Menetapkan Rutinitas Perawatan Rambut yang Tepat untuk Rambut Sehat Anda

Sama seperti ketika Anda memutuskan rutinitas perawatan kulit, Anda juga harus masuk ke rutinitas perawatan rambut dengan tahapan yang serupa.

Setelah Anda menemukan metode yang cocok untuk Anda, kemungkinan kecil Anda akan berubah selanjutnya, kan?

Dilansir dari blog yang banyak membicarakan tentang perawatan berbagai types of curly hair. proses menemukan rutinitas yang tepat awalnya mungkin tampak sedikit berlebihan, terutama bila ada berbagai alternatif yang tersedia bagi mereka yang memiliki jenis rambut yang sama dengan Anda.

Untuk alasan ini, semua yang perlu Anda ketahui tentang menemukan rejimen perawatan rambut yang terbaik untuk kami disediakan di bawah ini.

Hasil akhir dari program unik Anda ditentukan oleh beberapa elemen.

Segala sesuatu mulai dari tekstur rambut Anda hingga gaya yang Anda sukai akan berdampak pada aturan yang pada akhirnya Anda pilih untuk diterapkan.

Tekstur atau jenis rambut alami Anda

Jenis rambut sering diklasifikasikan sebagai halus, tebal, atau kasar, dan dapat dibagi menjadi empat kategori: lurus, swavy, scurly and skinky

Masing-masing memiliki set kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Rambut lurus, misalnya, cenderung dan terasa lebih cepat berminyak daripada rambut keriting, karena minyak bergerak lebih cepat ke bawah batang rambut pada rambut lurus.

Apapun perawatan kimia yang telah Anda lakukan pada rambut Anda (pemutihan, pewarnaan, dll.),

Tergantung pada apakah rambut Anda terkena warna, pemutih, atau bahan kimia lainnya, Anda mungkin perlu melakukan beberapa penyesuaian pada rangkaian perawatan rambut Anda.

Untuk menghindari pemudaran warna dini, disarankan agar mereka yang memiliki rambut diwarnai tidak mencucinya setiap hari.

Selain itu, rambut yang diputihkan mungkin membutuhkan hidrasi tambahan.

Kondisioner dan masker rambut dari sumber terpercaya juga tersedia.

Gaya apa yang Anda pilih untuk memakai rambut Anda setiap hari terserah Anda.

Apakah Anda suka rambut Anda diluruskan? Apakah Anda ingin menggulungnya? Apakah Anda ingin pergi dengan tampilan yang sepenuhnya alami?

Ini adalah hal lain yang harus Anda pikirkan, terutama jika Anda seorang pecinta peralatan panas yang mungkin merugikan rambut Anda.

Terlepas dari apakah Anda memiliki masalah tertentu tentang rambut Anda yang ingin Anda atasi, biasanya menemukan setidaknya satu komponen rambut Anda mengganggu, apakah itu keriting, kulit kepala terkelupas, kering, helai rusak, atau sesuatu yang lain.

Mengetahui apa masalahnya hanyalah setengah dari pertempuran. Langkah selanjutnya termasuk mengidentifikasi opsi yang paling menguntungkan untuk rambut Anda saat ini.

Setiap rutinitas, di sisi lain, memiliki beberapa komponen mendasar yang sama.

Terlepas dari kenyataan bahwa jenis dan kekhawatiran rambut Anda akan mempengaruhi rejimen perawatan rambut Anda dengan cara tertentu, ada beberapa tindakan mendasar yang dapat dimanfaatkan setiap orang untuk memperbaiki rambut mereka.

Mencuci, misalnya, menghilangkan hal-hal seperti kulit mati dan residu produk dan tidak menghilangkan minyak alami rambut, seperti halnya dengan pembersihan.

Sebum akan menumpuk jika Anda tidak mencuci rambut secara teratur, meninggalkan Anda dengan kulit kepala yang berminyak.

Jika kulit mati tidak dihilangkan, maka akan membusuk. Kulit memperbaharui dirinya sendiri setiap 28 hari, dan ini mungkin terlihat jika rambut tidak terawat.

