Macam-macam Simbol Flowchart dan Fungsinya

Macam-macam Simbol Flowchart dan Fungsinya - Flowchart merupakan urutan proses kegiatan yang digambarkan dalam bentuk simbol di dalam word. Flowchart sendiri bisa didefinisikan dengan diagram yang menyatakan aliran proses dengan menggunakan sebuah anotasi seperti persegi, panah, oval, wajik dan lain sebagainya. Dan flowchart ini memiliki fungsi yang sangat penting, sehingga seorang doktor dari Jepalng bernama Kauro ishikawa yang merupakan ahli teori organisasi menjadikan FlowChart menjadi 7 basic quality tools yang harus dikuasai oleh para anggota quality control atau gugus kendali kualitas. Flowchart ini bisa memberi kita langkah-langkah proses yang sangat detail serta lengkap dengan aktivitas yang terjadi. Flowchart ini bisa kita gunakan sebagai alat komunikasi dan dokumentasi.

Secara fungsi, Flowchart ini punya 4 fungsi tersendiri. Seperti yang pertama adalah untuk memastikan program memiliki alurnya sendiri. Flowchart digunakan programer untuk membantu mereka melihat alur ata pola ketika akan membangun sebuah aplikasi ataupun program, sehingga bisa mencegah porgram kerja komputer tidak berfungsi saat dibuat, sehingga aplikasi bisa bekerja secara secara optimal setelah dibuat.

Baca Juga : No Telp Domino Pizza Delivery Layanan Pesan Antar

Yang kedua, fungsi dari flowchart adalah untuk melihat seluruh program. Flowchart bisa membantu kamu untuk melihat rangkaian program secara keseluruhan atau secara universal. Sehingga, programer bisa dengan mudah merancang suatu program tetapi tidak terbatas bagi programer saja. Dan fungsi yang ketiga adalah untuk melihat proses dari sebuah program ketika dijalankan. Flowchart ini bisa dipergunakan dan berfungsi untuk melihat proses dari suatu program yang sedang dijalankan. Sehingga kamu bisa melihat penjelasan dari program yang sedang berproses. Seperti misalnya ketika kamu membuat sebuah neraca keuangan.


Dan yang ke empat fungsi dari flowchart ini adalah pedoman yang bisa digunakan saat menyusun atau mengembangkan aplikasi. Sehingga kita bisa melihat tahap alur suatu program. Sehingga akan banyak sekali membantu saat mengembangkan atau membuat program. Dan kali ini dalam artikel yang akan kam sajikan ini, kami ingin memberikan kamu beberapa simbol flowchart yang sangat berfungsi saat membuat sebuah program. Berikut adalah macam-macam simbol flowchart dan fungsinya  yang harus kamu ketahui. 

Macam-macam Simbol Flowchart dan Fungsinya


Flowchart ini memiliki simbol yang sangat berguna untuk kamu ketahui. Setiap anotasi geometri yang digunakan memiliki fungsinya sendiri. Simbol-simbol flowchart ini juga sering digunakan dalam sebuah sistem, seperti misalnya membuat sebuah program atau aplikasi agar mudah dilihat prosesnya saat sedang dibuat atau dikembangkan. Dan berikut adalah fungsi dari setiap flowchart yang sering digunakan dan macam-macam flowchart yang harus kamu tahu.

