Perbedaan Antara SPSS Dengan EViews Yang Perlu Diketahui

Banyak yang mencari cara agar bisa melakukan proses download SPSS  gratis untuk laptop. Sebab memang aplikasi ini agak sulit untuk dicari namun sangat diperlukan bagi mereka yang sering berputar dengan statistik.

Sebab tanpa nya akan sulit menghasilkan data statistika yang valid karena prosesnya yang memang terbilang agak rumit jika diselesaikan dengan perhitungan manual. Walaupun ada banyak aplikasi pengolah data untuk statistik selain SPSS,  platform ini masih memiliki banyak keunggulan.



Karenanya banyak juga yang memperbandingkan antara SPSS dengan Eviews. Apakah ada perbedaan yang signifikan ketika melakukan pengolahan data untuk informasi statistik? 

Baiknya Anda perhatikan perbedaan antara SPSS dengan Eviews. Simak ulasannya di bawah ini seperti yang disadur dari foldertips.com!

Perbedaan SPSS dengan EViews

Baik SPSS ataupun EViews merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah data data yang berhubungan dengan statistik. Pengoperasiannya tergolong rumit terutama jika Anda belum memahami konsep dasarnya. 

Pada umumnya mereka yang mempelajari statistik pasti mengetahui perbedaan keduanya. Namun belum tentu bagi yang baru saja menerjuni bidang ini. Pelajari apa saja faktor pembedanya. 

SPSS

SPSS merupakan perangkat lunak untuk mengolah data statistik yang dikembangkan oleh IBM sejak tahun 1968.  Sehingga tak heran jika praktisi statistik lebih familiar dengan software ini.

SPSS sangat cocok untuk digunakan Ketika anda hendak mengolah data penelitian di berbagai bidang sosial. Antara lain adalah pendidikan, psikologi, politik, kesehatan komunikasi, marketing, dan yang lainnya.

Terlebih lagi Jika anda ingin Menyajikan hasil penelitian tersebut dalam bentuk distribusi frekuensi. Sebab software ini menyediakan beragam fitur grafik statistik yang dapat mengakomodasi kebutuhan numerik dan analisis melalui diagram.

Kekurangan dari SPSS adalah tidak bisa membedakan tipe data berdasarkan waktu ataupun berdasarkan subjek penelitian yang diambil. Oleh karenanya Jika data Anda berupa time-series maka pemanfaatannya menjadi tidak relevan.

EViews

EViews merupakan software pengolah data untuk statistik yang dikembangkan oleh Quantitative Micro Software di 1994. Perangkat lunak ini sangat populer digunakan pada bidang ekonomi. 

Software ini dapat melakukan panel data serta pengolahan data dengan cara modern dan fixed effect. Selain itu pula dapat melakukan validasi melalui uji Chow dan uji Hausman.

Perangkat lunak ini dapat menguji data statistik yang berhubungan erat dengan time series. Bahkan Anda dapat melakukan proses analisa forecasting ARIMA, arch-garch dengan menggunakan berbagai uji asumsi statistik.

Kekurangannya adalah software ini tidak tepat jika Anda hendak mengolah data penelitian sosial.  sebab hanya dikembangkan berdasarkan pengolahan data ekonomi matriks. 

Jika Anda menggunakan software ini untuk data sosial, maka hasil akhirnya akan sulit jika hendak memperlihatkan hasil uji non parametrik serta distribusi frekuensi.

Nah, bagaimana setelah Anda mengetahui perbedaan antara SPSS dengan EViews? Silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan, ya.