacer menderita stres. Sebab organ pencernaannya harus beradaptasi dengan pakan baru. Rasanya Ini juga akan mempengaruhi bagaimana ia mengenali pakan tersebut.

Karenanya jangan terlalu sering memberikan pakan pengganti sesuai dengan kehendak perawatnya. Cukup perhatikanlah kebutuhan nutrisi burung kacer dengan memberikan serangga kesukaannya dalam jangka waktu yang tertentu.

Mengalami Sakit

Burung kacer juga bisa mengalami sakit. Bisa jadi karena perubahan adaptasi ataupun diserang bakteri yang menyebabkan kekebalan tubuhnya menurun. Karenanya Anda bisa melakukan perawatan dengan pemberian vitamin serta menjaga kebersihan kandang.

Burung Kacer Masih Bakalan 

Burung kacer yang masih bakalan alias masih kecil tentu saja tidak siap untuk di tanding dengan catcher dewasa yang mempunyai suara bagus. Karena itu lakukanlah adaptasi secara perlahan-lahan agar ia berani mengeluarkan suaranya.

Jangan lupa juga berikan stimulasi berupa audio burung kacer yang merdu sehingga bisa menirukan nya.

Burung Kacer Kelebihan Rasa Birahi

Burung kacer yang memasuki masa reproduksi biasanya akan lebih agresif untuk mencari pasangan daripada berkicau. Oleh karenanya para perawat harus memperhatikan bagaimana caranya rasa birahi itu tersalurkan kepada pasangannya. Jangan sampai pula periode ini mengganggu performa suaranya. 

Kini Anda mengetahui bahwa ada banyak penyebab mengapa burung kacer kesayangan tidak mau berkicau. Segera temukan pokok masalahnya dan atasi agar kicauannya kembali siap untuk ditandingkan.