Cara Masuk dan Keluar dari Mode Fastboot Xiomi [Semua HP Xiomi]

Cara Masuk dan Keluar dari Mode Fastboot Xiomi [Semua HP Xiomi] - Smartphone berbasis android kini sudah bukan menjadi sesuatu yang mewah lagi. Siapapun bisa memiliki ponsel pintar tersebut dengan harga yang terjangkau. Ponsel yang sudah dibekali dengan sistem android memang tidak salah dijuluki ponsel pintar, pasalnya Anda kini bisa melakukan banyak kegiatan di ponsel tersebut, tidak hanya sekedar untuk berkomunikasi jarak jauh. Bahkan dengan adanya ponsel android, kini cara berkomunikasi jarak jauh bukan lagi via telepon ataupun sms, melainkan dengan chatting, melakukan panggilan, bahkan video call dengan bantuan aplikasi sosial mediaS. Xiomi adalah salah satu merk android yang mampu bersaing di antara ketatnya kempetisi pemasaran smartphone saat ini. Bagaimana tidak, dengan harga yang relatif miring Anda sudah bisa mengantongi ponsel berbasis android dengan spesifikasi yang super. Jumlah RAM nya yang besar, kameranya yang jernih, memori internalnya yang puluhan gb, serta spesifikasi menarik lainnya bisa Anda miliki hanya dengan merohoh kocek kisaran 2 jutaan. Itulah salah satu daya tarik xiomi yang bikin orang berbondong-bondong untuk membelinya.

Banyak sekali istilah yang muncul seiring dengan muncul dan membuminya hp android. Mode fastboot adalah salah satu istilah dalam OS android yang pastinya sudah sangat tidak asing lagi bagi Anda yang sering membaca artikel mengenai tutorial rooting atau cara install custom firmware. Namun tak heran sebagian dari Anda juga yang masih ngerasa asing dengan mode fastboot. Sebenarnya apa sih fastboot? Lantas seberapa pentingnya mode tersebut dalam android? Mungkin pertanyaan-pertanyaan itulah yang lewat di kepala Anda saat ada orang yang membahas tentang mode fatsboot. Sebelum membahas lebih spesifik mengenai Cara Masuk dan Keluar dari Mode Fastboot Xiomi, saya akan sajikan terlebih dahulu sepintas mengenau mode fastboot.



Mode fastboot merupakan protokol yang dipakai untuk melakukan flashing atau partisi ulang pada smartphone Android, atau lebih mudahnya dimaksudkan untuk memperbaharui sistem flash yang terdapat pada perangkat android. Mode fastboot adalah alat yang dibuat dalam paket android SDK (Software Development Kit) yang gunanya adalah mempermudah proses recovery ataupun instalasi update. Nah ketika android Anda dalam posisi mode fastboot, Anda bisa melakukan perubahan di file image ROM dengan disambungkan ke kabel USB yang pastinya akan lebih cepat dibanding melakukan update ataupun recovery. Caranya gampang banget guys, cukup dengan menghubungkan smartphone Anda k komputer dengan menggunakan USB. Dengan demikian, kita bisa melakukan flashung, update, ataupun recovery image. Penasaran Cara Masuk dan Keluar dari Mode Fastboot Xiomi seperti apa? Berikut ini adalah ulasannya.

