Cara Isi Token Pulsa Listrik dan Memasukan Kode [UPDATE 2019]

Cara Isi Token Pulsa Listrik dan Memasukan Kode [UPDATE 2019] - Di era yang begitu canggih seperti sekarang ini tidak ada yang bisa menafikan akan kebutuhan listrik. Sama halnya dengan sandang, pangan dan papan, listrik kini sudah tergolong ke dalam kebutuhan primer. Ketika dulu kehadiran PLN masih merambah kota-kota besar dan sebagian kecil wilayah di Indonesia, beberapa daerah banyak yang memanfaatkan tenaga kincir air untuk menghidupkan listrik. Kini penggunaan listrik di Indonesia sudah nyaris merata. Berbagai peralatan rumahtangga yang membutuhkan tenaga listrik pun terus bermunculan. Menanak nasi yang dulunya menggunakan tungku dan panci, kini ada racecooker, begitu pula ada dispencer yang bisa Anda pakai untuk memasak air. Kehadiran mesin cuci di rumah Anda juga sangat berguna dalam memudahkan pekerjaan Anda mencuci pakaian.. Selain itu, walaupun cuaca hujan, cucian Anda masih bisa tetap kering dengan menggunakan mesin pengering. Belum lagi, televisi sebagai media hiburan dan informasi termurah yang sekarang nyaris berada di setiap rumah, gadget, komputer, itu semua bisa difungsikan ketika ada tenaga listrik.

Zaman yang terus berubah menimbulkan banyak perubahan di sekitar kita. Salah satu yang sekarang mulai bergeser adalah penggunakan listrik dari pascabayar menjadi prabayar. Ketika dulu Anda pengguna listrik pascabayar hanya perlu punya meteran listrik, untuk kemudian Anda menggunakannya sesuai dengan kebutuhan Anda. Pada rentang tanggal yang sudah ditentukan, biasanya ada petugas dari PLN yang akan menarik pembayar atas penggunaan listrik Anda selama 1 bulan. Anda juga bisa langsung melakukan pembayaran ke tempat terdekat yang melayani pembayaran listrik pascabayar. Anda bisa melakukan pembayaran di bank atau tempat lainnya. Cara Isi Token Pulsa Listrik dan Memasukan Kode tidak penting untuk Anda ketahui selaku pelamggam listrik pascabayar.


Sekarang penggunaan listrik bergeser ke pascabayar. Dimana Anda tida perlu lagi membayar setiap bulan ke tempat-tempat yang melayani pembayaran listrik. Anda hanya perlu mengisi meteran Anda dengan sejumlah pulsa. Pulsa tersebut tentu saja mengandung daya listrik dan akan habis sesuai dengan penggunaannya. Anda pelanggan listrik prabayar bisa melakukan pembelian pulsa untuk mendapatkan kode token. Nah kode tersebutlah yang biasanya berisi 20 digit Angka bisa Anda masukan ke papan layar meteran agar pulsa tersebut bisa masuk dan bisa bertransformasi menjadi daya listrik. Namun, dalam hal ini tidak semua pelanggan listrik prabayar mengetahui Cara Isi Token Pulsa Listrik. Untuk itu, langsung saja Anda simak mengenai Cara Isi Token Pulsa Listrik dan Memasukan Kode berikut ini.

