Golden Age adalah Masa Penting Anak, Ini Yang Harus Diperhatikan!

Tahukah bunda, jika otak adalah satu-satunya organ tubuh yang mempunyai fungsi sebagai pusat kontrol serta kendali atas semua sistem yang ada dalam tubuh. Dalam proses perkembangan si kecil terdapat periode yang perlu bunda ketahui. Yang pertama adalah brain growth spurt atau periode pacu tumbuh otak. Periode ini merupakan sebuah masa yang mana otak si kecil berkembang dengan cepat dalam rentang usia mulai 0 hingga 3 tahun atau yang disebut dengan golden age. Golden age adalah masa kemasan anak yang wajib anda perhatikan.




Periode brain growth spurt atau yang dikenal dengan periode pacu tumbuh otak  ini pertama kali dimulai pada saat dikecil masih dalam kandungan si bunda trisemester ketiga. Selanjutnya untuk periode pacu tumbuh otak yang kedua dimulai ketika si kecil lahir hingga usia 36 bulan. Pada waktu tersebut si kecil akan mempunyai keinginan belajar yang sangat luar biasa, selain itu mereka juga akan senang mempelajari berbagai sesuatu hal.

Proses pertumbuhan otak dari si kecil ini berjalan sesuai dengan pertumbuhan dari badannya. Hal ini telah diungkapkan oleh Hasan Maimunah yang ditulis dalam buku “Pendidikan Anak Usia Dini”. Pada saat si kecil memasuki usia 5 tahun, maka pertumbuhan otak si kecil sudah mencapai 80% dengan sempurna. Sedangkan pada usia 6 tahun, proses pertumbuhan otak dari si kecil bisa dikatakan sudah sempurna.

Perlu bunda ketahui, pada saat si kecil memasuki usia golden age ini, bunda mempunyai peran yang sangat penting dalam proses tumbuh kembang si kecil. Karena pada masa pertumbuhan ini hingga berusia 5 tahun merupakan ukuran sederhana untuk menilai kenormalan dan status kesehatan si kecil.

Dalam hal ini berbagai macam hal bisa bunda lakukan agar otak si kecil dapat berkembang secara optimal. Salah satu cara yang bisa bunda lakukan adalah dengan memberikan asupan gizi dan juga nutrisi untuk si kecil. Asupan tersebut diberikan untuk si kecil yang sedang berusia 1 tahun hingga 3 tahun. Selain itu bunda bisa menambahkan dengan bantuan susu pertumbuhan seperti susu Dancow 1 + Excelnutri yang bertujuan agar si kecil berani untuk berekplorasi.

Selain itu, bunda bisa memberikan stimulasi atau sebuah tindakan yang berfungsi untuk kecerdasan si kecil. Stimulus yang bisa bunda lakukan terhadap si kecil diataranya seperti memberikan dekapan atau pelukan, memberi pernyataan cinta, kasih sayang dan juga mengajak bermain dan berbicara. Tidak hanya sampai disitu saja bunda juga bisa memberikan pujian yang membangkitkan semangat si kecil untuk lebih berekplorasi lagi. Dalam hal tersebut bertujuan untuk merangsang otak si kecil agar dapat menerima berbagai pengetahuan hal baru.

Perlu diketahui bunda, semasa si kecil memasuku periode golden age, sebisa mungkin jangan sampai bunda membentaknya, karena hal tersebut bisa menjadi trauma semasa pertumbuhannya. Dan terkadang si kecil akan merasa takut jika akan melakukan sesuatu hal. Biarkan si kecil bebas bereksplorasi sesuai dengan apa yang merekan inginkan, namun tentu saja hal tersebut harus tetap dalam pemantauan bunda.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda semua, terutama para bunda. Terima kasih.