Cara Install Aplikasi Format XAPK di Android Mudah

Cara Install Aplikasi Format XAPK di Android Mudah - Apk adalah jenis format file yang paling sering dipakai dalam sistem android. Selain apk, ada for,at lain yang biasa muncul di android, salah satunya adalah xapk. Sebagian dari Anda mungkin Anda yang pernah bahkan sering menjumpai format file berbentuk xapk, dan sebagian dari Anda mungkin baru mendengarnya ada bentuk file semacam itu di android. Anda para games pastinya sudah sering berjumpa dengan format file xapk, Yups, Xapk memang banyak dipakai olehuntuk format file game android yang berukuran besar. Format file xapk merupakan kombinasi antara file apk dan obb yang disatukan menjadi 1 paket sehingga lebih praktis dalam penggunaannya. Adapun yang dimaksud dengan file obb sendiri adalah data pelengkap bagi apk yang memiliki ukuran besar. Contohnya adalah video ataupun tekstur yang tidak bisa termuat dalam aplikasi.

Dengan memanfaatkan format file berbentuk xapk, berarti Anda tidak membutuhkan lagi format file obb yang terpisah dengan file aplikasi. Format ini berisi berupa file dan apk yang bisa diinstall secara manual maupun otomatis. Jika Anda malas atau tidak ada waktu untuk install format file xapk secara manual, Anda bisa memilih cara install otomatis. Format file jenis ini benar-benar membantu para gamer dalam memainkan game yang berukuran besar di android. Dengan demikian, mereka tidak perlu repot-repot mendownload 2 file yang berbeda. Namun sayangnya masih sedikit sekali orang yang tahu betul Cara Install Format XAPK. Eh ngomong-ngomong Anda sudah tahu belum Cara Install Aplikasi Format XAPK di Android? Ini dia ulasannya.