Cara Masuk Mode Fastboot dengan Menggunakan Command Prompt

Ada beberapa alat yang harus Anda persiapkan sebelum masuk mode fastboot xiomi dengan menggunakan metode yang satu ini.
  • Pertama silahkan Anda siapkan kabel USB yang masih bisa dipakai sebagai media penghubung antara smartphone xiomi Anda dan komputer.
  • Berikutnya silahkan Anda siapkan juga laptop ataupun komputer yang sudah dibekali dengan windows 7 ke atas.
  • Lalu jangan lupa untuk mengaktifkan USB Debugging di ponsel Xiomo yang Anda miliki.
  • Selanjutnya silahkan Anda install ADB Installer yang akan berguna untuk mengatur device Anda.
  • Jangan lupa juga untuk menginstall Xiomi Android USB Driver yang berguna untuk mengenali perangkat xiomi yang Anda miliki.
Baca juga: 7 Aplikasi Pembuat Grafiti Keren 2D Android Kekinian
Adapun cara buka mode fastboot xiomi menggunakan Command Prompt adalah sebagai berikut.
  • Silahkan Anda sambungkan ponsel xiomi yang Anda miliki dengan komouter atau laptop menggunakan media kabel USB.
  • Selanjutnya silahkan Anda temukan folder c:/adb
  • Lalu jika Anda sudah berhasil menemukan folder tersebut, silahkan klik kanan + shift secara berbarengan, lalu klik “open command window here”.
  • Setelah itu, Anda akan menemukan jendela CMD muncul di layar komputer Anda, silahkan ketikan perintah sdb device, lalu tekan tombol enter. Tujuannya adalah untuk memastikan Apa Anda sudah terkoneksi dengan mode adb atau belum. Kode-kode acak yang muncul menunjukan bahwa perangkat Anda sudah terhubung dengan kode adb. Adapun jika belum terkoneksi, Anda akan menemukan kata :unauthorized” di layar. Adapun untuk mengatasinya, silahkan Anda pastikan kalau Anda sudah mengaktifkan USB Debugging di perangkat xiomi Anda dan juga drivernya sudah terpasang dengan benar.
  • Silahkan Anda lihat ponsel xiomi Anda, pastikan kalau notifikasi permintaan izin untuk menelusuri sistem smartphone sudah Anda terima. Lalu tekan tombol OK.
  • Selanjutnya silahkan Anda ulangi langkah ke empat, yaitu mengetikan perintah adb device hingga muncul pesan attached.
  • Nah jika sudah terdeteksi, sekarang saatnya Anda masuk ke moda fastboot, lalu ketikan perintah adb reboot bootloader, lalu tekan tombol enter yang terdapat pada keyboard PC Anda.
  • Dengan demikian, smartphone xiomi Anda sudah berhasil masuk ke mode fastboot dengan menggunakan command prompt. Untuk memastikannya, Anda bisa coba ketikan perintah “fastboot devices”. Jika terdeteksi, maka akan muncul kode-kode acak di layar komputer Anda.
  • Selesai deh. Dengan demikian HP Xiomi Anda berada dalam mode fastboot dan Anda bebas melakukan apapun di sana.
Cara Masuk Mode Fastboot dengan Menggunakan Kombinasi Tombol Fisik

Cara yang satu ini sangatlah mudah karena tidak membutuhkan perangkat apapun , baik itu software tambahan ataupun PC selain smartphone xiomi Anda. Caranya adalah sebagai berikut.
  • Pertama silahkan Anda matikan terlebih dahulu ponsel xiomi Anda, lalu silahkan nyalakan kembali dengan menekan secara berbarengan tombel power dan tombel volume down hingga beberapa saat. Jika tidak bisa, silahkan Anda tekan tombel power dan volume up secara berbarengan.
  • Lepaskanlah kombinasi tombol tersebut setelah muncul ikon mode fastboot di layar xiomi Anda.
  • Dengan demikian, Anda sudah berada di mode fastboot dan pastinya bebas melakukan apapun di sana.
  • Atau jika salah satu dari ponsel xiomi yang Anda miliki keluar tulisan china, silahkan Anda klik yang ada kata “fastboot”.
  • Setelah itu, perangkat xiomi Anda akan merestratr secara otomatis, Anda silahkan tunggu hingga masuk ke mode fastboot.
  • Selesai deh! Mudah banget bukan masuk ke mode fastboot dengan menggunakan kombinasi tombol di smartphone! Anda tidak perlu ribet mempersiapkan alat dan juga software.
Cara Keluar dari Mode Fastboot Xiomi

Setelah Anda tahu cara masuk mode fastboot untuk perangkat xiomi Anda, sekarang saatnya Anda tahu juga cara keluar dari mode fastboot.
  • Cara manual bisa Anda lakukan dengan menekan tombol power dalam watu yang lami hingga ponsel Anda mati dan kembali amsuk ke homescreen.
  • Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengetikan perintah “fastboot reboot”. Nantinya perangkat xiomi Anda akan terestart dengan sendirinya dan kembali nyala ke homescreen.
  • Selesai deh, dengan demikian Anda berhasil keluar dari mode fastboot. Cara keluar ini lebih simpel daripada cara masuknya ya guys!
Baca juga: Cara Upgrade OS Android Terbaru 2019 [Gampang Banget]
Demikianlah Cara Masuk dan Keluar dari Mode Fastboot Xiomi. Selamat mencoba! Semoga berhasil!