5 Teknik Dasar Bermain Sepak Bola yang Bisa Dipelajari Pemula

Sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga yang digemari oleh banyak orang. Selain seru, kegiatan ini bisa memunculkan berbagai keuntungan seperti menyehatkan badan, mendapatkan relasi baru, dan melepas stres. 

Bagi yang sudah membentuk tim, supaya terlihat lebih kompak dan untuk menunjukkan identitasnya maka perlu melakukan pembuatan jersey printing. Desain serta jenis bahannya sendiri dapat menyesuaikan kebutuhan serta budget. 

Berikut 5 Teknik Dasar Sepak Bola



Berbicara mengenai sepakbola, cabang olahraga satu ini memang cocok dijadikan sebagai hobi. Jika tertarik menekuninya, simak beberapa teknik dasar sepakbola yang akan dibahas pada poin berikut:

1. Shooting

Teknik satu ini merupakan hal paling dasar yang perlu dikuasai oleh para pesepakbola. Shooting adalah teknik menendang bola supaya bisa tepat sasaran dan tidak berbelok ke arah lain.

Ada cara khusus supaya tingkat akurasinya tinggi yaitu menendang menggunakan kaki kiri bagian luar, kaki sisi dalam, dan ujung kaki. Penjelasan lebih lengkapnya ada di bawah ini:

  • Fokuskan perhatian ke arah lapangan, kemudian amati situasi sebelum melakukan shooting. 

  • Cari target tembakan, prediksi kekuatan yang diperlukan untuk menuju target serta perhatikan posisi pemain lawan. 

  • Sesuaikan tembakan dengan arah gerak serta serta posisi lawan supaya berhasil. 

  • Jika sudah menentukan sasaran dan informasi di lapangan, perhatikan kembali bola yang ada di hadapan Anda. 

2. Dribbing

Pembagian teknik dribbing ada dua yakni berupa speed dribbing dan closed dribbing. Tujuan adanya teknik ini adalah untuk menggerakkan dan mengontrol bola ketika berada di lapangan. 

Dribbing dilakukan dengan menggunakan kaki. Kecepatan serta tenaga yang dikeluarkan untuk mengarahkan bola tergantung pada situasinya. Apabila untuk menghindari musuh bisa menggunakan speed cepat. 

3. Teknik Menghentikan Bola

Bola yang menggelinding perlu dikendalikan dengan menghentikan pergerakannya. Caranya tidak dilakukan secara sembarangan karena harus sesuai prosedur agar terhindar dari cedera dan kesempatan mencetak gol lebih besar. 

Penghentian bola bisa dilakukan menggunakan punggung kaki, telapak kaki, dan kaki bagian luar. Perhatikan pergerakan bola untuk dapat memprediksi apakah posisi sudah tepat atau belum. 

4. Teknik Melempar ke Dalam

Ketika bola dalam posisi out, perlu mengembalikannya ke area dalam lapangan. Meski terlihat remeh, namun ada teknik yang sebaiknya tidak diabaikan begitu saja. 

Anda perlu mengambil terlebih dahulu bola, pegang menggunakan kedua tangan. Lanjutkan dengan mengarahkan kaki ke lapangan pada posisi ujung jari kaki berada di pinggir garis. Terakhir, tinggal melemparkan bola ke arah tujuan. 

5. Passing

Seperti halnya permainan bola voli, sepakbola juga memiliki teknik passing. Hanya saja memang cara melakukannya berbeda. 

Passing dalam sepakbola dilakukan dengan memantulkan bola menggunakan kaki atau bagian tubuh lain kecuali tangan misalnya dada dan kepala. 

Bagi para penggemar olahraga sepakbola, bukan hanya teknik dasar saja yang perlu diketahui. Anda juga perlu mengetahui lokasi penyedia jersey futsal printing berkualitas dengan harga bersaing.