Ambil Jurusan Psikologi Apa Menariknya?

Di beberapa Universitas yang ada di Indonesia memiliki data bahwa hasil penerimaan mahasiswa baru jurusan psikologi  terus meningkat tiap tahunya. Banyak mahasiswa yang mendaftar sebagai calon mahasiswa baru di jurusan psikologi.

Banyak pertanyaan yang terlontarkan? Mengapa sih banyak mahasiswa baru yang mengambil jurusan psikologi? Bahkan tiap tahun, selalu meningkat untuk jumlah mahasiswanya? Semenarik itukah jurusan psikologi baik di Universitas negri maupun swasta?


Kampus Psikologi menjadi salah satu trend jurusan yang diminati banyak anak lulusan tingkat SMA ini. Penasarand engan alasanya? Nah berikut beberapa alasan mahasiswa yang tertarik dengan jurusan tersebut.

1.      Prospek Karir Luas

Alasan pertama yaitu untuk prospek karir luas. Bukan tanpa alasan, seperti yang kita tahu bahwa banyak orang yang beranggapan jika mengambil jurusan psikologi memiliki jenjang karir yang lebih mapan karena memang prospeknya lebih luas jka dibandingkan dengan jurusan lainya yang ada di kampus.

Lulusan psikologi bisa bekerja bukan hanya sebagai pegawai pada bagian sumber daya alam, namun bisa juga bekerja di bagian lainya yang berhubungan dengan sumber daya alam.

Oleh sebab itu, jurusan psikologi memiliki banyak peminat bagi anak yang baru lulus tingkat SMA ini. Jika Anda lulusan psikologi dan tidak ingin bekerja di bagian sumber daya alam, tentu  masih bisa kok.

Anda bisa bekerja menjadi profesi lain seperti guru bimbingan konseling, psikolog, konselor, market research, pelatih pengembangan sumber daya alam dan dosen psikologi.

Oleh sebab itu, Anda tidak perlu ragu untuk mengambil jurusan psikologi karena prospek karir sangatlah luas.

2.      Jurusan yang  Menyenangkan

Alasan kedua yaitu jurusan psikologi merupakan jurusan yang menyenangkan bagi orang yang benar-benar berminat. Bagi yang ebrminat dengan jurusan ini, tentunya Anda akan belajar tentang banyak hal.

Seperti mempelajari beberapa informasi mengenai keprobadian manusia, gangguan mental, mental, pola asuh anak, perilaku anak-anak hingga perilaku dewasa dan lain sebagainya yang tentunya banyak hal yang menarikd an menyenangkan.

3.      Pengetahuan Aplikatif

Alasan ketiga yaitu karena ilmu psikologi emrupakan ilmu pengetahuan yang aplikatif yang tentunya mengikuti perkembangan jaman. Kenapa demikian? Karena ilmu psikologi akan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari yang akan dicari solusinya dengan tepat.

4.      Dapat Membantu Manusia

Alasan yang keempat yaitu ilmu psikologi dapat membantu manusia untuk menagatasi masalah yang terjadi di kehidupan sehari-hari.

5.      Mempelajari Banyak Tentang Manusia

Alasan yang kelima yaitu bisa mempelajari banyak tentang manusia. sebegitu menariknya jurusan psikologi karena ketika mendalami ilmu psikologi, secara tidak langsung akan mempelajari ilmu yang berkaitan dengan medis.

6.      Pekerjaan untuk Ahli Komputer

Alasan yang keenam yaitu psikologi merupakan salah satu pekerjaan ahli komputer yang biasa disebut dengan neuropsikologi.