Pengertian dari Kalori dan Berapa Kalori yang Dibutuhkan Setiap Hari?

Pengertian dari kalori - Kalori mempunyai peran yang sangat penting untuk tubuh manusia, tanpa adanya kalori dalam tubuh manusia, sel-sel yang terdapat dalam tubuh akan mati. Selain itu, seluruh organ vital yang terdapat dalam tubuh seperti paru-paru, jantung tidak akan mampu bekerja secara maksimal.

Melihat pentingnya kalori untuk kebutuhan manusia, untuk itu dalam pengkonsumsian kalori sendiri harus pas, karena jika terlalu rendah atau terlalu tinggi maka akan menyebabkan permasalahan bagi kesehatan.

Kalori juga menjadi unit dari energi, kalori mengacu pada energi yang mana untuk bisa mendapatkannya diperoleh dari makanan serta minuman yang telah kita konsumsi setiap harinya. Kemudian tubuh menggunakan energi tersebut untuk menjadi bahan bakar dalam melakukan berbagai aktivitas.

Nah, yang saat ini sering menjadi permasalahan adalah bahwa kita belum paham berapa sebenarnya jumlah kalori yang harus kita makan setiap hari agar tetap sehat tanpa harus khawatir tentang kelebihan berat badan. Karena jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan kalori yang tinggi maka bisa menjadi pemicu obesitas serta bisa meningkatkan resiko penyakit jantung, kanker dan juga stroke.

Namun perlu kita ketahui jika kandungan gula yang terdapat dalam makanan berkalori yang tinggi merupakan sumber kalori ekstra yang tidak diperlukan untuk tubuh manusia. Parahnya, kalori ekstra tersebut mempu menambah berat badan serta mempunyai peran sebagai pemicu terjadinya penyakit jantung.

Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) di Indonesia, rata-rata kebutuhan kalori untuk pria dengan usia 30 hingga 49 tahun adalah 2.625 kkal setiap harinya. Sementara itu untuk wanita yang berusia 30 hingga 49 tahun kebutuhan kalorinya adalah 2.150 kkal dalam setiap harinya. Informasi tersebut bersumber dari halaman depkes.go.id.

Akan tetapi sebenarnya kebutuhan kalori pada setiap manusia sangat berbeda-beda, tergantung dari berat badan, usia, gaya hidup, tinggi badan, kesehatan dan juga aktivitas apa saja yang telah dilakukannya.

Cara Membakar Kalori

Pada saat kita melakukan perhitungan jumlah kalori, kita tidak hanya fokus pada apa yang telah kita konsumsi, namun juga fokus pada seberapa besar kalori yang kita bakar. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk melakukan pembakaran kalori dengan tujuan menurunkan berat badan yang efektif.

Jangan Meninggalkan Sarapan

Sarapan pagi mempunyai kandungan protein serta lemak yang sehat serta berfungsi menjadikan kita merasa kenyang lebih lama. Selain itu, dengan sarapan pagi mampu mencegah kita ngemil pada saat siang hari.

Konsumsi Makanan Dengan Serat Tinggi

Dalam hal ini anda bisa mengkonsumsi aneka kerbohidrat seperti oatmeal, gandum, beras merah, kacang-kacangan dan juga aneka lemak sehat seperti alpukat. Makanan tersebut lebih sulit dicerna oleh tubuh, dengan begitu anda tidak akan mudah merasa lapar.

Pilih Camilan Buah Dan Sayur

Gunakan buah-buahan serta sayuran sebagai camilan anda, karena kaya dengan nutrisi serta serat, akan tetapi mempunyai kalori yang rendah.

Olahraga dan Minum Air Yang Cukup

Sering melakukan olahraga mampu membantu tubuh dalam melakukan pembakaran kalori. Olahraga yang paling mudah untuk anda lakukan adalah jalan cepat ataupun juga lari-lari kecil. Selain itu, anda juga harus mengkonsumsi air putih yang cukup.

Itulah pengertian dari kalori dan pentingnya kalori untuk tubuh manusia. Semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih