Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang Online Aman dan Murah

Seiring perkembangan teknologi yang kian pesat, rasanya semua aktivitas serba dimudahkan, mulai dari pesan makanan yang hanya mengandalkan aplikasi, bayar apapun tinggal sekali tap, hingga belanja perabot rumah tangga pun bisa dilakukan melalui internet.

Saat berbelanja online tentu saja Anda membutuhkan jasa ekspedisi untuk mengirimkan barang kepada pembeli. Pengiriman paket menggunakan jasa ekspedisi pun tidak hanya bisa dilakukan antar kota atau pulau di Indonesia saja. Namun kini sudah banyak jasa pengiriman barang yang menyediakan layanan kirim paket ke Arab Saudi, Hongkong, dan negara lainnya.

Tapi, sebelum kirim paket ke negara negara tetangga, Anda harus tahu tips memilih pengiriman barang online aman dan murah. sehingga barang bisa sampai ke penerima dengan selamat dan tidak rusak akibat perjalanan yang panjang.

Kira-kira, apa saja tips memilih jasa pengiriman barang online aman dan murah, serta apa saja yang perlu diperhatikan? Untuk mengetahui apa saja tips lengkapnya, simak ulasan berikut ini!

Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang Online Aman dan Murah

Memilih jasa pengiriman barang ke luar negeri memang tidak bisa dilakukan asal-asalan. Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut sebagai pertimbangan.

  • Pilih perusahaan pengiriman barang yang memiliki legalitas dan surat izin

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam memilih jasa pengiriman barang online yang aman adalah, cek legalitas serta surat izin yang dimiliki oleh perusahaan terkait. Saat ini, perusahaan pengiriman barang tetap bisa beroperasi meskipun tidak memiliki izin sehingga Anda perlu untuk hati-hati agar tidak merugi di akhir.

  • Memiliki standar tarif yang jelas

Tips selanjutnya jika ingin menggunakan jasa pengiriman barang online yang aman adalah dengan memperhatikan tarif yang ditetapkan perusahaan tersebut.

Pastikan tarif yang dimiliki oleh perusahaan tersebut jelas. Dengan begitu customer bisa mengecek berapa biaya yang dibutuhkan sebelum mengirimkan barangnya.

  • Perhatikan estimasi pengiriman

Tips sebelum memilih jasa pengiriman barang yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan kapan estimasi pengiriman barang bisa sampai.

Pilih jasa pengiriman barang yang menawarkan estimasi yang tepat waktu, tidak hanya sekeda “janji” belaka. Mengingat saat ini banyak jasa pengiriman yang cukup lambat dan pengiriman tidak sesuai estimasi yang dijanjikan.

  • Jaminan keamanan

Memilih jasa pengiriman yang memiliki jaminan keamanan sangat penting. Karena jaminan inilah yang akan mempertanggungjawabkan jika terjadi kerusakan barang akibat kesalahan ekspedisi.

Memang tidak semua ekspedisi bisa menjamin demikian, namun ada beberapa yang berani memberikan jaminan keamanan sebagai bentuk pelayanan ekstra.

  • Menyediakan fitur tracking

Untuk mengetahui barang yang dikirim sudah sampai mana, biasanya kita akan mengeceknya dengan nomor resi pada fitur tracking. Jadi, pastikan Anda menggunakan jasa pengiriman barang yang menyediakan fitur tracking pada website resminya.

  • Memiliki banyak armada

Untuk mempercepat pengiriman, biasanya pihak jasa pengiriman akan memperbanyak armadanya. Nah, Anda bisa mengetahui jumlah armada yang digunakan salah satunya yakni melalui jenis layanan pengiriman yang ditawarkan.

Itulah beberapa tips memilih jasa pengiriman barang online aman dan murah. Beberapa poin yang sudah disebutkan di atas bisa menjadi referensi Anda sebelum memilih jasa pengiriman yang terbaik.