4 Rekomendasi Komponen Rakitan Komputer Design Grafis Berkualitas

Di dunia digital seperti sekarang, berbagai informasi berbentuk grafis semakin mudah dijumpai mulai dari berbentuk gambar hingga foto. Informasi grafis sendiri lebih mudah diterima masyarakat karena tampilannya yang lebih menarik. Untuk bisa menghasilkan berbagai produk grafis yang mumpuni, maka Anda membutuhkan rakitan komputer design grafis.

Karena proses editing dan berbagai aktivitas design lain tergolong berat, maka Anda membutuhkan komputer dengan spesifikasi khusus dan lebih tinggi dibandingkan dengan komputer untuk aktivitas normal.



Rekomendasi Perangkat Komputer Rakitan untuk Design Grafis

Agar komputer tidak berjalan lemot atau ngelag ketika proses editing dilakukan, maka Anda harus memilih komputer dengan spesifikasi yang sesuai. Selain membeli komputer baru, menggunakan rakitan komputer design grafis juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Untuk bisa mendapatkan komputer rakitan berkualitas, maka pemilihan berbagai jenis komponennya juga perlu diperhatikan. Agar tidak kesulitan, ini dia beberapa komponen penting untuk membuta komputer rakitan design grafis.
  • Processor
Bagian paling penting dalam pembuatan sebuah komputer rakitan adalah prosessor. Secara umum ada dua jenis prosessor yang bisa dipilih yaitu Intel atau AMD. Sebelum menentukan prosessor mana yang akan dipilih, maka Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing prosessor terlebih dahulu.

Prosessor Intel memiliki kelebihan dalam kinerja dan juga tidak cepat panas, namun harga jual yang dibanderol lebih mahal bila dibandingkan dengan AMD.
  • RAM
RAM merupakan salah satu perangkat penting pada komputer yang berperan sebagai tempat penyimpanan berbagai data sementara ketika komputer dioperasikan. Biasanya RAM yang dijual di pasaran memiliki besar penyimpanan yang beragam mulai dari 1 GB, 2 GB, hingga 4 GB.

Selain memperhatikan kapasitas penyimpanannya, Anda juga harus menyesuaikan RAM yang dibeli dengan spesifikasi soket yang dihadirkan pada motherboard. Jika Anda ingin membeli RAM DDR2, maka pastikan soket motherboard yang Anda miliki mendukung RAM DDR2 juga.
  • Kartu Grafis VGA
Bagi sebuah komputer yang digunakan untuk melakukan berbagai proses editing grafis, maka keberadaan kartu grafis VGA sangatlah penting. Komputer rakitan untuk design grafis membutuhkan kartu VGA dengan spesifikasi yang tinggi.

Kartu grafis VGA sendiri menghadirkan berbagai macam jenis. Namun untuk bisa menampilkan kualitas visual yang tajam, Anda tidak boleh terpaku dengan kapasitas penyimpanan yang dihadirkannya saja. Kualitas grafis dari kartu VGA sendiri ditentukan oleh nilai bit dari VGA tersebut. Semakin tinggi nilai bit, maka semakin bagus pula kualitas grafis yang dihasilkan.
  • Harddisk
Hardisk berbentuk seperti cakram logam padat yang berfungsi untuk menyimpan berbagai jenis data pada komputer. Pekerjaan design grafis sendiri membutuhkan harddisk berukuran besar karena file editing biasanya juga berukuran besar.

Namun sebelum membeli harddisk berukuran besar, Anda juga harus memperhatikan Rpm (kecepatan putar) pada harddisk dan juga cachenya. Untuk mendukung kinerja komputer pada aktivitas design grafis, Anda disarankan untuk membeli harddisk dengan Rpm diatas 7200 rpm.

Kebutuhan design grafis membutuhkan komponen komputer dengan spesifikasi tinggi. Oleh karena itu agar komputer rakitan tidak lemot saat dijalankan nantinya, pastikan bahwa komputer rakitan yang Anda beli memiliki berbagai spesifikasi komponen yang mumpuni.

Untuk membeli berbagai komponen komputer rakitan berkualitas untuk memenuhi kebutuhan editing design grafis, Anda bisa membelinya di JD.ID. Selain menghadirkan berbagai rakitan komputer JD ID berkualitas. juga banyak promo maupun diskon yang dapat Anda manfaatkan untuk membeli PC computer dengan lebih hemat.