Jam dan Hari Kerja Kantor Pos, Buka dan Tutup Jam Berapa?

Jam dan Hari Kerja Kantor Pos, Buka dan Tutup Jam Berapa? - Apakah kamu masih menggunakan kantor pos hingga saat ini? Kapan terakhir kali kamu datang ke Kantor Pos? Mungkin orang-orang berfikiran kalau saat ini kantor pos sudah tidak tenar dan jarang digunakan lagi. Tetapi itu salah besar. Karena sampai sekarang kantor pos tetap menjadi tempat yang bagus bagi masyarakat untuk berkirim suata barang. Dari mulai pembayaran BPJS hingga pembayaran Telkom. Jika misalnya pendaftaran CPNS yang harus mengirimkan data berupa dokumen, biasanya yang dipilih juga adalah Kantor Pos, bukan ekspedisi lain. Karena kantor pos masih digunakan dengan sangat intens oleh masyarakat Indonesia. Dan jika kamu butuh yang namanya perangko, pasti kamu juga harus datang ke kantor pos.

Pos Indonesia merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang layanan pos. Dan bentuk dari badannya adalah perseroan terbatas. Hari ini Pos Indonesia biasa disebut dengan PT. Pos Indonesia. Pembentukan kantor Pos ini berdasarkan peraturan pemerintah Indonesia nomor 5 tahun 1995. Dan berdiri dari tahun 1746, dengan sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Indonesia. Pos tidak hanya melayani jasa pos dan kurir. Tetapi juga melayani jasa keuangan dengan jaringan yang dimiliki lebih dari 4000 dan agen juga lebih dari 28.000 di seluruh wilayah Indonesia.

Kantor pos sudah menjadi teman masyaarakat sejak lama. Dulu sebelum populer pengiriman via bank, biasanya orang-orang mengirimkan uang via pos. Dan sebelum populer pengiriman gaji dengan menggunakan transfer rekening, mereka biasanya menggunakan layanan pos untuk mengambil gaji. Sekarang juga pos Indonesia banyak digunakan masyarakat saat akan membayar listrik, bayar tagihan Telkom, bayar BPJS, angsuran sepeda motor yang secara kredit, bayar kredit adira, bayar tagihan internet dan lain sebagainya. Kantor Pos memang ada untuk memudahkan masyarakat dalam segala hal transaksi.



Baca Juga : Cara Cek Barang JNE Sudah Sampai atau Belum

Dan untuk kamu yang suka bekerja dengan menggunakan google adsense, kamu pasti akan menggunakan jasa layanan pos untuk mengirimkan kode pin dari google atau untuk menerima uang pembayaran dari Google Adsense. Semua hal bisa dilakukan dengan mudah dengan menggunakan kantor pos. Meskipun berkirim surat sudah tidak lagi dilakukan di kantor pos karena tersedianya Email dan lain sebagainya, sekarang Kantor pos masih berjalan dan sangat banyak digunakan. Terutama, kantor pos itu lebih aman dan terbilang lebih murah dibandingkan dengan ekspedisi pengiriman lainnya. Dan jika kamu berniat mengirimkan barang dengan timbangan yang cukup berat, kamu sebaiknya menggunakan layanan pos karena harganya yang lebih relatif murah.

Untuk jam operasi sendiri, kantor pos sama seperti kantor lain. Memiliki jam kerja dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore rata-rata. Tetapi, kalau kamu masih kebingungan dengan jam dan hari kerja Kantor Pos, buka dna tutup jam berapa? kami akan ulas dalam artikel ini untuk membantu kamu mendapatkan waktu yang tepat untuk datang ke kantor Pos. Tetapi usahakan untuk tidak datang di jam-jam terakhir kantor tutup, karena kantor pos juga harus melakukan pembukuan harian untuk laporan.

Jam dan Hari Kerja Kantor Pos, Buka dan Tutup Jam Berapa?

Jam buka atau jam kerja Kantor Pos biasanya dari Hari Senin sampai hari Sabtu. Meskipun hari sabtu tetap buka, Kantor Pos buka hanya sampai pukul 13 saja. Dan rincian waktu jam buka kantor pos adalah sebagai berikut:
  • Jam buka kantor pos mulai dari Senin sampai Sabtu
  • Senin sampai dengan Kamis buka mulai pukul 07.30 - 15.00
  • Pada hari jumat kantor pos buka dari pukul 07.30 - 11.30 sebelum shalat jumat.
  • dan Hari sabtu buka dari pukul 7.30 - 13.00
Itulah jam kerja kantor pos untuk bagian cabang dan kabupaten. Beberapa diantaranya, kantor pos juga tetap buka pada hari minggu seperti misalnya di kantor pusat atau di kota-kota besar. Dan jadwalnya pun berbeda dari yang ada di cabang dan di Kabupaten. Berikut adalah jadwal lengkap bukanya Kantor Pos.

  • Jam hari biasa : buka Senin sampai hari Sabtu.
  • Sedangkan biasanya ada juga yang buka hari Minggu.
  • Pada hari senin sampai jumat kantor pos buka pukul 07.30 - 20.00
  • Sedangkan pada hari sabtu kantor pos buka dari pukul 08.00 - 20.00
  • dan pada hari Minggu biasanya buka dari pukul 08.00 sampai pukul 14.00 saja.

Kantor Pos juga melayani layanan kurir. Mungkin kalian sering melihat pak pos dengan sepeda motor atau dengan mobil berwarna orange melintas di depan rumah. Biasanya mereka juga memiliki jam-jam tertentu untuk bekerja. Dan untuk jadwal pos kurir adalah sebagai berikut:
  • Jadwal : Senin sampai hari sabtu
  • Jam kerja : 08.00 - 16.00

Tetapi, pastikan ketika kamu akan datang ke kantor pos yang ada ci Cabang atau di daerah kabupaten, jangan datang di waktu-waktu mepet saat akan tutup. Karena biasanya mereka tutup lebih awal dari waktu yang sudah ditentukan. Karena mereka harus melakukan rekapitulasi harian yang sudah dicapai. Sehingga, alangkah baiknya kamu datang lebih awal sejam sebelum tutup atau bahkan pas jam buka. 

Pelayanan kantor pos juga sekarang mulai sangat meningkat. Seperti halnya ekspedisi lain yang sudah memanfaatkan perangkat online, kini kantor pos juga sudah berkembang dalam hal online seperti halnya kamu bisa melihat ongkos kirim saat akan mengirimkan barang, dengan mengeceknya langsung di kantorposindonesia.co.id. Dan disana kamu bisa langsung mendapatkan harga yang harus kamu bayar saat mengirim barang. Dan kecepatan pengiriman barang dengan menggunakan kantor pos bisa dibilang lebih cepat daripada tempat lain. Jadi Kantor Pos memang sangat kami rekomendasikan untuk pengiriman barang atau dokumen.


Baca Juga : Daftar Kode Rahasia HP Samsung Android dan Fungsi [UPDATE 2019]

Itulah jam dan hari kerja Kantor Pos, buka dna tutup jam berapa? yang bisa kami informasikan. Dengan begitu kamu tidak akan datang telat ke kantor pos dan bisa menggunakan layanan kantor pos dengan mudah. Kantor pos memang memiliki pelayanan yang terbaik sejauh ini, sehingga memilih destinasi pengiriman dengan menggunakna kantor pos bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Selamat menggunakan kantor pos dan semoga artikel ini bermanfaat.