6 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Pemilik Hewan Peliharaan

Memiliki hewan peliharaan memang menjadi kesenangan tersendiri. Selain dapat terhubung secara emosional, memiliki hewan peliharaan juga membantumu dapat bersosialisasi dengan banyak orang. Pasalnya, saat kamu bertemu dengan pemilik hewan lainnya kamu bisa cepat akrab dan  bertukar informasi seputar hewan peliharaan yang dimiliki.

Tak hanya sebagai kesenangan, kamu juga harus pintar dalam menjaga dan merawatnya. Supaya hewan peliharaan kesayanganmu tumbuh sehat dan aman, berikut 6 aplikasi terbaik yang bisa bantu kamu untuk mewujudkannya.

1.     PETO

Aplikasi buatan Indonesia ini terbilang lengkap dengan berbagai fitur penunjang yang bisa membantumu dalam merawat hewan peliharaan. Berbagai informasi menarik seputar hewan peliharaan bisa kamu temukan di sini. Kamu bahkan bisa terhubung dengan pemilik hewan lain dan mencarikan teman untuk hewan peliharaanmu melalui ponsel.

Menariknya lagi, aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk terhubung dengan penjual produk kebutuhan dan pelayanan grooming hewan. Pelayanan grooming sendiri memiliki manfaat kesehatan yang signifikan untuk hewan peliharaan. Seperti yang dilansir dari Halodoc, grooming hewan secara teratur berguna untuk mencegah penyakit atau kondisi yang lebih parah.

2.     VitusVet

Sumber: vitusvet.com

Aplikasi lainnya yang wajib dimiliki pemilik hewan peliharaan yaitu VitusVet. Aplikasi ini bisa membantumu dalam mengontrol tumbuh kembang hewan peliharaan dengan baik. Berbagai informasi terkait perawatan kesehatan hewan bisa kamu baca di fitur blog aplikasi ini. Kamu juga bisa menanyakan seputar masalah kesehatan seputar hewan peliharaanmu dengan membuat janji konsultasi dengan dokter hewan profesional.

Untuk melihat data dan catatan tumbuh kembangnya bisa kamu akses dengan mudah dalam aplikasi. Semua data terkumpul di satu tempat sehingga kamu bisa memantaunya dengan mudah dan praktis.

3.     Rover

Kamu yang mungkin harus pergi perjalanan dinas ke luar kota atau luar negeri sering kali terpaksa meninggalkan hewan peliharaanmu di rumah. Supaya hewan peliharaan kesayanganmu tetap terawat dengan baik, kamu bisa mencari pet sitter atau mengirimnya ke pet boarding. Kamu bisa menemukan pet sitter, pet walker  atau pun pet boarding yang baik lewat aplikasi Rover.

Pilihlah dari ketiga opsi tersebut sesuai dengan kebutuhan lewat aplikasi ini melalui ponselmu. Jika hanya ingin membuat hewan peliharaanmu keluar rumah dengan aman dan nyaman kamu bisa menyewa seorang pet walker. Sebaliknya, jika kamu tidak bisa pulang dalam beberapa hari, pet boarding bisa jadi pilihan yang tepat.

4.     PetParent

Aplikasi PetParent adalah satu dari banyaknya aplikasi yang wajib dimiliki oleh pemelihara hewan. Di dalamnya kamu bisa mengakses data medis, perkembangan kesehatan terkini, hingga emergency contact jika sewaktu-waktu hewan peliharaanmu sakit dan butuh pertolongan pertama. Keunggulan lainnya dari aplikasi ini ialah kamu bisa mengatur waktu kapan harus membeli produk kebutuhan sehari-hari. Tak hanya itu, kamu juga bisa unggah foto hewan peliharaanmu dan dapatkan like, comment, dan share dari para followers.

5.     Petcube

Petcube bisa digunakan dengan seperangkat alat berbentuk kubus yang terdiri dari kamera disertai laser, audio internal, dan dispenser. Kamu bisa melakukan pengawasan hewan peliharaan saat kamu tak berada di rumah. Cara menggunakannya, alat ini harus dihubungkan dengan koneksi internet dari WiFi. Jika sudah terhubung, alat ini kemudian dapat secara otomatis merekam keadaan di sekitarnya dengan jelas.

Kamu bisa menontonnya secara real-time melalui aplikasi Petcube yang sudah terinstal di ponselmu. Kamu juga bisa mengajak hewan peliharaanmu dengan berbicara langsung dan ia dapat mendengar suaramu dari audio internal Petcube.

Tak perlu khawatir hewan peliharaanmu kelaparan, sebelum pergi kamu bisa meletakkan camilan ke dalam dispenser yang terdapat dalam Petcube. Makanan tersebut akan dikeluarkan sesuai waktu yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Berkat aplikasi ini, kamu tetap bisa merawat hewan peliharaanmu meski dari jarak jauh.

6.     Petamiko

Petamiko merupakan pilihan aplikasi yang tepat untuk menemukan teman baru bagi hewan peliharaanmu. Cukup cari beberapa profil hewan peliharaan yang sesuai dengan milikmu, aplikasi ini bisa memberikanmu rekomendasi teman. Setelah menemukan profil hewan yang sesuai dengan milikmu, kamu bisa menghubungi pemilik hewan tersebut lewat aplikasi.

Utarakan permintaan pertemananmu dan jalin hubungan lebih dekat antar hewan peliharaan dan sesama pemilik dengan mengikuti komunitas hewan di sini. Bertukar informasi dan memberikan pertolongan saat ada yang membutuhkan bukanlah hal yang tak mungkin. Pertemanan antar pemilik hewan dan hewan peliharaan itu sendiri akan jauh lebih mudah dan menyenangkan.

Setelah melihat beberapa rekomendasi aplikasi di atas kamu jadi makin tahu kelebihannya kan? Semua aplikasi tersebut bisa diunduh di App Store iOS maupun Android Play Store. Nah, mulai dari sekarang yuk berikan perhatian lebih pada si anak bulu kesayangan. Tentu saja dengan cara memastikan ia tumbuh dan berkembang dengan baik dan sehat.