Ini Bahaya Sakit Maag Jika Disepelekan

Sebagian dari anda tak akan asing dengan yang namanya Sakit Maag. Gejala yang muncul yaitu mual, perut kembung atau muntah. Lantas apakah bahaya sakit maag itu? Disini kita akan membahasnya.

Jika berbicara tentang maag sudah tentu kita akan membahas asam lambung. Lantas apa sih asam lambung itu? Asam lambung adalah sebuah zat yang sangat berperan dalam proses pencernaan manusia. Dengan adanya asam lambung makanan yang kita makan akan dicerna melalui lambung dengan zat asam ini.


Asam lambung memiliki sifat korosif atau bisa mengikis apapun yang masuk ke lambung. Oleh karenanya jika asam lambung ini berlebihan akan menimbulkan masalah kesehatan. Masalah yang muncul seperti diantaranya perut kembang, nyeri perut, diare dan lain sebagainya.

Maag dan Asam Lambung

Penyakit asam lambung pada umumnya akan mengalami sakit maag terlebih dahulu. Maag adalah gejala-gejala yang muncul pertama kali ketika mengalami masalah pada lambung. Gejala ini seperti diantaranya begah, perut kembung, dan diare.

Nah jika ini terus dibiarkan dan kita tidak bisa menjaga apa yang kita makan maka asam lambung yang naik akan menimbulkan penyakit-penyakit lain seperti iantaranya GERD, tukak lambung dan sebagainya.

Bahaya Asam Lambung jika Terlalu Sedikit

Kadar asam lambung dalam tubuh ada takarannya. Tidak boleh terlalu banyak dan terlalu sedikit karena ini akan menimbulkan masalah kesehatan. Kita sebagai manusia wajib mensyukuri nikmat ini. Karena Allah SWT sudah mendesain tubuh dan memeliharanya. Bayangkan hanya produksi asam lambung yang tidak teratur saja, masalah kesehatan akan sangat terganggu.

Asam lambung yang produksinya terlalu sedikit dalam medis ini disebut hipokloridia. Anda akan mengalami banyak gejala seperti diantaranya :
  • Perut kembung
  • Sering bersendawa
  • Diare
  • Nyeri perut atau nyeri ulu hati
  • Mual dan muntah
  • Tubuh terasa lemas
  • Sering buang angin
Tak hanya itu, produksi asam lambung yang kurang, jika dibiarkan dalam waktu yang lama akan menimbulkan tubuh kekurangan vitamin, gizi, protein tertentu dan mineral. Ini diakibatkan karena kurangnya zat asam pada lambung akan menghambat pencernaan tubuh dalam memproduksi nutrisi tersebut.

Bahaya Asam Lambung jika Terlalu Banyak

Namun sebaliknya jika produksi asam lambung ini terlampau banyak juga bakal menimbulkan banyak gangguan pada kesehatan. Seperti diantaranya adalah sebagai berikut :

1.  GERD atau asam lambung kronis

Gerd disebut juga dengan asam lambung kronis. Dimana naiknya asam lambung keatas kerongkonan melukai daerah sekitar dinding kerongkongan. Ini menimbulkan sensasi panas di dada, sakit saat menelan, dan liur berwarna cokelat karena bercampur darah luka iritasi dinding kerongkongan tersebut.

2. Nyeri Ulu Hati

Dalam dunia medis, nyeri ulu hati ini disebut juga dengan heartburn yaitu sensasi terbakar di area dada di perut bagian atas. Biasanya kondisi ini diakibatkan adanya tukak lambung atau iritasi luka yang sedikit lebih besar di sekitar esofagus atau pun dinding kerongkongan.

3. Gigi Rusak

Lambung yang naik keatas juga dapat merusak gigi dan menimbulkan bau tak sedap pada mulut. Dalam beberapa kasus mereka kadang tidak menyadari bahwa giginya rusak diakibatkan oleh naiknya asam lambung.

Nah itulah tadi beberapa informasi seputar sakit maag dan asam lambung. Semoga bisa bermanfaat.