Cara Install Aplikasi Format XAPK di Android Mudah

Sama halnya dengan format file yang berbentuk rar ataupun zip, xapk membutuhkan aplikasi ketiga yang akan digunakan untuk mengekstak file tersebut. Berikut ini adalah beberapa aplikas yang direkomendaskan didownload untuk mengekstak file xapk.
  • Uptodown app
  • APKPure App
  • Rar Android App
  • Silahkan Anda download salah satu dari aplikasi tersebut. Anda bisa langsung mendownloadnya di situs resmi aplikasi terkait. Anda tinggal mengetikan aplikasi yang ingin Anda di download di pencarian aplikasi browser di smartphone Anda.
Baca juga: Cara Update Whatsapp ke Versi Terbaru, Fitur Stiker Terbaru
Cara Install Aplikasi Format XAPK di Android Tanpa PC dengan Menggunakan Uptodown App
  • Pertama, karena aplikasi uptodown app tidak dipasarkan di google play store, untuk memasangnya Anda harus melaukan pengaturan ponsel terlebih dahulu. silahkan Anda klik menu pengaturan ponsel, lalu pilih keamanan ponsel, lalu ceklis pada kolom sumber tida dikenal. Mungkin setiap ponsel bisa saja redaksi katanya berbeda. Anda tinggal menyesuaikan saja dengan ponsel yang Anda miliki.
  • Selanjutnya silahkan Anda download dan istall uptodown app terlebih dahulu di smartphone Anda.
  • Setelah aplikasi tersebut berhasil terinstall, silahkan Anda buka aplikasi tersebut dengan cara mengkliknya.
  • Selanjutnya silahkan Anda pilih menu “download”, lalu pilih menu “xapk”.
  • Selanjutnya silahkan Anda file formal file xapk yang ada di smartphone Anda.
  • Setelah itu, uptodown app akan bekerja menginstall dan mengekstak file xapk yang Anda maksud menjadi game yang utuh dan siap untuk Anda mainkan.
Cara Install Aplikasi Format XAPK di Android Tanpa PC dengan Menggunakan APKPure App
  • Langkah pertama sama dengan menggunakan aplikasi sebelumnya, Anda harus mengaktifkan dulu sumber tidak dikenal di smartphone Anda. Tujuannya agar smartphone Anda mengizinkan pemasangan aplikasi yang didapatkan dari luar google play store.
  • Selanjutnya silahkan Anda download dan install aplikasi APKPure. Mengingat Anda sudah mengaktifkan sumber tida dikenal sebangai konfirmasi izin terhadap android Anda, Anda hanya perlu tekan tombol insall ketika APKpure meminta persetujuan untuk diinstall. Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai. pastinya kecepatan dan download dan install berbanding lurus dengan kekuatan koneksi internet yang terhubung dengan smartphone Anda. Ketika jaringan internet yang terkoneksi dengan ponsel Anda kuat, maka tidak diragukan lagi proses download dan install tidak akan emnemukan hambatan, dan begitu juga sebaliknya.
  • Jika aplikasi APKPure sudah berhasil terinstall, slahkan Anda buka aplikasi tersebut dengan cara mengkliknya. Lalu silahkan Anda klik gambar garis tiga yang terdapat di pojok kanan atas bagian aplikasi. Lalu cari “xapak/apk management”, geser kanan, dan silahkan Anda install format file xapk yang ada di smartphone Anda.
Cara Install Aplikasi Format XAPK di Android Tanpa PC dengan Menggunakan RAR App
  • Langkah pertama silahkan Anda rubah terlebih dahulu format file xapk menjadi RAR. Caranya sangat mudah, silahkan Anda tekan file xapk dalam waktu yang lama, lalu ganti nama file xapk menjadi rar.
  • Selanjutnya anda bisa mendownload aplikasi RAR di google play store android. Yups, aplikas yang satu ini sudah dipasarkan secara resmi di android. Jadi, Anda bisa langsung menjumpainya di google play store, dimana setelah berhasil didownload aplikasi akan secara otomatis langsung terinstall di android tanpa settingan khusus.
  • Selanjutnya silahkan Anda buka game yang tadi sudah anda namai dengan Rar, tekan dalam waktu yang lama, lalu pilih “extract file”.
  • Anda pastikan ekstak file disimpan di folder kosong agar tampak rapi.
  • Setelah itu silahkan Anda buka folder tempat penyimpatan ekstak file tadi. Di dalamnya akan muncul nama folder “android” yang di dalamnya terdapat file obb dan com.namagame.com dan file apk.
  • Selanjutnya silahkan Anda install file apk seperti biasa. Namun, setelah terinstall Anda jangan langsung membuka aplikasi tersebut.
  • Berikutnya silahkan Anda copy paste com, namagame.com ke internal memory > android > obb.
  • Selesai deh. Format file xapk game Anda sudah berhasil terinstall dengan bantuan rar app dan gamenya sudah bisa dimainkan.
Cara Install Aplikasi Format XAPK di Android dengan PC Menggunakan PUR APK EXE

Selain diinstall langsung di android hanya dengan bantuan aplikasi, Anda juga bisa install file xapk dengan bantuan perangkat computer. Cara ini bisa menjadi pilihan terakhir karena lebih ribet dari 3 cara yang sudah Kami sajikan di atas.
  • Langkah pertama silahkan Anda download PUR APK EXE terlebih dahulu di laptop atau komputer Anda, dan silahkan install.
  • Selanjutnya silahkan sambungkan smartphone Anda yang memuat file xapk dengan komputer atau laptop yang memuat PUR APK EXE dengan menggunakan kabel USB.
  • Sebelum Anda membuka PUR APK EXE di laptop Anda, pastikan terlebih dahulu jika android Anda sudah masuk medo pengembang atau developer option. Caranya silahkan Anda buka setting ponsel , lalu pilih “about”, lalu pilih versi ROM tekan 10 x. Berikutnya silahkan Anda temukan menu opsi pengembang, lalu pilih enable USB Debugging.
  • Sekarang saatnya Anda untuk membuka PUR APK EXE di laptop Anda.
  • Selanjutnya silahkan Anda pilih game yang masih berbentuk file xapk yang ingin Anda install, lalu drag ke PUR APK EXE di laptop atau komputer Anda.
  • Setelah itu silahkan Anda pilih mau dilakukan penginstallan di memori eksternal atau internal.
  • Klik tombol install
  • Selesai deh.
Baca juga: 10 Emulator Android Ringan PC Terbaik 2019
Itulah Cara Install Aplikasi Format XAPK di Android.