Cara Membersihkan Sepatu Kulit Supaya Selalu Awet

Sepatu kulit atau disebut juga dengan sepatu pantofel biasa dipakai oleh pria dan wanita untuk acara-acara resmi seperti rapat, pernikahan dan acara formal lainnya. Dengan memakai sepatu ini tampilan seseorang akan terlihat lebih elegan dan rapih. Supaya seslau awet anda perlu paham trik cara membersihkan sepatu kulit yang baik dan benar. Karena bahan kulit sudah pasti berbeda dengan bahan kain.

Dalam membersihkan sepatu berbahan kulit, hal pertama yang harus kita tahu adalah dengan mengetahui terlebih dahulu jenis kulit yang dipakai untuk bahan sepatu. Karena beberapa jenis bahan kulit punya tingkat ketahanan, keelastisan dan kelembaban yang berbeda beda.



Anggapan sebagian orang adalah mencuci sepatu kulit akan menyebabkan sepatu cepat rusak. Anggapan ini bisa jadi benar dan bisa jadi salah juga. Karena jika kita memang tidak tahu cara mencucinya akan membuat sepatu cepat rusak. Tapi lain hal jika kita paham cara mencuci sepatu kulit yang baik dan benar, maka sepatu akan selalu awet seperti baru.

Nah berikut ini adalah Tips Cara Membersihkan Sepatu Kulit Supaya Selalu Awet, silakan disimak baik-baik ya :

1. Cara Membersihkan

Ketika membersihkan sepatu pantofel atau sepatu kulit anda mulai dengan membersihkan pada bagian bawah terlebih dahulu. Caranya dengan menyikat memakai air dingin. Kenapa harus air dingin, ini bermanfaat untuk bisa membersihkan sisa tanah-tanah yang menempel pada sela-sela bawah sepatu. Sebelum disikat anda bersihkan terlebih dahulu dengan tangan atau kain halus.

2. Membersihkan Bagian Atas Sepatu

Ketika membersihkan sepatu kulit bagian atas jangan bersihkan menggunakan sikat. Apalagi dengan sikat yang permukaannya sangat kasar. Cukup memakai kain halus dan lembut untuk mengghindari goresan pada permukaan sepatu.

3. Bersihkan dengan Detergen Cair

Ketika membersihkan bagian luar sepatu silakan anda pakai detergen atau sabun cair yang tidak memiliki kandungan pemutih dan juga menghasilkan busa yang tidak banyak. Ini bertujuan agar tidak menghasilkan bercak noda pada sepatu yang kita bersihkan. Salah satu detergen rekomendasi adalah detergen Rinso yang memakai teknologi SmartFoam.

4. Bilas dengan kanebo

Setelah membersihkan dengan detergen cair, selanjutnya anda bilas dengan lap basah dan keringkan menggunakan kain halus. Lebih bagus lagi menggunakan kanebo karena tekstur kain yang lembut dan tidak kasar.

5. Cara Membersihkan Bagian Dalam Sepatu

Pemakaian sepatu tentu saja bukan hanya luar yang kotor. Meskipun tidak langsung bersinggungan dengan tanah, tetapi bagian dalam juga wajib dibersihkan karena disini adalah sarang kuman yang memiliki bau tidak sedap serta menyengat. Untuk membersihkannya anda cukup memakai baking soda dengan cara menaburkannya kebagian dalam sepatu dan kemudian tunggu hingga kurang lebih 12 jam. Setelah itu bersihkan sisa-sisa baking sodanya.

6. Pakai Semir

Tahap terahir atau finishing adalah dengan menyemir sepatu supaya warna kehitaman sepatu selalu pekat dan terlihat mengkilat. Untuk semir sendiri sebaiknya lakukan secara rutin. Anda bisa memakai semir padat atau pun cair, itu bebas.

7. Cara Menjemur Sepatu Kulit

Satu hal yang tak kalah pentingnya adalah ketika menjemur sepatu hindari paparan langsung panas sinar matahari. Apalagi terkena cukup lama sinar matahari maka akan menyebabkan bahan kulit menjadi retak, kering dan warna pudar.

Nah itulah tadi beberapa tips untuk membersihkan sepatu kulit supaya tetep awet. Semoga sepatu kulit yang anda miliki selalu awet dan tidak cepet rusak ya. Semoga tips diatas bermanfaat.