Tips Memotong dan Menyambung Pipa PVC

Harga pipa PVC yang tidak dapat dikatakan murah akan membuat aplikator pipa saluran distribusi air Akan sangat berhati-hati ketika memotong dan menyambung pipa tersebut. Sebab kesalahan sedikit akan membuat fungsinya tidak maksimal.  Misalnya tidak tersambung  baik atau menahan laju air sehingga tidak mengalir secara optimal.

Memotong dan Menyambung Pipa PVC


Proses penyambungan dan pemotongan pipa PVC memang tidaklah terlalu mudah. Terlebih jika dikerjakan oleh yang tidak mengetahui bagaimana cara melakukannya. Sebab proses pemotongan dan penyambungan yang tidak tepat akan membuat fungsinya menjadi tidak optimal.

Oleh karena itu Anda perlu mempelajari bagaimana cara melakukannya secara sempurna. Terlebih lagi jika harus menyambungkan dua buah batang  yang memiliki harga pipa PVC dengan kualitas grade A. Tentu akan sangat sayang jika material ini tidak dapat digunakan akibat proses yang tidak tepat.

Memotong Pipa

Saat memotong pipa pastikanlah melakukannya dengan cara yang tepat agar menghasilkan tingkat keakuratan yang tinggi. Pilihlah gergaji yang memiliki bilah lebar sehingga mudah untuk dikendalikan serta mencapai diameter pipa tersebut. Selain itu pula hasilnya juga akan lebih presisi.

Setelah itu Anda harus melakukan pengamplasan agar ujung bekas pemotongan menjadi lebih halus dan bebas dari kotoran. Gunakanlah kertas amplas khusus untuk paralon dengan tingkat kekasaran sesuai dengan kebutuhan. Lakukanlah pengamplasan dari dalam dan luar pipa sampai menjadi halus.

Tahapan ini sangat penting karena permukaan yang kasar akan menyulitkan lem menempel pada peta tersebut.  Oleh karenanya pastikanlah mengamplasnya dengan hasil yang sehalus mungkin agar lem pipa yang digunakan dapat menempel dengan baik. Kendati demikian jangan mengamplas terlalu lama sehingga paralonnya mengecil.

Melakukan Penyambungan

Langkah selanjutnya adalah melakukan penyambungan pipa. Sebelum melakukan pengereman cobalah untuk mengepaskan kedua ujung bagian pipa yang akan disambung.  Hal ini untuk menentukan apakah sudah sesuai dengan ukuran pipa satu dengan yang lainnya.

Setelah proses fitting selesai, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengeleman pada kedua ujungnya. Olesi kedua ujungnya menggunakan lem pipa yang diformulasikan khusus untuk menyambung pipa PVC. Selanjutnya lakukanlah proses pengeleman dengan merata. Jangan tunggu sampai kedua ujung lem mengering.

Lalu biarkan sambungan pipa itu selama 1 x 24 jam untuk memastikan bahwa lem yang digunakan mampu menyambungkan keduanya secara erat.  Bilas bekas lem yang mungkin keluar dari sambungan sehingga tidak ada yang tersisa.  Setelah yakin benar bahwa sambungan tersebut kuat maka boleh ke esokan harinya diaplikasikan pada konstruksi distribusi saluran air tersebut.

Agar dapat membuat anggaran biaya yang tepat untuk menentukan besarnya dana yang dibutuhkan ketika akan membuat saluran distribusi air, maka perhatikanlah harga pipa PVC terbaru. Selain untuk menghindari kekurangan dana, juga untuk mengetahui dengan jelas kualitas pipa yang dibutuhkan.