Atasi Kulit Terbakar Matahari dengan Perawatan Ini

Setiap masyarakat yang tinggal di negara tropis harus selalu berhati-hati saat beraktivitas di bawah matahari. Aktivitas yang dijalankan di bawah matahari tidak boleh terlalu lama untuk mencegah terjadinya kulit terbakar matahari (sunburn). Kulit yang sudah terbakar biasanya memiliki tampilan cenderung berwarna merah.

Hal yang demikian bisa sangat mengganggu penampilan seseorang. Tak hanya mengganggu penampilan tetapi juga memberikan dampak tidak nyaman di kulit. Sebenarnya kondisi yang demikian disebabkan oleh sinar ultraviolet yang dapat merusak kulit. Namun tenang saja karena kondisi sunburn dapat diatasi berikut.

Cara Atasi Kulit Terbakar Matahari

Jika Anda sudah terlanjur terkena sunburn, maka usahakan segera lakukan beberapa langkah mengatasinya. Pertolongan pertama perlu dilakukan karena memang berfungsi mencegah terjadinya iritasi parah. Hal ini dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakit atau tidak nyamannya.

  1. Kompres pakai Air dan Timun Dingin

Pertolongan pertama setelah kulit terbakar akibat sinar matahari adalah kompres dengan air dingin dan bergantian dengan timun dingin. Gunakan handuk untuk mewadahi es batu. Kompres selama 15 menit dan bergantian dengan timun dingin.

Kandungan dari timun yang didinginkan bisa membantu mengurangi terjadinya iritasi pada kulit. Anda akan merasakan sensasi kulit terbakar menjadi berkurang. Diamkan selama 15 menit lagi. Ulangi langkah ini setiap hari jika efek kulit terbakar masih terasa.  

  1. Oleskan Pelembab

Anda sudah selesai dalam melakukan langkah pertama. Penting untuk melanjutkan dengan mengoleskan pelembab karena kulit yang ruam nantinya akan berubah menjadi kering. Sebelum kulit berubah kering maka sebaiknya Anda segera oleskan dengan pelembab.

Pelembab sendiri juga berperan dalam mengurangi efek terbakar pada kulit yang kepanasan sinar matahari. Oleskan pelembab dengan rutin setiap kali Anda ke kamar mandi untuk membasuh kaki atau bagian yang terbakar sinar matahari.

  1. Oleskan dengan Lidah Buaya

Langkah lain yang dapat dipakai untuk mengatasi iritasi kulit yang terbakar adalah dengan menggunakan bahan alami seperti lidah buaya. Lidah buaya tersebut punya efek menenangkan di kulit sehingga bisa mencegah kulit semakin iritasi. Cara ini dapat dilakukan sebagai alternatif ketika cara pertama dan kedua masih belum membuahkan hasil yang signifikan.

Tidak masalah Anda menggunakan lidah buaya asli maupun dalam bentuk gel. Ulangi langkah ini dua kali dalam sehari kalau warna kulit masih kemerahan disertai rasa panas terbakar.  Langkah terbaik untuk atasi kondisi ini juga bisa dengan mengaplikasikan gel lidah buaya yang dingin.

Itu tadi langkah untuk atasi kulit terbakar akibat sinar matahari. Apabila seorang lelaki sering melakukan aktivitas di bawah sinar matahari dengan baju tanpa lengan, maka gunakan saja Dove Deodorant Dry Serum Collagen yang juga diperkaya dengan Omega 6. Kandungan Omega 6 mampu meredakan iritasi. Gunakan secara rutin dan Anda akan mendapatkan ketiak tidak lagi kering.