5 Rekomendasi Situs Download Lagu Gratis Yang Bisa Anda Coba

Mendengarkan lagu memang menjadi kegiatan favorit banyak orang. Mendengarkan musik saat ini menjadi sangat mudah, karena sudah terdapat banyak situs yang menawarkan fasilitas free download. Sehingga siapa saja yang ingin mengunduh dan mendengarkan bisa mengunjungi situs yang sudah disediakan.

Berikut beberapa situs download lagu gratis yang disari dari beberapa artikel milik media online Harapan Rakyat

Daftar Situs Yang Memberikan Fasilitas Free Download

1. Jamendo

Salah satu situs yang mungkin tidak begitu dikenal oleh banyak orang. Namun, situs ini menawarkan fasilitas dapat mendukung artis independen. Jamendo sendiri sebuah situs yang berada dibawah lisensi Creative Commons. Situs ini mengklaim diri mereka sebagai situs streaming gratis atau bisa mengundung music secara gratis dan mudah.

Ada beberapa fitur yang ditawarkan oleh Jamendo, salah satunya situs ini memiliki perpustakaan musik dengan jumlah kurang lebih hingga 500.000 lagu dari 40.000 penyanyi yang membawakannya. Dengan jumlah lagu sebanyak itu, situs ini tetap mempertahankan keunggulannya dengan memberikan secara gratis kepada pendengarnya.

Format untuk mengunduh lagunya pun bervariasi, Anda bisa memilih menggunakan format MP3 dan OGG atau dalam format lainnya yang tersedia. Jumlah lagu sebanyak itu dari hampir 40.000 penyanyi, disebabkan oleh situs download lagu gratis Jamendo menjadi ruang bagi artis-artis independen dan tidak hanya yang sudah terkenal saja.

2. Soundcloud

Siapa yang tidak mengenal Soundcloud? Salah satu situs musik yang cukup digandrungi bahkan hingga saat ini. Soundcloud menjadi platform gratis dan juga legal, sehingga dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin streaming musik tanpa batas dan mengunduhnya secara cuma-cuma tanpa dipungut biaya.

Jenis musik dan penyanyi yang tersedia di Soundcloud juga cukup lengkap, Anda hanya perlu untuk klik pada kolom bertuliskan search yang berada pada sisi bagian atas pada platform. Dengan begitu Anda bisa menemukan jenis lagu, artis hingga band favorit yang biasa Anda dengar. Untuk mengunduh lagunya hanya perlu menekan tombol Download Gratis pada lagu yang dipilih.

3. Datpiff

Situs download lagu gratis selanjut yakni Datpiff. Menjadi satu-satunya situs yang menawarkan sistem free download meskipun lagu tersebut berasal dari artis-artis yang cukup mainstream. Tidak heran, Datpiff menjadi situs utama yang dikunjungi jika ingin mengunduh lagu baru yang sedang rilis.

Tidak hanya itu, platform musik gratis ini juga menyuguhkan fasilitas seperti dapat melihat jadwal rilis dan mendengarkan playlist yang dibuat oleh para penggemar. Terdapat fitur pemutar pop-out yang dapat memberikan kemudahan agar lagu dapat didengar terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk diunduh.

Datpiff juga menyediakan aggregator berita, sehingga pendengar tidak hanya bisa mendengarkan musik tetapi juga bisa membaca cerita yang terkumpul pada situs-situs seperti HipHopLately dan masih banyak lagi. Dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan membuat platform ini banyak yang menggemari.

4. Amazon Music

Pihak Amazon.com juga ikut merilis situs yang khusus untuk koleksi musik saja. Layanan musik streaming yang bernama Amazon Music ini mendapatkan banyak iklan sehingga mereka mampu untuk merilis sebuah platform yang dibuat untuk para penggemar musik. Layanan ini tidak hanya tersedia bagi iOS saja namun juga pengguna Android juga bisa menikmatinya.

Amazon Music menawarkan dua macam yang bisa dipilih pendengarnya, yakni musik gratis atau yang berbayar dan dikenakan tarif berlangganan sendiri. Untuk mendapatkan gratis mendengar musik Anda hanya perlu menonton iklan yang sudah disiapkan oleh pihak Amazon dengan waktu tertentu.

5. Stafaband

Menjadi salah satu situs yang paling update mengenai lagu-lagu Indonesia, tidak heran jika situs download lagu gratis seperti Stafaband menjadi cukup populer. Aplikasinya pun bisa diunduh secara gratis di Play Store. Meskipun menawarkan download lagu secara gratis tidak menurunkan kualitas Stafaband untuk menyediakan musik-musik yang lengkap dan terbaru.

Stafaband juga memiliki kelebihan yakni Anda bisa mengunduh file berupa video dengan format MP4. Sehingga, pada dasarnya situs Stafaband tidak hanya menyediakan gratis download untuk format MP3 saja tetapi juga MP4. Fitur pencarian dan pengunduhan dari Stafaband juga sangat mudah.

Itulah beberapa situs yang menawarkan layanan gratis unduh untuk koleksi musik yang disediakan. Anda bisa mengunjungi situs-situs tersebut atau langsung mengunduh aplikasinya jika memang tersedia pada sistem Android atau iOS yang digunakan. Mendengarkan musik menjadi lebih mudah sejak adanya situs-situ gratis tersebut.