Selain itu, jika Anda sering berenang, Anda tidak ingin klorin menodai rambut dan kuku Anda. Ketika ia duduk untuk waktu yang lama, semakin lama ia harus melucuti rambut dari bahan-bahan alaminya dan menyebabkan kerusakan padanya.

Kondisioner memberikan banyak keuntungan. Selain menghidrasi, manfaat tambahannya termasuk menghilangkan kusut, rambut lebih berkilau, dan sifat mengurangi keriting.

Saat rambut basah, ini menempel padanya, melapisi helaian rambut untuk mengisi kembali kelembapan yang mungkin telah dihilangkan oleh sampo.

Pentingnya Melembabkan dan Mengikat Kelembapan dalam Waktu yang Lama

Untuk menambahkan hidrasi lebih lanjut ke rambut, Anda mungkin ingin memulai proses dua langkah yang dikenal sebagai pelembab dan segel.

Ini bisa sangat berguna untuk rambut keriting atau keriting yang cenderung kering.

Tujuannya adalah untuk menyegel kelembapan, bukan mengunci kekeringan, menggunakan produk yang menghidrasi dan menyegel minyak.

Detangling sangat penting untuk menghentikan kerusakan dan untuk membuat hidup Anda jauh lebih mudah.

Namun Anda perlu menggunakan alat yang tepat, seperti sisir bergigi jarang, untuk menghindari mencabut rambut secara tidak sengaja.

Tergantung pada jenis rambut Anda, Anda mungkin perlu menghilangkan kusut setiap hari atau lebih jarang.

Tetap Bergaya Sambil Melindungi Rambut Anda

Berkat sejumlah alat dan trik seperti volumizer dan gel, Anda dapat menata rambut secara praktis sesuai keinginan.

Tetapi jika Anda adalah penggemar alat berpemanas, Anda harus melindungi untaian tersebut dengan semprotan pelindung panas.

Spot Treatment

Perawatan rambut spot berarti memilih area tertentu yang mengganggu Anda dan melakukan sesuatu untuk memperbaikinya.

Misalnya, Anda muak dengan rambut keriting Anda, jadi Anda mencoba perawatan protein.

Atau Anda telah memperhatikan bahwa kulit kepala Anda terasa sangat kering, jadi Anda menerapkan produk bergizi super yang dirancang untuk area tersebut.

Produk dan alat yang digunakan dalam setiap langkah sangat bervariasi

Meskipun kebanyakan orang secara religius mengikuti langkah-langkah di atas, tidak ada produk atau alat yang harus Anda patuhi.

Sebaliknya, bereksperimenlah untuk menemukan yang sesuai untuk Anda.

Washing dan Conditioning Rambut

Gunakan clarified shampoo, dengan formula klarifikasi berfungsi untuk menghilangkan penumpukan dari rambut.

Batasi penggunaan sekitar sebulan sekali, karena dapat menghilangkan minyak alami.

Sampo "Harian". Digunakan untuk mencuci biasa, sampo ini mungkin tidak perlu dioleskan setiap hari seperti namanya, tetapi kapan pun rambut Anda terasa perlu dibersihkan dengan baik.

Kondisioner yang paling sering Anda gunakan kemungkinan besar akan terbilas setelah beberapa menit. Ini paling baik diterapkan ke bagian tengah dan ujung, karena aplikasi root dapat menghasilkan kulit kepala yang tampak berminyak.

Kondisioner tanpa bilas.

Dengan kondisioner jenis ini, Anda menerapkannya dengan cara yang sama tetapi tidak membilasnya. Ini memungkinkan peningkatan tingkat nutrisi.

Kondisioner dalam. Untuk hidrasi lebih banyak lagi, cobalah deep conditioner. Bagus untuk rambut yang rentan terhadap kekeringan, kondisioner ini dirancang untuk dibiarkan lebih lama.

Pelembab yang Menyegarkan

Lotion rambut. Setelah rambut dibersihkan dan dikondisikan, lotion berbasis krim dapat memberikan perlindungan lebih lanjut dari kerusakan dan kekeringan. Ini juga memberikan pegangan yang ringan dan tidak kaku.

