Cara Memotret Bokeh yang Tajam dan Indah

Bokeh merupakan salah satu istilah yang memiliki arti blur, buram atau unfocused. Nah kata bokeh ini berasal dari Negara Sakura. Kata bokeh ini sudah tidak asing lagi khususnya bagi dunia fotografi.

Seperti yang kita ketahui bahwa memotret bokeh tidaks meudah yang dibayangkan. Karena untuk menghasilkan foto bokeh yang tajam dan indah ternyata ada trik khusus yang harus kamu lakukan sebelum mengambil foto.

Kamu juga bisa baca di website Gentlemancode mengenai penjelasan seputar teknologi dan games yang mungkin kamu butuhkan. Perlu kamu tahu bahwa Ketika memotret untuk menghasilkan foto boke yang ciamik tidaklah seperti emmbalikkan kedua telapak tangan.

Namun kamu bisa loh memotret foto bokeh yang hasilnya tajam dan indah. Kamu juga membutuhkan kamera dengan lensa serta spesifikasi yang bisa mendukung untuk memotret foto bokeh. Selain itu, kamu juga bisa melakukan beberapa cara memotret bokeh berikut ini:

1.      Background, latar depan dan objek

Cara yang pertama ialah perhatikan background objek. Nah jika objek background semakin jauh, nantinya akan menghasilkan lebih bagus untuk foto bokehnya. Begitu pula sebaliknya.

Jadi sebelum mengambil foto, silahkan atur terlebih dahulu sebuah objek pada posisi yang berjauhan dari background agar hasil bokehnya lebih tajam.

2.      Pengaturan aperture dan focal length lensa

Cara yang kedua ialah pengaturan aperture dan focal length lensa. Efek bokeh ini bisa kamu dapatkan pada lensa kamera DSLR pada bukaan terkecil. Maksudnya ialah angkat dibelakang f/ ialah jumlah yang ebsar.

3.      Depth of field / DOF

Cara yang ketiga ialah depth of field. Jadi sebelum memotret, sebaiknya pahamilah terlebih dahulu mengenai depth of field atau biasa disebut dnegan DOF. Nah DOF ini merupakan rentang jarak objek foto kepada kamera.

Hal ini perlu dilakukan supaya bisa menghasilkan foto bokeh yang tajam dan bagus. Jadi kamu berada dalam jarak jauh dari sumber cahaya dan jangan lupa untuk mengaktifkan fokus pada mode manual.

4.      Pencahayaan

Cara yang keempat ialah pencahayaan. Cara ini merupakan cara yang terbaik dan termudah dalam pengambilan foto bokeh. Intinya cahayan yang akan digunakan nantinya akan bergantung pada objek foto yang akan kamu ambil.

Oleh sebab itu, sebelum mengambil foto, kamu harus mengetahui letak cahaya yang abgus untuk pengambilan foto bokeh tersebut.

5.      Gunakan Peralatan tambahan

Cara yang kelima ialah kamu bisa menggunakan peralatan tambahan. Adapun peralatan tambahanya yaitu seperti tripod supaya kamera selalu dalam keadaan stabil dan tidak goyang-goyang.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan perlatan lainya seperti lensa prime atau lensa lainya dan juga menggunakan filter jika hal ini dibutuhkan. Dengan menggunakan peralatan tambahan juga bisa membantu kamu memotret foto bokeh yang lebih tajam dan indah.