Mengenal Berbagai Sistem Solar Panel di Indonesia

Sama dengan benda yang lainnya, panel surya juga memiliki sistem yang nanti membuat alat ini berfungsi dengan baik. sistem dari solar panel ini terdiri dari beberapa bentuk. Dimana setiap sistem bakal mempunyai keunggulan masing-masing. Lalu seperti apa saja sistem yang ada dalam panel surya? berikut paparan lengkapnya untuk anda.

Jenis Jenis Sistem Solar Panel

  1. Sistem Off Grid

Salah satu sistem yang ada dalam panel surya yaitu off grid. Dimana cara kerja sistem tersebut akan memakai baterai untuk menyimpan tenaga surya, sehingga pada saat jaringan pada listrik mati, maka bagian sistem ini masih bisa digunakan dengan maksimal. Dengan proses perencanaan yang baik maka sistem keren ini akan mampu menghasilkan daya yang mencukupi sepanjang tahun.

Cara kerja dari sistem off grid ini dimulai dari sinar matahari yang diterima, kemudian akan diubah menjadi suatu arus searah ke regulator. Dimana baterai yang ada dalam sistem ini berfungsi untuk menyimpan energi listrik DC. Kemudian Inverter akan menarik listrik yang berasal dari dalam baterai serta diubah menjadi arus AC pada panel surya.

  1. Sistem On Grid

Berbeda dengan sebelumnya, untuk sistem on grid bekerja langsung dengan listrik yang dihasilkan bersama oleh jaringan PLN. Sistem On Grid pada solar panel ini bisa diaplikasikan pada berbagai hal, salah satunya untuk hunian anda. Tidak hanya itu, on grid uga dapat digunakan dalam skala besar seperti perkantoran, perumahan, pabrik dan gedung bangunan lainnya.

Untuk cara kerja dari on grid pada panel surya dapat dimulai dari sinar matahari yang diterima akan diubah menjadi arus searah. Kemudian bagian inverter akan mengubah aliran tersebut menjadi arus bolak balik yang nantinya bakal disinkronkan dengan listrik dari PLN. Jika penggunaan dari energi surya mulai berlebih, maka energi canggih ini bisa langsung di ganti dengan PLN.

  1. Sistem Hibrida

Terakhir ada sistem hibrida yang bisa menghasilkan energi listrik dari panel surya dan dapat digabungkan dengan PLN. Dua sumber listrik tersebut nantinya bakal saling mendukung jika terdapat kekurangan daya atau saat ada pemadaman listrik. Keunggulan dalam menggunakan sistem ini yaitu listrik akan tetap menyala meskipun terjadi pemadaman.

pada sistem hybrid, solar panel akan menjadi sumber energi utama dan ditampung ke dalam baterai. Pada saat pemakaian listrik yang melebihi dari kapasitas baterai yang dimiliki, maka arus yang bersumber dari PLN bakal dimasukkan otomatis oleh sistem yang dipakai. Cara kerja sistem ini sama dengan off grid, yang membedakan hanya tidak ada perubahan menjadi arus DC.

Kesimpulan

Kesimpulannya bahwa sistem dari panel surya ini terdiri dari 3 hal. Pertama ada Sistem Off Grid, lalu System On Grid, dan yang terakhir ada Sistem Hibrida. Ketiga hal tersebut memiliki kelebihan masing-masing. Namun bagi anda yang mulai tertarik menggunakan panel surya dengan sistem tersebut sangat mudah. Anda hanya perlu DP 0% ke SUN Energy, dijamin barang bisa langsung datang.