Meningkatkan minyak alami rambut Anda, mengunci kelembapan dan memperkuat helai, sembari mencegah kusut pada rambut Anda.

Gunakan sisir yang Tepat

 Rambut basah lebih mudah patah saat disikat, meskipun hal ini tidak berlaku untuk jenis rambut bertekstur atau keriting rapat. Sisir bergigi lebar bisa menjadi alternatif yang tidak terlalu merusak.

Berbagai jenis kuas tersedia untuk rambut Anda, karena beberapa menganggap bulu terlalu keras pada rambut mereka, jadi pilihlah versi plastik.

Cobalah untuk tidak menyikat rambut terlalu banyak. Sekali sehari biasanya cukup.

Jika Anda menemukan air mata mengalir saat menyikat atau menyisir, oleskan semprotan penghilang kusut sebelumnya.

Cara yang lebih kaya untuk mengelola simpul tersebut, serum penghilang kusut dapat lebih lanjut mengkondisikan rambut dan membuatnya lebih lembut sehingga sisir bekerja dengan mulus.

Hair Styling Sambil Tetap Melindungi

Hair Foam

Kedengarannya super retro, tetapi mousse modern menambahkan tekstur dan volume pada rambut dan bahkan dapat meningkatkan ikal. Terlebih lagi, itu tidak meninggalkan rasa lengket atau menggumpal.

Lilin Rambut

Produk yang lebih tebal, wax rambut memberikan lebih banyak daya tahan sekaligus meningkatkan kilau. Plus, itu seharusnya tidak membuat helaian terasa kaku.

Pomade.

Untuk tampilan super berkilau yang tahan lama, pilihlah pomade. Produk penataan rambut ini harus digunakan pada rambut yang lembap, karena tidak kering, memberikan Anda sentuhan akhir yang halus.

Gel Rambut.

Gel penata rambut dapat memberi rambut apa saja, mulai dari cengkeraman ringan hingga super kuat, tergantung pada produk yang Anda gunakan. Semua gel, bagaimanapun, memberikan tekstur dan kilau yang nyata.

Dry Shampoo

Jika rambut Anda cepat berminyak tetapi Anda tidak ingin keramas setiap hari, sedikit sampo kering dapat menghilangkan minyak yang tidak diinginkan. Tapi itu cenderung menumpuk di kulit kepala, jadi cobalah untuk tidak menggunakan terlalu banyak.

Rambut terlihat lepek? Volumizer mengangkat rambut dari kepala untuk membuat rambut Anda terlihat lebih tebal namun tetap terasa ringan.

Ini juga banyak disebut sebagai pemberi tekstur rambut, dengan kategori yang dapat mencakup semuanya.

Mulai dari semprotan garam hingga penentu ikal, dan dirancang untuk menambahkan tekstur pada rambut dan mempertahankan gaya.

Serum atau Shining Spray

Perawatan yang Tepat untuk Kulit Kepala

Perawatan untuk rambut di kepala. Perawatan pengelupasan kulit kepala dapat membantu membuka folikel yang tersumbat, meningkatkan sirkulasi untuk perkembangan, dan meredakan gejala kulit kepala yang gatal. Sumber Tepercaya Sekali atau dua kali sebulan sudah cukup.

Perawatan menggunakan protein. Rambut keriting atau rusak mungkin memerlukan dosis tambahan protein. Selain memperkuat dan menghaluskan helai, perawatan bulanan ini juga mengisi lubang di kutikula.

Masker yang menjadi sasaran. Masker rambut, yang sering dicampur dengan zat bergizi, biasanya disimpan selama beberapa menit untuk memulihkan rambut sepenuhnya dan mengatasi masalah seperti kekeringan, ujung bercabang, dan keriting.

Urutan aktivitas harian Anda penting, dan konsistensi sangat penting.

Meskipun manfaat masker dan beberapa produk gaya mungkin langsung terlihat, Anda seharusnya tidak berharap untuk melihat peningkatan besar dalam semalam.