Belajar Cara Mengetik 10 Jari [Teknik Gampang Cepet Mahir!!]

Belajar Cara Mengetik 10 Jari [Teknik Gampang Cepet Mahir!!] - Apakah kamu adalah salah seorang yang yang suka mengetik dengan menggunakan sebelas jari? Maksudnya kamu hanya gunakan dua jari telunjuk saja untuk mengetikan kata-kata dari keyboard komputer. Jika iya, waktunya sekarang mengubah kebiasaan itu, karena mengetik dengan menggunakan sepuluh jari juga tidaklah sulit. Mungkin bagi yang belum terbiasa mengetik dengan menggunakan sepuluh jari sangatlah sulit dan merepotkan. Karena kamu pasti belum bisa menghafal dimana letak huruf anka dan harus kemana mengarahkna seluruh jari tangan. Tetapi, kamu akan merasakan kehebatan dan serunya mengetik dengan sepuluh jari jika kamu sudah bisa. Bahkan, jika kamu bisa mengetik dengan menggunakan sepuluh jari, kamu tidak harus melihat terus tuts keyboard dan bisa fokus pada hasil tulisannya saja.

Untuk yang belum terbiasa, percobaan pertama pasti akan sangat melelahkan. Dimana kamu juga harus menggunakan jari manis dan jari kelingking yang tidak biasa digunakan untuk mengetik. Akan terasa pegal awalnya atau bahkan terasa sangat lemas, tetapi jika sudah terbiasa, mereka akan menari di atas keyboard komputer seperti punya mata sendiri. Mungkin kamu sering lihat orang yang mengetik dengan menggunakan sepuluh jari, mereka seolah sudah punya jalan sendiri dan jari-jari mereka ada matanya. Sehingga mereka hanya fokus pada tulisan di komputer, atau ketika menulis dari buku mereka bisa fokus pada bacaan yang akan disalin ke komputer.

Mengetik dengan menggunakan sepuluh jari tidak begitu saja bisa dilakukan. Ada teknik tertentu bagaimana agar jari-jari bisa terus mengetik tanpa harus melihat keyboard. Cara ini sangatlah mudah jika kamu mau berusaha menghafalkan. Tetapi, jika kamu terus melakukannya lama-lama juga akan terbiasa sebenarnya. Sehingga kamu tidak akan kena ejek lagi karena selalu menggunakan sebelas jari saat mengetik.

Baca Juga : Cara Nembak WiFi Jarak Jauh Terbaru [UPDATE 2019 NEW!!]

Selain lebih cepat saat mengetik, menggunakan sepuluh jari akan membuat kamu lebih cepat dalam bekerja. Sehingga lebih produktif dan tidak akan memakan waktu lama saat mengerjakan suatu dokumen atau menyalin tulisan dalam bentuk word. Dan dalam artikel ini kami akan memberikan kamu tips-tips agar kamu bisa terbiasa dan pandai menggunakan sepuluh jari untuk mengetik di komputer. Berikut adalah belajar cara mengetik 10 jari [teknik gampang cepet mahir!!] yang akan kami bagikan dalam artikel ini.

Belajar Cara Mengetik 10 Jari [Teknik Gampang Cepet Mahir!!]
  • Hilangkan Kebiasaan Buruk Mengetik dengan Sebelas Jari
Agar kamu bisa mahir mengetik 10 jari, kamu harus menghilangkan kebiasaan buruk mengetik dengan sebelas jari. Menggunakan 10 jari saat mengetik memang menyulitkan pada awalnya. Meskipun kamu merasa mengetik dengan menggunakan 10 jari lebih lambat daripada menggunakan 11 jari, tetapi itu hanyalah awal. Jika sudah terbiasa kamu akan merasakan bahwa mengetik dengan menggunakan 10 jari itu lebih cepat. Selain itu kamu tidak harus selalu bolak-balik melihat komputer dan keyboard.
  • Mulailah Gunakan 10 Jari dari Sekarang
Jika ingin bisa mengetik sepuluh jari, pastikan untuk melakukannya sekarang juga. Sebenarnya di dalam keyboard sendiri kita sudah disediakan petunjuk untuk membedakan jari mana yang harus kita sentuhkan. Pada keyboard J dan F kamu pasti melihat garis menonjol, nah garis itu sebenarnya berfungsi untuk mengarahkan jari kamu dimana. Di tuts J kamu harus meletakan jari telunjuk kanan sementara di tuts F kamu harus meletakan jari telunjuk kanan.
  • Latihanlah Untuk Tidak Melihat Keyboard
Setelah kamu tahu letak jari yang bisa digunakan di tuts, saatnya kamu melatih jari-jari kamu dan coba menghafal setiap huruf tanpa melihat keyboardnya. Karena jika terus melihat keyboard kamu akan telat mengetiknya. Jika bosan, kamu bisa mengetik beberapa kata yang biasa kamu tulis, atau untuk melatih gerakan jari, kamu bisa mengetikan satu-satu untuk membiasakan seperti misalnya membiasakan jari kelingking bergerak dengan terus menekan tombol A menggunakan kelinging.
  • Biasakan Menggunakan Shortcut
Membiasakan menggunakan shortcut juga secara tidak langsung akan membiasakan jari kelingking untuk bekerja. Sehingga ketika digunakan untuk mengetik ia tidak menjadi kaku.
  • Posisi Duduk saat Mengetik
Cara duduk yang benar saat mengetik akan sangat membantu kita dalam memudahkan posisi kinerja jari saat mengetik. Jika ingin mengetik dengan sepuluh jari dan efektif, kamu harus duduk tegap dan punggung lurus. Jika terlalu banyak membungkuk kamu akan cepat lelah saat mengetik, dan pastikan juga pandangan kamu lurus ke komputer.
  • Latihan Dengan Menggunakan Game
Agar latihan mengetik sepuluh jari tidak membosankan, kamu bisa menggunakan game yang akan bantu kamu buat latihan sepuluh jari. Dan pastikan saat main game itu, jangan menggunakan sebelas jari. Gunakan sepuluh jari agar otot-otot jari kamu terbiasa bergerak. Saya sendiri dulu pakai game yang namanya typer shark. Game tersebut sangat membantu, karena ia memberikan level paling mudah hingga level yang paling sulit. Dan memang sangat membantu saya untuk bisa mengetik sepuluh jari. Dan berikut adalah game-game yang bisa kami rekomendasikan untuk kamu yang sedang belajar mengetik sepuluh jari.

