Peluang Bisnis Usaha Mebel dan Tips Cara Memulainya

Jika anda menilik mengenai peluang bisnisusaha mebel maka sepertinya bakal terbuka lebar. Maklum saja karena memang saat ini orang-orang lebih menyukai kursi mebel kayu ketimbang sofa. Alasannya barangkali mebel terlihat lebih elegan, klasik, mewah dan menarik.

Peluang bisnis usaha mebel

Ditengah persaingan globalisasi seperti sekarang ini kita harus ikut bersaing didalamnya. Salah satu produk komoditi pasar lokal yang bersaing di luar negeri adalah mebel. Apalagi mengingat permintaan impor dari luar negeri untuk produk mebel di Indonesia terbilang cukup banyak.

Cara memulai bisnis usaha mebel

Nah berikut ini adalah 10 hal yang harus anda perhatikan sebelum anda terjun ke bisnis mebel. Silakan disimak ulasannya dibawah ini :
  1. Lokasi
Lokasi barangkali menjadi salah satu faktor yang wajib anda perhitungkan ketika ingin memulai bisnis mebel. Pemilihan lokasi ini akan menjadi faktor kesuksesan atau pun kegagalan bisnis anda. Misal anda berada di Jepara dan ingin membuka toko Mebel Jepara. Usahakan mencari lokasi mebel yang strategis agar bisa ditemukan oleh banyak orang. Jangan lupa perhatikan juga akses jalan ke lokasi bisnis anda. Pastikan dapat didatangi oleh banyak orang dengan mudah. Lebih lagi jika anda memilih lokasi di perkotaan itu jelas lebih utama.
  1. Target Market
Kedua, anda harus mengenali target market anda. Di tengah perkotaan dengan bukan perkotaan tentu saja berbeda-beda selera antara konsumen yang satu dengan lainnya. Ini dipengaruhi oleh banyak hal. Pastikan anda mengenali target market anda sebelum menjajakan barang dagangan anda ke toko mebel anda.
  1. Toko Online
Ditengah berkembangnya dunia online, anda tidak boleh diam saja. Pastikan toko mebel anda mudah untuk ditemukan oleh target market anda di dunia online. Anda harus belajar mengenai cara memasarkan produk di internet supaya produk anda bisa dijangkau oleh semua orang di seluruh dunia.
  1. Harga Bersaing
Penentuan harga juga sangat penting. Pastikan anda telah mematok harga yang bersaing. Tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah. Harga disini tentunya sudah disesuaikan dengan target market anda.

Tentu saja produk mebel untuk target market kelas atas harganya berbeda dengan kelas menengah dan kelas bawah. Karena kelas mengenah keatas menuntut akan kualitas dengan tidak begitu tergantung dengan harga murah. Tetapi beda lagi jika produk anda ditargetkan untuk kelas menengah ke bawah. Harga murah menjadi penentu.

Sukses Bisnis Mebel

  • Tatanan Toko yang Menarik
Pastikan tatanan barang di toko anda cukup menarik dan mampu mempengaruhi calon pembeli bahkan dengan pandangan pertama minimal mereka datang melihat.

Strateginya adalah pasang barang dagangan yang paling menarik dan mampu menarik pandangan mata orang banyak. Jangan memasang barang dagangan produk mebel kualitas menengah ke bawah didepan. Taruh yang berkualitas, yang mewah, antik dan menarik pandangan saja.

  • Promo, hadiah dan cashback
Salah satu yang mampu menarik pandangan calon pembeli adalah anda harus pintar memainkan promo, hadiah dan cashback. Ini adalah strategi yang bagus untuk anda karena akan mendatangkan pembeli.
  • Inovasi
Anda harus selalu berinovasi disetiap produk dan selalu menghadirkan gebrakan-gebrakan terbaru baik dari sisi produk maupun cara anda berbisnis untuk bisa membuat pelanggan selalu loyal.
  • Kerjasama dengan Developer
Sudah tak dipungkiri lagi, saat ini dunia developer sedang berkembang pesat. Terbukti dengan banyak hadirnya perumahan-perumahan baru bahkan di setiap kota-kota besar di Indonesia. Ini sangat bermanfaat untuk anda pemilik usaha mebel untuk menjalin kerjasama dengan mereka.

Karena tentu saja setiap rumah yang dibangun tidak disertakan dengan isi rumah. Disini anda harus berperan memperindah isi rumah dan menjadikan pemilik rumah senang dan bahagia.

Bagaimana? Itulah tadi beberapa tips dan peluang bisnis usaha mebel. Semoga bermanfaat.