Keuntungan Payment Gateway, Sistem Pembayaran Terintegrasi

Keuntungan payment gateway ada banyak sekali. Saat ini teknologi semakin berkembang dan banyak transaksi secara online. Jadi, konsumen tidak perlu bertatap muka saat melakukan jual beli. 

Cara belanja konvensional telah beralih menjadi online. Sehingga tidak perlu pergi ke luar rumah atau mengantri di kasir untuk memenuhi kebutuhan.

Berbagai Macam Keuntungan Payment Gateway


Payment gateway merupakan gerbang pembayaran dalam layanan e-commerce. Media pembayaran online ini dapat berupa kartu kredit maupun debit. Ketika melakukan transaksi sangat mudah dan terbilang cepat.

Para pelaku bisnis dan konsumen dapat bertransaksi dari berbagai penjuru dunia. Pasalnya, sudah tersedia berbagai aplikasi mobile dan jaringan internet dimana-mana.

Pembayaran online mempunyai banyak keuntungan, baik bagi pembeli atau penjual. Sebagian besar payment gateway saat ini telah mendukung banyak mata uang. Selain itu, metode pembayarannya cukup mudah. Seperti, tidak perlu mempunyai banyak rekening dari berbagai bank untuk dapat menerima pembayaran online.

Proses transaksi sangat cepat dan dapat secara bersamaan. Pembayaran online dapat melakukan proses hingga ribuan transaksi dalam waktu yang cepat. 

Keuntungan lainnya adalah dapat mengakses mengenai informasi tagihan pembayaran. Jadi, anda tidak perlu membuka laman situs-situs lain. Kemudian sistem pembayaran ramah pengguna, penjual dapat menerima uang dengan langsung diteruskan ke rekening utama sang penjual. 

Sistem Keamanan Payment Gateway

Sistem pembayaran sangat aman dan tidak akan terjadi kecurangan. Karena terdapat sistem keamanan yang terpercaya. Jadi, anda tidak perlu ragu melakukan transaksi secara online. 

Setiap transaksi dari konsumen dapat terlindungi dengan Address Verification System atau AVS. Kemudian sistem ini akan melacak rincian tagihan konsumen di merchant pada alamat resmi terdaftar. 

Selanjutnya Car Security Code berupa penambahan kode tiga digit angka saat bertransaksi. Lalu 3D Secure Password yang bermanfaat sebagai otorisasi transaksi online.

Tips Aman Transaksi Online

Teknologi yang semakin canggih membantu transaksi jual beli secara online lebih cepat dan mudah. Kemudian untuk menjaga keamanan transaksi melalui payment gateway dapat memanfaatkan cyber security tool. 

Anda tidak boleh memberikan informasi rekening pada siapapun. Seperti nomor PIN dan akses kartu kredit. Kemudian pastikan keamanan ketika bertransaksi online melalui situs e-commerce.

Rekomendasi Payment Gateway Terbaik

Berikut beberapa rekomendasi payment gateway yang bisa anda gunakan.

PrismaLink Internasional

Salah satu perusahaan gateway terbaik di Indonesia yang dapat anda andalkan adalah PrismaLink Internasional. Karena dapat melayani banyak merchant dengan kategori seperti rumah sakit, marketplace, travel, asuransi, sekolah, dan masih banyak lagi. 

Keunggulan lain dari PrismaLink telah mendapatkan izin resmi dari Bank Indonesia. Bersama PrismaLink, merchant dapat menerima pembayarannya dari Virtual Account, Kartu Kredit, Debitin (Direct Debit), Gerai Retail, QRIS, Payment Link dan berbagai layanan lainnya. Untuk dapat terhubung dengan Prismalink, Anda dapat menggunakan plugin dan dokumen API yang lengkap.

Gerai Retail

Gerai retail memudahkan transaksi, konfirmasi, dan notifikasi pembayaran akan anda dapatkan secara real time. Dengan layanan ini Anda dapat menjangkau pembeli yang tidak memiliki rekening bank atau pembeli-pembeli di daerah.

Cara Kerja Payment Gateway

Metode pembayaran online sangat sederhana, namun memerlukan beberapa tahapan. Mekanismenya melalui proses cepat, kunjungilah website toko online yang anda kehendaki. Jika sudah memilih dan memutuskan untuk membelinya maka koneksikan dengan sumber dari payment gateway.

Kemudian sistem akan melanjutkan processor dari bank penerbit kartu yang akan anda gunakan. Selanjutnya informasi transaksi diteruskan ke asosiasi penerbit kartu untuk pembayaran, misalnya saja Visa atau Mastercard. 

Bank terkait akan mengirimkan balasan ke prosesor melalui kode khusus dan memberikan notifikasi transaksi. Apakah transaksi berhasil atau gagal.

Informasi juga akan diteruskan ke payment gateway lalu menuju website dan situs merchant serta konsumen. Berbagai macam transaksi bisa dilakukan dengan mudah, dan inilah yang menjadi keuntungan payment gateway.