  • Terminal Point System / Simbol Titik Terminal : Simbol ini digunakan sebagai petunjuk untuk permulaan atau start atau akhir dari sebuah proses suatu program.
  • Flow Direction Symbol / Simbol Arus : Simbol ini merupakan simbol yang digunakan sebagai penghubung antara simbol yang satu dengan simbol yang lain. Atau biasa juga disebut dengan connecting line yang fungsinya untuk menunjukan garis alir dari proses suatu program.
  • Processing Symbol / Simbol Proses : Simbol ini merupakan penunjuk kegiatan yang dilakukan oleh komputer. Dan pada bidang industri, biasanya simbol ini digunakan untuk petunjuk kegiatan inpeksi ata istilah simbol inspeksi.
  • Decision Symbol / Simbol Keputusan : Simbol ini berfungsi sebagai pemilih proses atau keputusan berdasarkan kondisi yang ada. Simbol ini juga biasanya ditemukan pada flowchart program yang sedang dibuat.
  • Input-Output / Simbol Keluar-Masuk : Simbol ini memiliki fungsi sebagai proses input dan output yang terjadi tanpa bergantung dari jenis perantaranya itu sendiri.
  • Predefined Process / Simbol Proses Terdefinisi : Simbol ini adalah simbol dari pelaksana suatu bagian prosedur. Sehingga prosedur yang terinformasi di sini belum detail dan akan di rinci di tempat lain.
  • Connector (on Page) simbol ini sendiri berfungsi untuk menyederhanakan sebuah simbol yang berjauhan atau yang cukup rumit ji dihubungkan dengan garis dalam satu halaman. Jadi, kamu bisa gunakan connectior on page ini ketika hal seperti itu terjadi.
  • Connector (Off-Page). Jika kamu menemukan halaman berbeda dan ingin dihubungkan dengan simbol, gunakan simbol connector (off-page) ini untuk menghubungkan simbol dalam halaman yang berbeda.
  • Prepararation Symbol / Simbol persiapan. Simbol ini biasanya digunakan untuk mempersiapkan penyimpanan dalam storage. Yang nantinya akan digunakan untuk penyimpanan data kamu.
  • Manual Input Symbol Simbol ini digunakan untuk menunjukan sebuah proses yang sedang tidak dilakukan oleh komputer atau PC yang sedang kamu gunakan.
  • Document Symbol. Sedangkan simbol ini  biasanya digunakan untuk menunjukan input dari dokuken dalam bentuk kertas. Atau sebuah output yang harus dicetak ke dalam kertas.
  • Multiple Documents, simbol ini juga digunakan untuk penggunaan peralatan output, seperti misalnya untuk layar monitor untuk printer untuk plotter dan lain sebagainya.
  • Delay Symbol. Dan simbol ini digunakan untuk menunjukan sebuah proses yang sedang dalam posisi delay atau menunggu yang perlu dilakukan. Seperti misalnya untuk menunggu surat yang akan diarsipkan dan lain sebagainya.
  • Movement Symbol. Simbol ini juga digunakan untuk memindahkan atau pemindahan yang bahasa inggrisnya movement. Seperti misalnya pemindahan material atau mengangkat sebuah barang dan yang lainnya.
Macam-Macam Flowchart 

Flowchart ini jenisnya juga macam-macam, dan setidaknya kamu harus tahu 5 jenis flowchart di bawah ini:
  • Flowchart Sistem
Jadi flowchart sistem sendiri merupakan bagian dari aliran sebuah sistem  yang berupa bagan dan menunjukan sebuah proses suatu pekerjaan yang terjadi di dalam sistem. Flowchart ini berupa bagan yang akan menggambarkan sebuah pekerjaan dengan sangat mendetail dan menyeluruh. Sehingga kamu bisa melihat urutan-urutan atau prosedur yang sedang terjadi dalam sebuah sistem yang sedang berjalan.
  • Flowchart Dokumen
Flowhcart jenis ini digunakan dalam sebuah formulir diagram alir yang akan menggambarkan sebuah proses dari laporan dan formulir lengkap dengan tembusan-tembusannya. Dan biasanya simbol yang digunakan dalam flowchartnya sendiri merupakan dokumen yang masih sama dengan flowchart dari sebuah sistem.

  • Flowchart Skematis

Flowchart skematis merupakan flowchart yang menyerupai flowchart sistem. Kedua flowchart ini sama-sama digunakan dalam penggambaran proseduer atau sebuah proses dalam sebuah sistem. Bahkan simbol yang digunakan dalam kedua flowchart ini sama saja. Tetapi, untuk flowchart skematis itu lebih beragam simbol yang digunakannya. Dan simbol flowchart skematis ini lebih rumit karena menggunakan gambar-gambar komputer dan peralatan lainnya. Sebenarnya simbol ini digunakan untuk orang-orang yang tidak akrab dengan simbol dalam flowchart sehingga bisa digunakan untuk membaca sebuah informasi yang disampaikan. Tetapi, untuk membuat sebuah flowchart ini waktunya akan sangat lama.

  • Flowchart Program

Flowchart ini adalah bagian dari alir yang memberikan gambaran dalam pembuatan atau tahapan yang ada dalam sebuah program. Flowchart ini juga merupakan sebuah tururnan dari flowchart sistem. Dan flowchart ini akan memudahkan kamu untuk menganalisis sebuah sistem dan programmer untuk memahami sebuah program.

  • Flowchart Proses

FLowchart ini biasa digunakan di bidang industri dan analisis sistem. Biasanya simbol-simbol yang digunakan juga untuk melihat jarak dari langkah satu ke langkah lainnya dengan lengkap dengan time proses yang dibutuhkan.

Baca Juga : No Telp Call Center Grabbike, Customer Service 24 Jam Terbaru 2019

Itulah macam-macam simbol flowchart dan fungsinya yang bisa kami jelaskan. Semoga artikel ini bisa membantu keamu memahami fungsi dan simbol flowchart.