Cara Mengingkatkan Efektifitas Banner

 Banner adalah salah satu alat promosi yang efektif jika digunakan dengan tepat namun apakah banner anda sudah efektif atau belum? Sebuah banner dikatakan efektif jika dapat mendatangkan kunjungan, pendaftaran atau pembelian sebuah produk.

Efektivitas sebuah banner harus benar-benar diperhatikan secara seksama karena jika tidak seseorang akan mengalami kerugian tanpa mengerti ternyata bannernya lah penyebab kerugian tersebut. Promosi yang ilakukan terus menerus dapat menyebabkan kerugian dalam promosi.





Lalu bagaimana cara meningkatkan efektivitas banner? Berikut ulasannya:


1. Sebuah banner harus memiliki struktur yang benar


Sebuah struktur merupakan salah satu hal utama dan sangat penting. Dengan struktur yang benar, maka banner akan jauh lebih menarik dan informatif. Elemen dalam banner harus memenuhi beberapa hal seperti pewarnaan yang tepat, gambar yang bagus, headline dan penjelasan yang singkat dan jelas, apa yang ditawarkan jelas (promosi, potongan harga, dan lainnya) sehingga sebua banner menjadi lebih bernilai.


2. Pesan yang disampaikan jelas


Pesan yang akan disampaikan haruslah benar-benar jelas dan dapat dipahami oleh semua orang yang melihat banner tersebut. Disini saya menggunakan prinsip 2 detik yang artinya seseorang harus mampu  memahami isi banner hanya dengan melihat banner itu selama dua detik. Memang terlihat ekstrem, namun ini sangatlah efektif. Maka penggunaan banner dan gambar sangat penting disini. Setelah 2 detik seseorang baru akan memutuskan apakah ingin melanjutkan membaca sebuah banner atau tidak memedulikannya. Pesan yang ditulis harus berupa intitnya saja, bukan informasi detail.


3. Call to action


Call to action atau dalam bahasa Indonesia-nya ungkapan untuk bertindak, adalah sebuah ungapan atau kata-kata yang disematkan didalam banner yang mendorong seseorang untuk mengambil tindakan segera setelah mereka membaca banner anda. Kata-kata dalam call to acion biasanya berbunyi “Klik Disini”, “Pesan Sekarang”, Hubungi Segera”, “Saya Mau”. Tempatkan call to action di bagian bawah banner dengan warna yang kontras, jelas, dan berbentuk sebuah tombol sehingga terlihat penekanan untuk melakukan action itu sekarang juga.


4. Gambar yang mendukung


Gambar yang mendukung sangat penting bagi sebuah banner. Jika sebuah banner memiliki gambar yang mendukung, maka banner tersebut memiliki kekuatan yang lebih dalam mengomunikasikan maksud banner tersebut. Namun sayangnya kita banyak menemukan jasa desain banner yang tidak memiliki gambar pendukung yang baik.


Sumber: http://desainbanner.web.id/