  • TipeRacer

Game ini merupakan game simple yang bisa kamu gunakan untuk belajar mengetik sepuluh jari. Kamu akan balap mobil dan harus mengetikan kata yang ada di belakang mobil tersebut agar mobil bisa melaju. Pastikan saat mengetik menggunakan 10 jari, jangan pernah menggunakan 11 jari.

  • Typing Maniac

Typing Maniac adalah game yang untuk belajar mengetik dengan menggunakan sepuluh jari yang tersedia di Facebook. Game ini cukup seru untuk dimainkan, jadi dijamin kamu pastik gak akan bosan. Kamu bisa bertarung dengna pemain lain agar tahu siapa yang sudah mendapatkan poin paling banyak.

  • Keybr.com

Keybr adalah sebuah game yang menuntut kamu untuk mengetik secara random kata yang ditulis salah pada sebuah ejaan. Kamu harus mengulang-ulang kata-kata tersebut dengan cepat dan ejaan yang benar. Nanti akan muncul statistik dimana kelemahan kamu saat mengetik. Sehingga kamu bisa tahu bagian mana dari jari kamu yang harus kamu latih lebih giat lagi.

  • Touch Typing Study

Game ini merupakan game untuk latihan menempatkan jari-jari tangan di keyboard. Kamu akan diminta menuliskan beberapa huruf berulang-ulang hingga terbiasa menggunakannya. Ada banyak bahasa yang bisa digunakan di game ini. Sehingga kamu gak usah khawatir jika ingin berlatih di game ini.

  • Learn Typing

Game selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk latihan mengetik sepuluh jari dengan cepat adalah dengan menggunakan game Learn Typing. Game ini merupakan game yang ada di sebuah situs. Gamenya sederhana tapi kamu jika terus memainkannya akan terbiasa mengetik dengan menggunakan sepuluh jari.

  • 10 Fingers Breakout

Dalam game ini kamu harus main game dengan lebih rajin agar bisa mengetik dengan menggunakan sepuluh jari bisa lancar. Jadi, game ini memiliki level kesulitan tersendiri. Untuk memainkannya kamu hanya perlu mengetik kata-kata yang sudah disediakan di layar game. Dan mainkannya sangat mudah.

Baca Juga : Download Whatsapp Transparan APK v6.60 [UPDATE 2019 TERBARU]

Itulah belajar cara mengetik 10 jari [teknik gampang cepet mahir!!]. Dengan melatih tangan untuk terus mengetik dengan menggunakan sepuluh jari, kamu nantinya akan terbiasa. Meskipun lebih lambat saat percobaan pertama mengetik, jangan menyerah karena kerja keras tidak akan pernah membohongi hasil. Saya sendiri belajar mengetik sepuluh jari dengan membawa keyboard sekolah ke rumah, dan melatih jari-jari tangan setiap di rumah menggunakan keyboard tersebut. Dan hasilnya sangat terasa sampai sekarang saya bisa mempraktekan mengetik dengan menggunakan sepuluh jari dengan baik. Jadi, kamu juga jangan menyerah di percobaan pertama. Yakin saja nanti juga pasti bisa dan terus semangat.