Tips Memilih Kusen Pintu Dengan Mudah Agar Tidak Menyesal

Pintu merupakan salah satu bagian yang mempunyai peranan cukup penting dalam sebuah rumah. Pintu sendiri mempunyai mempunyai manfaat sebagai penghubung antara satu ruangan dengan ruangan yang lainnya, agar tidak bercampur baur. Sedangkan dari sudut pandang exterior, pintu mempunyai peranan sebagai pengaman rumah.


Menarik atau tidaknya sebuah rumah bisa dilihat salah satunya dari jenis atau model pintu yang dimilikinya. Jika desain pintu dan model rumah tidak sesuai, maka yang terjadi ketidak enakan pada saat dipandang mata.

Berbicara mengenai pintu, pintu sendiri mempunyai jenis atau macam yang sangat beragam, jadi untuk anda yang saat ini sedang membutuhkan model desain pintu rumah sudah tidak perlu bingung lagi, karena untuk refrensinya anda sudah bisa mencari di internet.

Sebelum memasang pintu rumah, pastinya sudah memasang kusen pintu terlebih dahulu. Apakah itu kusen pintu? berikut ini akan sedikit kami jelaskan untuk anda tentang apa itu yang dimaksud dengan kusen pintu.

Kusen pintu merupakan sebuah tatanan atau kontruksi yang memang dirancang khusus untuk menempatkan daun pintu, entah itu pintu utama maupun jendela. Jika anda masih kurang paham dengan apa yang dimaksud kusen, maka kusen bisa disebut juga dengan istilah lain sebuah bingkai yang mempunyai fungsi untuk meletakkan pintu maupun jendela.

Dalam pembuatan kusen pintu bahan utama yang digunakannya adalah kayu asli dan bisa juga menggunakan logam. Untuk kusen pintu dengan material kayu asli biasanya digunakan untuk rumah tinggal. Pasalnya kusen dengan material kayu asli lebih mempunyai nilai estetika serta nilai seni yang tinggi jika dibandingkan dengan material logam.

Sedangkan untuk kosen pintu dengan material logam biasanya banyak digunakan oleh pabrik-pabrik. Salah satu alasannya adalah karena kusen atau bingkai pintu dengan bahan baku logam lebih tahan lama, kokoh dan juga kuat. Namun sayangnya jika dilihat dari nilai seni, kusen dari material ini kurang mempunyai nilai seni.

Sebenarnya entah itu menggunakan bahan baku logam maupun kayu keduanya mempunyai manfaat yang sama, yakni sebagai tatanan atau kontruksi tempat daun pintu atau daun jendela.

Nah, jika saat ini sedang melakukan proses pembangunan terhadap hunian baru anda dan bingung ingin menggunakan kusen pintu yang bagaimana, maka artikel ini cocok untuk anda. Karena pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi tentang tips memilih kusen pintu untuk anda semua.

Tips Memilih Kusen Pintu

Pertama, pastikan anda memilih kusen pintu yang menggunakan material kayu berkualitas tinggi. Dalam hal ini anda bisa mencoba cek pada warna kambium yang terdapat pada kayu. Selain itu anda juga harus memperhatikan apakah kayu tersebut sudah kering atau masih basah. Pastikan kayu yang anda pilih sudah benar-benar kering.

Kedua, ukur area terlebih dahulu agar kusen yang akan anda buat atau anda beli nantinya sesuai.

Ketiga, pilih kusen pintu yang mempunyai nilai keindahan yang lebih. Dalam hal ini anda bisa mencoba melihat pada kusen pintu jepara, karena produk-produk disana untuk kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi.