Inilah Beberapa Jenis Mesin Kopi yang Wajib Anda Tahu

Kopi kini menjadi lahan bisnis yang sangat menggiurkan mengingat begitu banyaknya pecinta kopi di Indonesia. Yups, kopi adalah minuman yang masuk ke semua kalangan. Kopi juga merupakan hasil perkebunan Indonesia yang bisa Anda jumpai di berbagai wilayah seperti Lampung, Flores, Merapi, dan lain sebagainya. Setiap jenis kopi memiliki cita rasa yang berbeda-beda. Secangkir kopi, sajian yang sangat sederhana yang terdiri atas campuran gula, kopi dan juga air ini ternyata tidak dibuat dengan sesimpel itu. Kopi yang nikmat harus diracik oleh tangan profesional yang sudah dibekali ilmu meracik kopi. Selain itu, berbagai mesin penunjangpun harus dimiliki.

Anda penikmat kopi? Anda tertarik untuk bisnis kopi?  Anda beberapa kali pernah datang ke kedai kopi usaha skala kecil hingga kedai kopi kelas elite, kedai kopi yang mungkin hanya sebagai penambah penghasilan hingga sebagai sumber penghasilan. Anda bisa memulai bisnis tersebut sesuai dengan modal yang Anda miliki. Karena tidak hanya komposisi dari secangkir kopi, alat untuk menghidangkan, dan juga tempat penjualan yang harus Anda siapkan. Anda juga harus memiliki mesin kopi sebelun terjun lebih jauh ke bisnis kopi.



Inilah Beberapa Jenis Mesin Kopi yang Wajib Anda Tahu.
  • Mesin Sngrai Kopi (Copee Roaster)
Seperti namanya, mesin ini memang memiliki fungsi untuk membakar kopi setelah biji kopi terkumpul. Proses sangrai adalah proses yang urgen dalam dunia kopi, entah itu hanya sekedar bisnis pengolahan biji kopi ataupun bisnis kopi yang lebih luas. Penyangraian ini merupakan tahap yang penting dalam menghasilkan cita rasa kopi yang khas dan nikmat. Maka dari itu, tidak heran mesin sangrai menjadi pesin pertama yang harus Anda miliki jika ingin bergelut dengan dunia kopi. Harganyapun cukup tinggi, sehingga Anda perlu merogoh dompet cukup dalam untuk memilikinya.
Kini mesin sangrai bisa Anda jumpai dengan berbagai tipe, mulai dari kapasitas, kecepatan, hingga tampilan.  Anda yang baru mulai berkecimpung, bisa membeli mesin roaster yang memiliki kapasitas kecil terlebih dahulu, karena selain harganya yang murah, listrik yang dibutuhkanpun tidak besar. Anda bisa membeli yang lebih besar seiring dengan pesatnya kemajuan bisnis kopi Anda.
  • Mesin Penggiling Kopi (Kopi Grinder)
Mesin penggiling diperlukan untuk mengolah kopi setelah keluar dari mesin sangrai. Mesin grinder ini bisa menghasilkan bubuk kopi yang siap untuk dikemas. Tentu saja setelah dikemas dengan kemasan yang aman dan menarik, kopi sudah siap Anda pasarkan dengan berbagai media pemasaran, entah itu online melalui berbagai market place, website, maupun media sosial. Selain itu, jika Anda memproduksi dalam jumlah besar bisa didistributorkan ke berbagai toko. Sama halnya dengan mesin sangrai, mesin penggilingan kopi juga memiliki jenis dan harga yang bervariasi. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan bisnis kopi Anda.
  • Timbangan Digital (Digital Scale)
Timbangan adalah alat yang wajib keberadannnya di berbagai dunia bisnis. Timbangan Anda perlukan setelah biji kopi masuk dalam penggilingan dan menjadi serbuk. Tentu saja Anda perlu timbangan untuk untuk mengukur berat kemasan yang Anda inginkan. Pemakain timbangan digital dapat membuat pengukurat berat bubuk kopi menjadi akurat. Kini bisa Anda jumpai timbangan digital dengan sistem auto zero, dimana timbangan akan mati otomatis ketika beberapa menit tidak Anda gunakan.
  • Mesin Pengemas/ Packing
Setelah bubuk kopi melewati proses penimbangan, Anda harus segera mengemasnya agar siap dipasarkan. Anda bisa memilih bahan yang akan digunakan untuk mengemas bubuk kopi tersebut, entah itu pelastik, alumunium foil, kertas, atau pun kombinasi dari ketiganya. Jangan lupa juga di kemasan tersebut Anda sertakan logo atau selogan yang merepresentasikan bisnis Anda.
Pengemasan bubuk kopi bisa saja dilakukan dengan cara manual, hanya saja memerlukan waktu yang lama. Untuk itu, diperlukan mesin pengemas yang memiliki cara kerja memanaskan material pengemas kopi sehingga kemasan dapat rekat. Dengan demikian, mesin packing ini hanya bisa digunakan untuk kemasan dari bahan pelastik atau alumunium foil.

Baca Juga: 7 Tips Menghemat Air Mudah dan Efektif

Inilah Beberapa Jenis Mesin Kopi yang Wajib Anda Tahu. Semoga bisnis kopi Anda menanjak!!!