Cara Isi Token Pulsa Listrik dan Memasukan Kode

  • Langkah pertama tentu aja Anda harus terlebih dahulu membeli pulsa token listrik. Anda bisa melakukan transaksi pembelian di konter penjualan pulsa, indomart, alfamart, bank ataupun loket penjualan voucher listrik lainnya yang menyediakan pulsa listrik. Nah jangan lupa Anda membawa kartu identitas listrik prabayar yang Anda miliki. setelah melaukan transaksi pembelian, Anda akan dibekali dengan 20 digit angka yang tertera dalam struk pembelian. Jika Anda bingung yang mana yang dimaksud kode token pulsa listrik yang dimaksud, Anda bisa bertanya langsung ke penjual.
  • Berikanya silahkan Anda masukan 20 digit toket pulsa listrik yang tadi sudah Anda dapatkan ke meteran listrik. Ketikanlah nomor tersebut dengan menggunakan digit angka yang tertera di meteran. Setelah semua deretan angka tersebut berhasil Ana ketikan dan tertera di papan meteran, silahkan Anda tekan tombol “ENTER” yang terdapat pada meteran.
  • Adapun apabila pada saat memasukan kode token di meteran, Anda salah memasukan Angka, Anda bisa menghapusnya dengan menggunakan tombol “backspace” yang tertera di meteran listrik.
  • Adapun jika Anda sudah yakin bahwa kode token yang Anda bubuhkan dalam meteran listrik itu benar, Anda bisa langsung tekan tombol “ACCEPT”.
  • Setelah itu, layar meteran akan menunjukan nilai kwh sesuai dengan jumlah pulsa yang Anda beli, dan tentu saja dayanya juga akan bertambah.
  • Jika Kamu menemukan tulisan “REJECT” dalam layar meteran listrik Anda setelah Anda menekan tombol “ENTER”, berarti Anda salah memasukan kode token listrik. Silahkan Anda kembali memasukan kode toket yang berisi 20 digit angka tersebut. Untuk memastikan kebenarannya silahkan Anda cocokan berulang-ulang kode token yang tertera dalam struk pembelian pulsa dengan kode token yang tertera di layar meteran listrik Anda.
Baca juga: 8 Aplikasi Jual Pulsa Murah Terbaik di Android 2019
Lewat layar yang ada di MPB terdapat informasi penting yang langsung tersaji dan bisa diketahui serta dibaca oleh Anda selaku pelanggan listrik prabayar. Untuk lebih detailnya, berikut ini adalah beberapa informasi yang tertera dalam layar MPB terkait dengan pemakaian listrik.
  • Informasi mengenai jumlah energi listrik (kwh) yang dimasukan yang dalam hal ini berupa jumlah pulsa listrik yang Anda beli.
  • Informasi mengenai jumlah energi listrik yang sudah terpakai selama Anda menggunakan meteran listrik tersebut.
  • Informasi mengenai jumlah energi listrik yang sedang Anda gunakan.
  • Informasi mengenai jumlah energi listrik yang tersisa.
  • Jika energi listrik yang terdapat di MPB sudah mulai menipis atau menyentuh angka yang ditentukan, maka MPB akan memberikan sinyal yang biasanya berupa bunyi tertentu sebagai alarm jika MPB sudah saatnya diisi ulang. Saya sarankan Anda jangan menunggu alarm tersebut berbunyi atau bahkan baru mengisi pulsa setelah daya benar-benar habis dan menyebabkan listrik di rumah Anda padam. Hal ini akan menyebabkan MPB cepat rusak.
Pemerintah menawarkan kebaruan dalam penggunaan listrik berupa listrik pascabayar, tentu saja karena beberapa pertimbangan yang dianggap banyak menguntungkan para pelanggan. Berikut ini beberapa keuntungan pemakaian listrik prabayar.
  • Anda selaku pelanggan listrik prabayar lebih mudah dalam mengontrol pemakaian listrik di rumah Anda. Pada dasarnya, program ini diusung untuk mengajar pelanggan lebih hemat dalam menggunakan listrik. Melalui token PLN inilah Anda bisa memantau penggunaan listrik Anda. Disadari atau tidak, Anda pengguna listrik prabayar akan lebih perhitungan dalam memakai daya listrik di rumah Anda karena Anda sebelumnya sudah merasakan beratnya membeli sejumlah pulsa. Dengan mesin meteran yang sudah dibekali dengan sistem digital ini jugalah Anda bisa melihat jumlah daya yeng tersisa.
  • Lebih ekonomis. Keekonomisannya akan Anda rasakan saat Anda telat mengisi pulsa listrik prabayar Anda, maka Anda tidak akan dikenai denda. Apabila Anda tida mengisi pulsa listrik Anda, sementara pulsa di meteran listrik Anda sudah nol, maka berbagai alat di rumah Anda yang membutuhkan tenaga listrik tidak bisa digunakan, termasuk lampu rumah Anda. Berbeda dengan listrik pascabayar, Anda akan dikenai sejumlah uang apabila Anda telat membayar listrik.
  • Efisien dan praktis. Anda pengguna listrik prabayat tida harus repot-repot bayar listrik ke loket pembayaran. Anda hanya perlu membeli sejumlah pulsa mellaui ATM, bank atau ke gerai pulsa terdekat. Dengan demikian, Anda bisa membeli sejumlah pulsa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Anda juga tidak perlu cemas, karena tidak akan menjumpai lagi kesalahan catatab dalam pemakaian listrik Anda.
  • Privasi pelanggan lebih terjamin. Anda tidak harus rutin bertatap muka dengan petugas PLN yang lengontrok penggunaan meteran listrik setiap bulannya. Penggunaan listrik Anda sudah langsung tercatat secara otomatis di meteran.
Kelebihan dan kekurangan bagai dua sisi mata uang yang tida bisa dipisahkan. dimana ada kelebihan di situ ada kekurangan. Di samping beberapa kelebihan listrik prabayar yang sudah saya uraikan di atas, di sisi lain terdapat kekurangan juga jika Anda menggunakan token listrik prabayar.
  • Jika pulsa sudah habis, Anda harus segera melakukan isi ulang. Walaupun belum ada 1 bulan, Anda harus cepat isi pulsa ketika alarm di meteran listrik Anda sudah berbunyi. Jika tidak, siap-siap saja Anda hidup tanpa listrik dalam beberapa saat.
  • Proses isi ulang agak rumit. Isi Token Pulsa Listrik dan Memasukan Kode adalah salah satu kerumitan dari pemakaian listrik prabayar. Banyak para pelanggan listrik prabayar yang masih awam akan hal itu. Pembelian pulsa listrik prabayar yang kini banyak dijajakan secara online berpengaruh terhadap sedikitnya penjual pulsa listrik prabayar offline. Pembelian secara online inilah yang mungkin saja masih menjadi kesulitan bagi banyak pelanggan listrik prabayar.
  • Meteran cukup rentan mengalami kerusakan. Meteran listrik eror dan gagal diisi token banyak dialami oleh pelanggan listrik prabayar.
Cara Isi Token Pulsa Listrik

Jumlah para pelanggan listrik prabayar yang kian hari kian bertambah bisa Anda manfaatkan untuk membuka usaha penjualan token listrik juga lho. Komisi per transaksi yang Anda kantongi dari usaha penjualan tiken listrik ini memang terbilang kecil. Namun, karena pengguna listrik prabayar yang sudah tidak sedikit lagi, tidak menutup kemungkinan Anda akan mendapatkan banyak transaksi dis etiap bulannya. Dari sanalah Anda akan mendapatkan komisi yang besar. Hal ini tidak pelapas dari peranan PT Perusahaan Listrik Negara yang lebih kita kenal dengan PLN tengah gencar membumikan program pemindahan penggunaan listrik pascabayar menjadi prabayar.

Baca juga: Cara Cek Tagihan Listrik Sudah Dibayar atau Belum di Android

Demikianlah Cara Isi Token Pulsa Listrik dan Memasukan Kode. Semoga informasi yang Kami muat kali ini bermanfaat bagi Anda sekalian, khususnya bagi Anda pelanggan listrik prabayar.